Sukses

Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Ketahui Format ATS Friendly

Untuk saat ini, contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar adalah CV ATS Friendly

Liputan6.com, Jakarta Melihat contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar tentu akan meningkatkan peluang pencari kerja untuk mendapatkan undangan interview. Contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar sebaiknya menunjukkan sisi menarik dari profil pelamar.

Contoh CV lamaran kerja yang baik harus memuat sejumlah informasi tentang pelamar yang dapat membuat perusahaan merasa tertarik. Secara umum, CV berisi informasi berupa nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, latar belakang pendidikan, hingga pengalaman kerja. Sederhanya, CV merupakan daftar riwayat hidup yang berisikan informasi diri.

Memuat informasi-informasi tersebut tentunya sudah cukup untuk membuat CV yang benar. Namun, kita harus membuat CV yang baik, agar tampak menarik sehingga meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan undangan wawancara kerja.

Memang kita bisa bebas membuat CV dengan format seperti apa, namun contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar biasanya menggunakan format-format tertentu. Berikut adalah sejumlah contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (28/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Format CV ATS Friendly

Seperti yang telah kita ketahui, banyak perusahaan telah memanfaatkan teknologi internet untuk perekrutan karyawan. Dengan kata lain, proses seleksi calon karyawan biasanya akan menggunakan suatu sistem yang melibatkan perangkat lunak tertentu.

Salah satu format CV yang paling mudah dibaca oleh sistem adalah CV ATS. Dengan kata lain, untuk saat ini, contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar adalah CV ATS Friendly. Lalu apa yang dimaksud dengan CV ATS.

Dikutip dari laman Universitas Multimedia Nusantara, CV ATS adalah format resume/CV yang baik dan dapat diurutkan berdasarkan perangkat lunak atau aplikasi Applicant Tracking System (ATS). ATS sendiri merupakan software yang digunakan perusahaan untuk mendukung proses seleksi dan perekrutan kandidat.

ATS dapat mempermudah proses rekrutmen karena sistem ini dapat mengenali dan memindai setiap CV pelamar, baik beasiswa maupun pekerjaan. Setelah menerima CV dari pelamar, sistem dapat segera membuat pilihan sesuai dengan persyaratan perusahaan yang telah disepakati sebelumnya, seperti pengalaman kerja, IPK, dan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Dengan begitu, perekrut tidak harus melihat isi resume calon pelanggan secara individual, sehingga perekrut dapat dengan mudah memilih prospek dalam jumlah banyak. Tipe CV ATS friendly seperti ini akan mempermudah perekrut dalam melakukan seleksi karyawan dalam jumlah yang sangat besar. Ini karena CV ATS Friendly akan dibaca secara otomatis oleh sistem, sekaligus diseleksi secara langsung oleh sistem yang dinamakan ATS tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat CV ATS Friendly

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk saat ini, contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar adalah CV ATS Friendly. Sebab dengan membuat CV ATS Friendly informasi tentang pelamar kerja akan lebih mudah terbaca oleh sistem sehingga dapat meningkatkan peluang untuk lolos seleksi ke tahap berikutnya.

Konten atau isi dalam sebenarnya juga sama saja dengan CV pada umumnya, yakni berupa nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, latar belakang pendidikan, hingga pengalaman kerja. Hal yang membedakan adalah bagaimana informasi tersebut dikemas.

Bahkan, ada banyak sekali template CV ATS Friendly yang tersedia di internet yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa menggunakan template tersebut dan mengubah informasi di dalamnya sesuai dengan data diri kamu.

Hal yang perlu diperhatikan ketika membuat CV ATS Friendly antara lain adalah sebagai berikut,

1. Gunakan template atau desain sederhana

CV ATS Friendly sebaiknya dibuat dengan format yang sederhana, karena sistem ATS hanya membaca data yang diterima dan desainnya sederhana dan tidak berantakan. Fokus pada resume, pengalaman, dan keterampilan kamu.

2. Gunakan kata kunci yang berhubungan dengan pekerjaan

Kata kunci adalah poin utama dalam CV ATS Friendly. Sistem ATS menyaring informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Jadi tulis kata kunci yang terkait dengan posisi yang kamu lamar dan dapatkan lebih banyak poin. Kamu dapat dengan jelas menggambarkan hal-hal seperti Google Analytics dan Search Engine Optimization/SEO. Saat kamu menemukan pekerjaan di portal pekerjaan, tuliskan kata kunci yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan.

3. Hindari grafik dan simbol

Ini berkaitan dengan poin yang pertama, bahwa format CV ATS Friendly harus sederhana. Jadi hindari gambar, grafik, ikon, kotak teks atau kotak teks, dan font yang kurang umum. Kamu dapat menggunakan font umum yang digunakan untuk membuat resume. Pastikan juga tidak terlalu kecil. Namun, kamu dapat menambahkan judul dan subjudul yang sesuai. Pengenalan diri, keterampilan, riwayat kerja, dll. Untuk memungkinkan sistem kami memproses informasi secara akurat dan akurat.

4. Gunakan titik dan angka

Poin dan angka sudah menjadi hal yang lumrah saat membuat resume. Jadi, biasakan untuk menggunakan poin-poin dan angka-angka untuk menggambarkan pengalaman kerja kamu atau menjelaskan sesuatu yang lain.

5. Gunakan format file yang benar

Tipe file CV ATS Friendly yang benar adalah PDF atau docx. Jangan simpan dengan tipe JPEG/JPG atau PNG, karena sistem ATS tidak dapat membaca format foto. Namun, yang paling cocok adalah format docx karena format ini yang dapat diuraikan secara akurat oleh sistem.

4 dari 4 halaman

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan ketika Membuat CV ATS Friendly

Selain hal yang telah dijelaskan di atas, contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar hendaknya memenuhi ketentuan seperti berikut,

  1. Sebaiknya tidak lebih dari 2 lembar. Jumlah halaman juga mempengaruhi keterbacaan CV kamu.
  2. Gunakan font standar. Ya, tujuannya agar terbaca oleh sistem. Gunakan font seperti Arial, Helvetica, Times New Roman, atau font standar lainnya.
  3. Ukuran font juga tidak boleh kurang dari 11.
  4. Mencantumkan kontak. Data diri juga bagian yang wajib ada di bagian atas CV yang berisikan nama, alamat email, dan nomor telepon.
  5. Desain CV sederhana. Keterbacaan juga dipengaruhi oleh pilihan warna resume kamu. CV ATS biasanya hanya menggunakan hitam dan putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.