Sukses

7 Contoh CV Menarik dan Modern, Fresh Graduate Wajib Coba

Cara membuat CV yang menarik dan modern dapat dengan mudah untuk dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Contoh CV yang menarik dan modern dapat menjadi motivasi seseorang membuat CV, terutama bagi lulusan baru. CV atau Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup yang berisikan informasi diri.

Contoh CV menarik harus berisi informasi penting terkait dengan lamaran kerja. Sebab apabila cara membuat CV asal-asalan tersebut, dapat berakibat pada berkas dokumen sama sekali tidak dilirik oleh perekrut.

Semakin baik CV yang dibuat, maka semakin tinggi peluang untuk melangkah ke tahap selanjutnya. CV merupakan faktor penentu penting dalam lolosnya tidak seleksi di tahap awal. Hal ini karena CV akan memberikan informasi lengkap mengenai informasi penting kualifikasi yang memenuhi syarat seperti data diri, kontak yang dapat dihubungi, pendidikan, pengalaman, prestasi, dan sebagainya.

Untuk lebih rinci, berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh CV menarik dan modern yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Isi yang Wajib Tercantum dalam CV

Curriculum Vitae atau CV biasanya digunakan untuk menunjukkan prestasi akademik dan profesional mereka. CV biasanya berisi informasi seperti pengalaman kerja, prestasi dan penghargaan, beasiswa atau hibah yang diperoleh, proyek penelitian, dan publikasi pekerjaan. Agar CV yang kita buat dapat dilirik oleh perekrut, maka wajib wajib isi CV berikut ini:

1. Informasi pribadi

Contoh CV yang menarik dan baik harus berisi informasi personal yang lengkap seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email. Banyak orang yang lupa memasukkan nama, email, nomor telepon, dan alamat mereka. Pastikan menempatkan informasi ini dengan jelas di bagian atas CV.

2. Pernyataan pribadi

Pernyataan pribadi adalah bagian penting untuk menonjolkan diri. Ini menjelaskan siapa kamu, apa yang kamu tawarkan, dan apa yang kamu cari. Pernyataan pribadi bertujuan untuk membuktikan mengapa kamu cocok pada pekerjaan yang dilamar dalam satu paragraf pendek dan ringkas.

3. Riwayat akademik

Buat daftar akademik yang pernah dijalani. Kamu cukup riwayat pendidikan dari menengah, lalu berlanjut ke perguruan tinggi, hingga pasca doktoral (jika ada). Cantumkan judul gelar yang diperoleh, tahun kelulusan dan nama sekolah.

4. Pengalaman kerja

Bagian ini harus mencakup semua pengalaman kerja yang relevan, yang tercatat dari yang terbaru hingga terdahulu. Sertakan jabatan, nama organisasi, masa kerja, dan tanggung jawab utama. Namun bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, dapat dicantumkan pengalaman organisasi di perguruan tinggi yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan kamu lamar.  

3 dari 5 halaman

Isi yang Wajib Tercantum dalam CV

5. Prestasi

Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan bagaimana pengalamanmu sebelumnya telah memberimu keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadikanmu kandidat yang. Buat daftar semua keterampilan dan kekuatan yang relevan (dukung dengan contoh), dan jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya pada peran baru.

6. Penghargaan dan Kehormatan

Untuk setiap penghargaan, tambahkan nama, tahun diterima, organisasi yang memberi penghargaan dan detail terkait (seperti seberapa sering penghargaan diberikan).

7. Lisensi dan sertifikasi

Cantumkan nama lisensi atau sertifikat, tanggal mendapatkannya dan institusi yang memberikannya.

8. Keahlian

Menyampaikan keahlian juga penting dilakukan dalam membuat CV. Keahlian murni yang dimiliki tentu akan menjadi pertimbangan memilih perusahaan. Keahlian inilah yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan di perusahaan. Misalnya saja jika melamar menjadi penulis. kemampuan mengoperasikan komputer dan perangkat lunak pengolah kata sangat penting yang dimiliki.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui isi yang wajib dicantumkan dalam CV yang menarik, Anda juga perlu mengetahui cara membuat CV yang baik dan benar. berikut detailnya :

1. Buat CV secara profesional dengan tampilan sederhana, termasuk penggunaan font. Hal ini tentunya harus menyesuaikan dengan perusahaan yang kamu lamar. Jika melamar ke perusahaan yang berkaitan dengan desain dan kreativitas, Anda mungkin perlu membuat CV lebih kreatif. Jenis huruf yang cocok untuk CV Lamaran kerja di antaranya adalah Arial, Avenir, Calibri, Helvetica, Roboto, dan banyak lagi.

2. Gunakan format standar.pdf bila tidak ada ketentuan yang dipersyaratkan.

3. Jangan berbohong terkait data atau informasi yang kamu simpan, hal ini hanya akan merugikan kamu.

4. Tidak perlu memasukkan informasi pribadi seperti hobi atau minat terhadap sesuatu yang tidak berhubungan dengan posisi yang dilamar.

5. Pastikan kamu tidak menggunakan email dengan nama yang tidak profesional. Nama email yang asal-asalan bisa dinilai negatif.

6. Periksa kembali CV yang dibuat. Perhatikan jika ada kesalahan ketik, kesalahan nama, tata bahasa, keterangan tertentu dan sebagainya. Periksa kembali isi dokumen yang telah dibuat, atau minta bantuan orang lain untuk ikut ikut (mengoreksi). penulisan yang singkat bisa membuat kamu dinilai tidak teliti dan tidak peduli.

5 dari 5 halaman

Contoh CV Menarik dan Modern

Berikut ini terdapat beberapa contoh CV yang menarik dan modern, yaitu:

Contoh CV Menarik dan Modern 1

Contoh CV Menarik dan Modern 2

Contoh CV Menarik dan Modern 3

Contoh CV Menarik dan Modern 4

Contoh CV Menarik dan Modern 5

Contoh CV Menarik dan Modern 6

Contoh CV Menarik dan Modern 7

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.