Sukses

Doa Penutup Tahlil dan Susunan Bacaannya untuk Mendoakan Orang Meninggal

Doa penutup tahlil merupakan sebuah doa yang dibaca setelah membaca tahlil, yakni bacaan dzikir yang berbunyi "la ilaha illallah."

Liputan6.com, Jakarta Doa penutup tahlil merupakan sebuah doa yang dibaca setelah membaca tahlil, yakni bacaan dzikir yang berbunyi "la ilaha illallah." Di Indonesia, kalimat tahlil tersebut sering dijadikan sebagai doa untuk orang meninggal, agar si mayit diringankan siksa kuburnya dan diampuni dosa-dosanya. 

Kalimat tahlil sering dibaca untuk mendoakan orang yang sudah meninggal karena kalimat ini merupakan kunci surga. Rasulullah SAW bersabda: ”Kunci surga adalah kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah” (HR Ahmad).

Dalam hadis lain disebutkan bahwa tidak ada seorang hamba yang meninggal dalam keadaan telah mengucapkan kalimat tahlil, kecuali dia masuk surga. "Tiada seorang hamba yang menyatakan la ila illah Allah lalu meninggal dalam keadaan bertauhid, melainkan dia akan masuk surga.” (HR Muslim).

Tentu saja, kalimat tahlil bukan satu-satunya bacaan dzikir yang dibaca untuk mendoakan orang yang meninggal. Ada beberapa bacaan lain di antaranya surat Yasin, beberapa surat pendek, bacaan dzikir, dan sebagainya.

Baru setelah itu, diakhiri dengan membaca doa penutup tahlil. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (30/5/2023), berikut adalah bacaan doa penutup tahlil, lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Penutup Tahlil yang Dibaca setelah Dzikir

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, doa penutup tahlil merupakan sebuah doa yang dibaca setelah mengucapkan kalimat tahlil atau kalimat "la ilaha illallah." Doa penutup tahlil juga bisa dibaca setelah mendoakan orang yang telah meninggal, sebab dalam doa untuk orang yan sudah meninggal, terdapat bacaan serta bacaan lainnya.

Berikut adalah bacaan doa penutup tahli lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahannya.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahi rrahmani rrahim

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ

Allahumma ghfir lil-mu'minīna wal-mu'mināt, wal-muslimīna wal-muslimāt, al-ahyā'i minhum wal-amwāt, innaka Samī'un Qarībun Mujīb ad-da'wāt.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosa orang mukmin dan mukminah, orang muslim dan muslimah, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar, Maha Dekat, dan Maha Mengabulkan doa-doa."

Doa penutup tahlil tersebut merupakan permohonan ampunan dan doa untuk kebaikan bagi semua mukmin dan mukminah, muslim dan muslimah, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia.

Membaca doa penutup tahlil adalah salah satu amalan yang umum dilakukan dalam tradisi Islam untuk memohon rahmat dan maghfirah (ampunan) dari Allah SWT.

3 dari 4 halaman

Doa Penutup Tahlil yang Dibaca setelah Mendoakan Orang Meninggal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kalimat tahlil sering dibaca bersama bacaan dzikir lainnya, untuk mendoakan orang yang telah meninggal. Apa bila semua bacaan dzikir, doa, dan ayat-ayat Alquran telah dibacakan, serangkaian bacaan untuk mendoakan orang yang telah meninggal tersebut ditutup dengan doa penutup tahlil.

Adapun bacaan doa penutup tahlil untuk mendoakan orang yang meninggal adalah sebagai berikut,

اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ، حَمْدَالنَّاعِمِيْنَ، حَمْدًايُوَافِيْ نِعَمَه وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه، يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى الِى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللهُمَّ تَقَبَّلْ وَاَوْصِلْ ثَوَابَ مَاقَرَأْنَاهُ مِنَ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَمَا هَلَّلْنَا وَمَا سَبَّحْنَا وَمَااسْتَغْفَرْنَا وَمَا صَلَّيْنَا عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَدِيَّةً وَاصِلَةً وَرَحْمَةً نَازِلَةً وَبَرَكَةً شَامِلَةً اِلَى حَضْرَةِ حَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ اَعْيُنِنَا سَيِّدِنَا وَمَوْلنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاِلَى جَمِيْعِ اِخْوَانِه مِنَ الْاَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَالْاَوْلِيَآءِ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالْعُلَمَآءِ الْعَالِمِيْنَ وَالْمُصَنِّفِيْنَ الْمُخْلِصِيْنَ وَجَمِيْعِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ خُصُوْصًا اِلَى سَيِّدِنَا الشَّيْخِ عَبْدِ الْقَادِرِ الْجَيْلاَنِيِّ ثُمَّ اِلى جَمِيْعِ اَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ اْلاَرْضِ اِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا اِلَى آبَآءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَاَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَنَخُصُّ خُصُوْصًا مَنِ اجْتَمَعْنَاههُنَا بِسَبَبِه وَلِاَجْلِه اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُم اَللهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ عَلى اَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ اَهْلِ لَآاِلهَ اِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ اَللهُمَّ اَرِنَاالْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَااتِّبَاعَهُ وَاَرِنَاالْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَااجْتِنَابَهُ رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

A’uudzubillaahimninasysyaithoonirojiim. Bismillaahir rohmaanir rohiim. Alhamdulillahi robbil ‘aalamiin. Hamdan yuwaafi ni’amahu wayukaafi’u maziidah. Yaa robbanaa lakal hamdu kamaa yanbagii lijalaali wajhika wa ‘azhiimi sulthoonik. Alloohumma sholli wa sallim ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘ala aali sayyidinaa Muhammad. Alloohumma taqobbal wa aushil tsawaaba maa qoro’naahu minal qur’aanil’aziim, wamaa hallalnaa wamaa sabbahnaa wamaastaghfarnaa wamaa shollainaa ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shollalloohu’alaihi wasalam, hadiyyatanwaashilatan warohmatan naazilatan wabaarokatan, syaamilatan wahodaqotan mutaqobbalatan nuqodddimu dzaalika wanuhdiihi ilaa hadhorooti habiibunaa wasyafii’inaa warroti a’yuina sayyidinaa wamaulaanaa muhammadin shollaoohu ‘alaihi wasallam, wa ilaa jamii’i ikhwaanihi minal anbiyaa’i wasysyuhadaa’i washshoolihiina washshohaabati wattabi’iina wal’ulamaa’i wal’aamiliinawalmushonnifiinawalmukh-lishiina wajamii’il mujaahidiina fi sabilillaahi robbil ‘alamin wal malaa’ikatil muqorrobiin tsumma ilaa jamii’i ahlil qubuur minal muslimiina wal muslimaati walmu’miniina walmu’minaati min masyaariqil ardhi wamaghooribihaa barrihaa wa bahrihaa, khushushon abaa’naa wa’ummahaatinaa wa’ajdaadanaa wajaddaatinaa wanakhushu khushushon manijtama’naa hahunaa bisababihi wali ajilihi. Alloohummagh firlahum warhamhum wa’afihim wa’fu ‘anhum. Allohummaghfir lihayyinaa wamayyitina wasyaahidina waghoo’ibinaa wahoghiirinaa wakabiirinaa wadzakarinaa wa untsaaanaa. Alloohumma man ahyaitahu minna fa’ahyihi alal islaam, waman tawafaitahu minnaa fatawaffahu ‘alal iimaan. Alloohumma aslih lanaa diinanal ladzii huwa ‘ishmatu amrinaa, wa ashlih lanaa dun-yaanal latii fiihaa ma’aasyunaa, wa ashlih lanaa akhirotanaal latii ilahaa ma’aadunaa, waj-’alil hayaata ziyaadatan lanaa fii kulli khorin, waj-’allik mauta roohatan lanaa min kulli syarrin. Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wafil aakhiroti hasanah, waqinaa ‘adzaaban naar. Washollalloohu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi washobihi wasallam. Subhaanaka robbika robbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun. Wasalaamun ‘alal mursaliin wahamdulillahir robbil ‘alamiin. Alfaatihah.

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah. Tuhan semesta alam, sebagaimana orang-orang yang bersyukur, dan orang-orang yang memperoleh nikmat sama memuji, dengan puji yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, hanya bagi- Mu segala puji, sebagaimana apa yang patut bagi keluhuran Dzat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah, berilah rahmat dan keselamatan atas penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya. Ya Allah, terima dan sampaikanlah pahala bacaan Al-Qur'an yang telah kami baca tahlil, tasbih, istighfar, dan bacaan shalawat icami kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, dengan hadiah yang bisa sampai dan rahmat yang turun, berkah yang cukup, dan sedekah yang diterima, yang hal itu memang kami dahulukan sebagai hadiah kami kepadanya (Nabi Muhammad). Kepada nabi kami, penolong, dan penyenang hati kami, penghulu dan pemimpin kami, yaitu Nabi Muhammad, dan kepada semua sahabat-sahabatnya dari golongan para nabi dan rasul, para wali, orang-orang yang mati syahid, orang-orang salah, para sahabat beliau, tabi’in, para ulama, orang-orang yang mengamalkan ilmunya, para pengarang kitab, orang-orang yang ikhlas, dan semua pejuang di jalan Allah, Tuhan semesta alam. Dan kepada para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, kemudian juga kepada seluruh ahli kubur dari kaum muslimin, muslimat, mukminin, mukminat dari belahan bumi sebelah timur dan barat baik yang di daratan maupun yang di lautan, khususnya kepada bapak dan ibu kami, kakek dan nenek kami, dan kepada orang yang menyebabkan kami semua dapat berkumpul di sini untuk keperluannya. Ya Allah, ampuni dan rahmatilah mereka, selamatkanlah dan maafkanlah kesalahan mereka. Ya Allah ampunilah yang hidup di antara kami yang telah wafat, yang hadir di tempat ini dan yang tidak hadir, yang kecil maupun yang besar, laki-laki maupun perempuan. Ya Allah luruskanlah kehidupan beragama kami, karena itulah pegangan kami dalam segala persoalan, sejahterakanlah dunia kamu, karena di sanalah kehidupan kami. Bahagiakanlah kehidupan akhirat kami karena ke sanalah tempat kembali kami. Jadikanlah kehidupan kami berkesinambung di dalamnya segala macam kebajikan dan kematian kami akhir dari segala petaka. Wahai Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di akhirat serta selamatkanlah kami dari siksa neraka. Semoga rahmat dan kesejahteraan selalu tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, para keluarga, dan sahabat beliau. Mahasuci Tuhanku, Tuhan yang bersih dari apa yang mereka (orang kafir) katakan. Dan kesejahteraan semoga senantiasa dilimpahkan kepada para utusan Allah. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam." Al Fatihah. (kemudian membaca surat AL-Fatihah)

4 dari 4 halaman

Susunan Bacaan Doa Tahlilan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kalimat tahlil memiliki manfaat yang luar biasa. Kalimat tersebut merupakan kunci surga, dan barang bsiapa yang mengucapkan kalimat tahlil dan meninggal dunia, dia akan masuk surga.

Maka tidak mengherankan jika kalimat tahlil sering dibaca untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Namun dalam mendoakan orang yang sudah meninggal, selain kalimat tahlil ada beberapa bacaan doa lainnya yang harus dibaca, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pengantar Al-Fatihah

اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وصَحْبِهِ شَيْءٌ لِلهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ

Artinya, “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Untuk yang terhormat Nabi Muhammad SAW, segenap keluarga, dan para sahabatnya. Bacaan Al-Fatihah ini kami tujukan kepada Allah dan pahalanya untuk mereka semua. Al-Fatihah…”

2. AL-Fatihah

3. Surat Al-Ikhlas (3 kali)

4. Tahlil dan Takbir

5. Surat Al-Falaq

6. Tahlil dan Takbir

7. Surat An-Nas

8. Tahlil dan Takbir

9. Surat AL-Fatihah

10. Surat Al-Baqarah ayat 1-5

11. Surat Al-Baqarah ayat 163

12. Surat Al-Baqarah ayat 255 (Ayat Kursi)

13. Surat Al-Baqarah 284-286

14. Surat Hud ayat 73

15. Surat Al-Ahzab ayat 33

16. Surat Al-Ahzab ayat 56

17. Shalawat Nabi dan Salam Nabi

18. Surat Ali Imran ayat 173 dan Surat Al-Anfal ayat 40

19. Hauqalah dan Istighfar (3 kali)

20. Hadis Keutamaan Tahlil

الَّذِيْ لَا اِلَهَ اِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ، اَفْضَلُ الذِّكْرِ فَاعْلَمْ اَنَّهُ لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ، حَيٌّ مَوْجُوْدٌ

“Sebaik-baik zikir–ketahuilah–adalah lafal ‘La ilāha illallāh’, tiada tuhan selain Allah, zat yang hidup dan ujud.”

21. Tahlil (160 kali), Kalimat Syahadat, dan Doa Tahlil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.