Sukses

25 Jenis Buku Non Fiksi dan Sub Genrenya, Punya Cakupan Luas

Buku non fiksi memiliki cakupan yang sangat luas.

Liputan6.com, Jakarta Jenis buku non fiksi memiliki beragam genre. Non fiksi merupkan genre penulisan yang populer. Jenis buku non fiksi memiliki cakupan yang sangat luas.

Penulisan non fiksi dapat didasarkan pada fakta, sejarah dan biografi. Jenis buku non fiksi mencakup semua buku yang tidak berakar pada narasi fiksi. Intinya, jenis buku non fiksi adalah buku yang ditulis berbasis fakta yang ada.

Jenis buku non fiksi dapat bersifat instruksional, menawarkan komentar, humor, dan dapat merenungkan pertanyaan-pertanyaan filosofis. Beberapa jenis buku non fiksi, bagaimanapun, mungkin menawarkan pendapat tentang peristiwa tersebut.

Berikut jenis buku non fiksi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (13/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Sub genre buku non fiksi

Melansir Indeed, jenis buku non fiksi mencakup empat kategori utama dan beberapa subgenre:

Non fiksi ekspositori

Nonfiksi ekspositori menjelaskan peristiwa sejarah, tren mode, atau fenomena alam. Itu juga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan filosofis dan mencakup buku-buku sains dan filsafat.

Non fiksi naratif

Penulisan nonfiksi naratif membahas fakta dalam gaya sebuah cerita. Ini menggunakan bab untuk menyusun buku daripada mengatur pekerjaan berdasarkan topik, seperti nonfiksi ekspositori.

Non fiksi persuasif

Dengan non fiksi persuasif, penulis mengambil posisi pada suatu topik. Mereka menggunakan fakta untuk mendukung argumen mereka dan meyakinkan pembaca.

Non fiksi deskriptif

Dengan non fiksi deskriptif, penulis menggunakan bahasa kiasan, detail yang kaya, dan bahasa sensorik untuk mem

3 dari 10 halaman

Jenis buku non fiksi

Buku sejarah

Buku sejarah menggambarkan peristiwa dan era sejarah yang sebenarnya. Buku sejarah merinci situasi politik dan sosial, menggunakan sumber primer dan sekunder untuk membantu pembaca memahami warisan dan penyebab mereka.

Buku filsafat

Buku filsafat menganalisis konsep-konsep seperti etika dan kebebasan dan mengajak pembaca untuk memikirkannya. Ini juga menjelaskan paradigma filosofis kepada pemula yang ingin mempelajarinya serta para ahli tentang topik tersebut.

Buku agama dan spiritualitas

Beberapa jenis buku non fiksi agama dan spiritualitas menggambarkan pengalaman pribadi penulis, beberapa berbasis teori dan lainnya adalah buku self-help bagi pembaca yang ingin menumbuhkan spiritualitas mereka.

4 dari 10 halaman

Jenis buku non fiksi

Buku sains

Buku sains menjelaskan penelitian akademis dan mungkin menyertakan informasi teknis. Penulisan nonfiksi sains terorganisir dengan baik dan mengikuti konvensi akademik seperti pengindeksan dan referensi.

Buku ilmu pengetahuan populer

Jenis buku non fiksi selanjutnya adalah ilmu pengetahuan populer. Buku-buku sains populer mengambil penelitian dan proses yang kompleks dan menghilangkan sebagian besar jargon.

Buku ilmu politik dan sosial

Buku-buku ilmu politik dan sosial menganalisis dan mengomentari atribut atau struktur tertentu dalam masyarakat. Beberapa penulis genre ini mendasarkan tulisan mereka pada makalah akademis, dan yang lain menggunakan bukti anekdot.

5 dari 10 halaman

Jenis buku non fiksi

Buku esai

Buku esai mengumpulkan beberapa tulisan dari penulis yang sama atau beberapa penulis di bawah satu tema. Penulis esai sering memiliki pengalaman pribadi dengan atau otoritas pada subjek.

Buku Self-help

Buku self-help memberikan nasihat dan membantu pembaca memecahkan masalah pribadi atau mencapai tujuan tertentu. Topik swadaya termasuk membangun kepercayaan diri, saran hubungan, manajemen keuangan, diet atau kesuksesan bisnis. Nonfiksi swadaya dapat berbasis penelitian atau spontan.

Buku bisnis dan ekonomi

Jenis buku non fiksi bisnis sering menjadi panduan tentang manajemen dan kewirausahaan. Buku-buku ekonomi menjelaskan topik-topik seperti pergerakan pasar saham, harga konsumen, dan suku bunga untuk membantu pembaca memahami cara kerja ekonomi.

6 dari 10 halaman

Jenis buku non fiksi

Buku kesehatan dan kebugaran

Jenis buku non fiksi kesehatan dan kebugaran mencakup topik-topik seperti manajemen stres, kebiasaan tidur, atau diet. Mereka dapat mengatasi kesehatan fisik, mental atau spiritual.

Buku kerajinan dan hobi

Non fiksi kerajinan dan hobi menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki pembaca tentang minat mereka. Contoh topik buku kerajinan dan hobi termasuk kaligrafi, merenda, berkebun atau origami.

Buku panduan perjalanan

Panduan perjalanan membantu wisatawan dan pelancong mempersiapkan dan menemukan daerah baru dengan menjelaskan tempat untuk dikunjungi, bahasa, dan harga. Panduan perjalanan sering kali menyertakan informasi budaya dan sejarah.

7 dari 10 halaman

Jenis buku non fiksi

Buku masak

Jenis buku non fiksi masak merupakan jenis buku non fiksi lain yang semakin populer. Mereka juga cenderung memiliki tema yang kohesif, yaitu makanan penutup untuk vegan, santapan eksperimental di rumah, atau petualangan kuliner duniawi dari dapur.

Buku parenting dan keluaraga

Buku parenting membantu pembaca memahami psikologi anak dan cara merawat mereka. Mereka memberikan saran yang bermanfaat berdasarkan sumber dan pengalaman akademis.

Buku nonfiksi anak

Tulisan nonfiksi anak-anak menjelaskan topik kepada audiens muda menggunakan gambar, bab, dan cerita. Buku-buku ini mungkin mencakup topik biografi, sejarah atau ilmiah.

Buku panduan pendidikan

Sebagian besar panduan pendidikan memberikan saran kepada siswa perguruan tinggi dan sekolah menengah tentang berbagai topik. Panduan pendidikan dapat menggambarkan berbagai jenis pendidikan atau mendidik pembaca tentang berbagai mata pelajaran.

8 dari 10 halaman

Jenis buku non fiksi

Buku teks

Buku teks memberikan informasi yang komprehensif untuk membantu pembaca belajar tentang subjek tertentu. Mereka biasanya merupakan bagian dari kurikulum dan mencakup pertanyaan-pertanyaan yang mendorong pembelajar untuk meninjau kembali pokok bahasan buku.

Buku bahasa

Jenis buku non fiksi bahasa mengajarkan orang bagaimana berkomunikasi dalam bahasa baru. Beberapa buku bahasa juga menjelaskan asal usul dan fungsi bahasa atau dialek.

Buku humor

Buku-buku ini menyampaikan komentar sosial dan membahas masalah yang sering diabaikan orang dengan humor. Penulis buku humor bertujuan untuk menghibur pembaca.

Buku seni

Buku seni bisa berupa koleksi fotografi, katalog seni, buku tentang teori dan kritik, dan volume yang mengajarkan upaya artistik.

9 dari 10 halaman

Jenis buku non fiksi

Buku memoar dan otobiografi

Memoar dan otobiografi menceritakan kisah tentang kehidupan penulis. Memoar berfokus pada suatu peristiwa, seperti masa kanak-kanak atau pengalaman dalam industri tertentu. Autobiografi menggambarkan pengalaman penulis sepanjang perjalanan hidup mereka.

Buku biografi

Biografi adalah kisah hidup yang ditulis penulis tentang orang lain selain diri mereka sendiri. Jika subjek yang ingin mereka tulis biografinya masih hidup, penulis memerlukan persetujuan mereka.

Buku sastra perjalanan

Jenis buku non fiksi ini dikenal juga sebagai travel memoar atau travelogues, buku-buku literatur perjalanan mengajak pembaca untuk berintrospeksi diri sambil memberikan informasi tentang berbagai budaya.

10 dari 10 halaman

Jenis buku non fiksi

Buku jurnalisme

Jenis buku non fiksi jurnalisme menggambarkan peristiwa terkini yang relevan dengan target audiens. Ini juga dapat mencakup buku-buku kejahatan sejati atau nonfiksi naratif.

Buku ensiklopedia

Ensiklopedia adalah buku referensi yang berisi informasi tentang semua cabang pengetahuan atau yang membahas cabang pengetahuan tertentu secara komprehensif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.