Sukses

Cara Mandi Wajib Wanita Sesuai Ajaran Rasulullah, Jangan Lupa Baca Niat

Cara mandi wajib wanita tidak hanya dilakukan setelah berakhirnya haid tapi juga setelah melakukan hubungan intim serta berakhirnya masa haid atau nifas.

Liputan6.com, Jakarta Mandi wajib yang juga dikenal sebagai mandi junub, merupakan proses penting dalam agama Islam untuk membersihkan tubuh secara fisik dan mengembalikannya ke keadaan suci setelah mengalami hadas besar. Oleh sebab itu cara mandi wajib wanita harus diketahui oleh para muslimah yang umumnya mengalami kondisi junub tiap bulan karena haid.

Cara mandi wajib wanita tidak hanya dilakukan setelah berakhirnya haid tapi juga setelah melakukan hubungan intim serta berakhirnya masa haid atau nifas. Cara mandi wajib wanita dilakukan dengan mengikuti rangkaian membersihkan anggota tubuh yang diajarkan oleh Rasulullah. Niat cara mandi wajib wanita juga berbeda-beda tergantung pada penyebab kondisi junubnya. Berikut cara mandi wajib wanita yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Masuk Kamar Mandi

Langkah pertama cara mandi wajib wanita adalah masuk kamar mandi dengan kaki kiri terlebih dahulu sembari mambaca doa masuk kamar mandi.

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillahi Allahumma inni a'udzu bika minal khubutsi wal khabaitsi.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari godaan iblis jantan dan betina.

2. Basuh Tangan

Ambil air yang mengalir dan basuh kedua tangan sebanyak tiga kali. Lanjutkan dengan membersihkan najis atau kotoran yang masih menempel di anggota badan terlebih dulu, termasuk di area kemaluan. 

3. Berwudhu

Setelah kotoran dan najis yang menempel di tubuh hilang, lakukan wudhu seperti wudhu ketika akan salat.

4. Seka Rambut

Memasukkan tangan ke dalam air, kemudian sela pangkal rambut dengan jari-jari tangan sampai menyentuh kulit kepala. Jika sudah, guyur kepala dengan air sebanyak 3 kali. Pastikan pangkal rambut juga terkena air.

3 dari 5 halaman

5. Niat

Langkah cara mandi wajib wanita selanjutnya adalah membaca niat mandi wajib dalam hati, sambil mengguyur air dari ujung kepala hingga ujung kaki sebanyak tiga kali. Seperti sudah dibahas sebelumnya, niat mandi wajib berbeda tergantung pada penyebab kondisi junubnya. Kondisi junub atau berhadas besar pada wanita dapat disebabkan oleh hubungan intim, haid, dan nifas. Berikut niat mandi wajib wanita

Niat Mandi Wajib Wanita Setelah Berhubungan Intim

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf 'il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta'ala

Artinya: Aku berniat mandi wajib untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Ta'ala.

Niat Mandi Wajib Wanita Setelah Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lifraf il hadatsil akbari minal haidil lillahi ta'ala

Artinya: Saya berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta'ala.

Niat Mandi Wajib Wanita Setelah Nifas

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf'i hadatsin nifaasi lillahi ta'ala

Artinya: Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta'ala.

4 dari 5 halaman

6. Mengguyur Anggota Tubuh Lain

Cara mandi wajib wanita dilanjutkan dengan mengguyur anggota tubuh bagian kanan sebanyak tiga kali. Kemudian guyur anggota tubuh bagian kiri sebanyak tiga kali. Gosok semua anggota tubuh dari bagian depan sampai belakang. Jangan lupa untuk menyela bagian dalam rambut. Pastikan air yang mengalir membasahi seluruh lipatan atau sela-sela anggota tubuh.

7. Lanjutkan Mandi

Lanjutkan mandi seperti biasa dan bilas sampai benar-benar bersih. Apabila setelah mandi wajib akan melaksanakan salat, ambil wudhu sekali lagi. Setelah semua selesai, lanjut membaca doa keluar dari kamar mandi seperti berikut sambil melangkah dengan kaki kiri.

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba 'anni al-adza wa'aafaani. Allahumma ij'alni minat tawwaniina waj'alni minal mutathohhirrin. Allahumma thohir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi.

Artinya: Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina).

5 dari 5 halaman

Apakah Keramas Wajib Saat Wanita Mandi Wajib?

Istilah keramas biasanya merujuk pada membersihkan rambut menggunakan sampo. Namun, dalam konteks mandi junub, yang menjadi fokus utama adalah mengalirkan air ke seluruh tubuh, sebagaimana dijelaskan dalam buku "125 Masalah Thaharah" karya Muhammad Anis Sumaji.

Dalam buku tersebut, tidak diwajibkan untuk keramas saat melaksanakan mandi junub. Namun, tetap diutamakan hal-hal seperti niat dan menyiramkan air ke seluruh tubuh. "Mandi junub adalah niat dan menyiramkan air ke seluruh tubuh. Hanya menggunakan air, tanpa perlu menggunakan sampo atau produk pembersih lainnya," tulis Muhammad Anis Sumaji.

Selain itu, wanita tidak diwajibkan untuk membuka gelungan rambut saat melaksanakan mandi junub, seperti yang dijelaskan oleh Abdul Syukur Al-Azizi dalam bukunya "Kitab Lengkap dan Praktis Fiqh Wanita". Hal ini didasarkan pada satu riwayat hadis dari Ummu Salamah yang pernah menanyakan kepada Rasulullah SAW.

"Wahai Rasulullah, saya memiliki gelungan rambut yang besar. Apakah saya harus membuka gelungan rambut saya saat mandi junub?"

Rasulullah SAW menjawab, "Tidak perlu (untuk membukanya). Cukup menyela-nyela ke tubuhmu dengan air sebanyak tiga kali, kemudian siramlah kepala dan badanmu dengan air hingga kamu bersuci," (HR Muslim).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.