Sukses

16 Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Alami, Aman

Ketahui cara mengobati gusi bengkak sebagai pertolongan pertama berikut.

Liputan6.com, Jakarta Saat masalah gusi bengkak menyerang, pasti akan membuat tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika cara mengobati gusi bengkak ke dokter belum sempat dilakukan, maka bisa mencoba beragam cara mengobati gusi bengkak dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Namun apa sebenarnya penyebab gusi bengkak? Kondisi gusi yang bengkak, sangat umum disebabkan adanya infeksi karena kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Alhasil, selain menyebabkan rasa nyeri juga menimbulkan bau mulut yang kurang sedap.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami. Namun, cara mengobati gusi bengkak ini hanya sebagai pertolongan pertama, dan perlu untuk tetap menuju ke dokter gigi untuk melakukan pengecekan lebih lanjut, Rabu (10/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak

1. Air Garam

Cara mengobati gusi bengkak yang pertama bisa menggunakan air garam. Air garam tersebut selanjutnya digunakan untuk berkumur, di mana tujuannya untuk meredakan rasa sakit pada gusi yang bengkak. Kemampuan garam dalam meredakan gusi bengkak tersebut, karena memiliki kandungan antiseptik yang baik untuk memusnahkan bakteri mulut.

Langkah yang bisa dilakukan, cukup campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat. Selanjutnya, kumur larutan garam tersebut selama 30 detik. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari hingga gusi tidak lagi bengkak.

 

2. Lidah Buaya

Penggunaan gel yang ada di lidah buaya, merupakan salah satu cara mengobati gusi bengkak yang ampuh. Pasalnya, gel tersebut memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Cara penggunaannya cukup dioleskan langsung ke gusi. Atau bisa juga dengan membuatnya menjadi jus gel lidah buaya dan gunakan untuk berkumur 2-3 kali sehari.

 

3. Lemon

Asam yang terkandung di dalam lemon bisa menjadi alkali alami yang membuat kadar pH dalam mulut seimbang. Kemudian, dengan adanya sifat antibakteri dalam lemon, ampuh menjadi salah satu cara mengobati gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak dengan lemon, pertama-tama peras 1 buah lemon, larutkan dengan segelas air hangat. Gunakan berkumur 3 kali sehari supaya bakteri benar-benar hilang.

 

4. Kunyit

Cara mengobati gusi bengkak dengan kunyit juga tidak kalah ampuh. Sebab, di dalam kunyit terdapat sifat antiseptik dan antiinflamasi. Untuk menggunakannya, pertama-tama campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian, setelah menggosok gigi, oles campuran pada gusi yang bengkak, diamkan 20-25 menit. Jangan lupa untuk berkumur menggunakan air hangat hingga bersih. Praktikkan dua kali sehari hingga gusi bengkak mereda.

3 dari 5 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak

5. Teh

Teh memiliki kandungan tanin yang disebut ellagitannin. Sama seperti polifenol lain, ellagitannin punya kemampuan antioksidan dan anti-peradangan yang kuat. Tanin akan mengurangi rasa sakit pada gusi dengan membunuh bakteri yang bisa mengiritasi gusi. Maka tidak heran jika cara mengobati gusi bengkak dengan teh sangat ampuh.

Cara pakainya, pertama-tama rendam kantong teh dalam air mendidih selama beberapa menit, kemudian keluarkan, biarkan sedikit dingin. Kemudian oles langsung ke gusi yang sakit kurang lebih 5 menit.

 

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antiseptik, dan ampuh menghilangkan bakteri di mulut sekaligus mengurangi rasa sakit. Bawang putih juga mengandung agen antioksidan kuat yang disebut flavonoid quercetin, di mana bisa meredakan nyeri pada gusi. Cara mengobati gusi bengkak dengan bawang, yaitu cukup dikunyah langsung.

 

7. Bawang Merah

Selain bawang putih, cara mengobati gusi bengkak bisa juga dengan bawang merah. Sama seperti bawang putih, di dalam bawang merah juga ada sifat antimikroba dan antiseptik, sehingga mampu menghilangkan bakteri di mulut sekaligus mengurangi rasa sakit.

Jika mengunyah bawang putih maupun merah tidak disukai, maka cukup tempelkan irisan bawang tersebut di gusi yang bengkak. Atau bisa juga dengan menumbuk satu siung bawang dan diberi tambahan satu sendok teh garam, baru dioleskan pada area yang sakit.

 

8. Minyak Serai

Minyak serai juga salah satu cara mengobati gusi bengkak yang perlu dicoba. Minyak ini juga bisa membantu mengurangi plak dan gingivitis. Cara penggunaannya dengan melarutkan 2-3 tetes minyak serai ke dalam satu gelas air. Pakai untuk berkumur selama 30 detik sebanyak dua kali sehari.

4 dari 5 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak

9. Merica

Jenis rempah satu ini selain mudah ditemukan di dapur, juga menjadi salah satu bahan yang ampuh sebagai cara mengobati gusi bengkak. Merica mengandung antibakteri, anti-inflamasi, serta properti analgesik yang berguna mengobati gusi bengkak.

Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan mencampur merica dan garam, lalu tuang sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada gigi sakit dan gusi yang bengkak.

 

10. Tea Tree Oil

Selain itu, cara mengobati gusi bengkak juga bisa dicoba dengan menggunakan tea tree oil. Penggunaan tea tree oil sangat membantu dalam pengobatan sakit gigi, periodontitis, dan infeksi mulut. Sama seperti minyak serai, tea tree oil harus dilarutkan terlebih dahulu untuk menghindari iritasi.

Cara penggunaannya, dengan larutkan tiga tetes tea tree oil dengan satu gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik dua kali sehari. Larutan tea tree oil juga bisa diteteskan pada pasta gigi yang digunakan untuk membersihkan gigi.

 

11. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh adalah salah satu cara mengobati gusi bengkak yang ampuh. Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri. Ini yang membuat belimbing wuluh efektif membasmi bakteri dalam mulut.

Cara mengobati gusi bengkak dengan belimbing wuluh cukup mudah. Pertama-tama tumbuk halus dua buah belimbing wuluh yang belum matang. Kemudian oles ke bagian gigi yang sakit.

 

12. Jahe

Jahe punya sifat antibakteri, antijamur, anti-inflamasi, dan antioksidan. Rasa hangat jahe juga bisa meningkatkan sirkulasi darah di gusi dan merangsang aliran air liur. Senyawa aktif dalam jahe seperti gingerol juga ampuh mencegah pertumbuhan bakteri mulut.

Cara mengobati gusi bengkak dengan jahe, pertama-tama hancurkan atau parut jahe hingga halus. Kemudian tambahkan garam hingga membentuk pasta kasar. Oles pada gusi yang bengkak, diamkan 10 menit. Lalu jangan lupa bilas dengan air bersih.

5 dari 5 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak

13. Es Batu

Cara mengobati gusi bengkak dengan es batu, yaitu dengan memasukkan beberapa es batu ke dalam kantong plastik. Kemudian bungkus dengan kain tipis. Lalu, tempelkan es batu ke daerah yang sakit selama kurang lebih 15 menit.

 

14. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji punya sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh membersihkan mulut. Obat kumur dengan ekstrak daun jambu biji juga memiliki efek positif pada pengendalian plak. Cara penggunaannya, dengan merebus daun jambu biji menggunakan air, kemudian gunakan untuk berkumur dua kali sehari.

 

15. Cengkeh

Cengkeh punya sifat antivirus dan antioksidan yang akan mengatasi plak serta peradangan. Cengkeh juga akan membantu meringankan rasa sakit. Ini yang menjadikan cengkeh cocok sebagai cara mengobati gusi bengkak.

Cara pakainya, dengan menghaluskan satu sendok teh cengkeh, kemudian campur dengan sedikit air dan aplikasikan pada gusi yang bengkak menggunakan kapas. Biarkan sekitar satu menit dan bilas dengan berkumur.

Cengkeh juga dapat digunakan dalam bentuk minyak, dengan mengoles minyak cengkeh pada gusi yang bengkak, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan berkumur.

 

16. Asam Jawa

Asam Jawa memiliki sifat antiseptic alami yang ampuh menjadi salah satu cara mengobati gusi bengkak. Caranya dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

Dengan melakukan cara mengobati gusi bengkak menggunakan bahan alami di atas, setidaknya bisa meredakan pembekakan yang terjadi pada gusi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini