Sukses

35 Destinasi Wisata Bandung yang Paling Terkenal dan Hits, Wajib Banget Dikunjungi

Destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini jangan sampai terlewatkan!

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits. Mulai dari kawasan kota Bandung, pinggiran, sampai pelosoknya wajib banget dijelajahi. Monumen-monumen sejarah, taman kota, kebun binatang, hutan, air terjun, danau, dan wisata gunungnya begitu memesona.

Di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits konon ada yang masih perawan, jarang sekali dikunjungi wisatawan. Di tempat-tempat yang belum banyak dijamah cocok dijadikan pilihan traveler yang suka petualangan. Salah satunya curug Malela yang juga punya julukan Niagara versi mini ini.

Nah, untuk destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ala keluarga pun ada banyak. Tak cuma menyuguhnya banyak wahana menarik dan asyik. Di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini cocok dijadikan sebagai sarana eduksi untuk anak-anak.

Bila sudah tak sabar, simak penjelasannya lebih lanjut. Berikut Liputan6.com ulas destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits dari berbagai sumber, Senin (19/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Bandung yang Paling Terkenal dan Hits

Taman Hutan Raya IR Juanda

Taman Hutan Raya merupakan destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits. Terdapat sekitar 2500 jenis tanaman membuat taman hutan raya pertama ini sangat cocok untuk wisata Botani.

Selain wisata botani, di kawasan Hutan Raya IR Juanda anda bisa menemukan berbagai air terjun yang mempesona. Udaranya yang sejuk dan suasananya yang tenang sangat cocok untuk bersantai dan hilangkan penat.

Curug Malela

Curug Malela adalah destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits. Air terjun ini memiliki pesona dengan keindahan dan keunikannya sendiri. Anda bisa berendam di bawah air terjun ini dengan aman sembari menikmati semburan butiran air.

Destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini dijuluki sebagai air terjun Niagara versi mini. Itu terjadi karena debit air yang tinggi dan dibawahnya memiliki sarana air jatuh melebar. Lokasi air terjun ini memang terpencil dengan Medan yang susah. Namun, ketika Anda sampai semuanya akan terbayar dengan keindahannya.

Upside Down World

Upside Down World adalah destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits. Sama seperti saudaranya yang ada di Bali dan Yogyakarta, tempat wisata ini menawarkan sederet spot foto dengan setting serba terbalik.

Wisata unik ini berada di Jalan H. Wasid No.31 (Dipatiukur), Desa Lebakgede, Kecamatan Coblong. Jam operasionalnya adalah pukul 10.00 - 20.00 WIB. Tiket masuknya sebesar Rp. 50.000,00 (untuk anak-anak) dan Rp. 100.000,00 (untuk dewasa).

Kampung Jepang Kyoto

Tak perlu jauh-jauh datang ke Tokyo jika ingin berfoto dengan yukata di antara hutan bambu Sagano. Anda bisa mengunjungi tiruannya di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits, tepatnya di Floating Market Lembang.

Di Kyotoku yang menjadi bagian Floating Market kita bisa menyewa yukata dan foto dengan latar cantik serupa kota para geisha itu. Untuk tiket masuknya dihargai sebesar Rp. 20.000,00 per orang, sedangkan jika Anda ingin menyewa yukata atau hanbok dikenai biaya sebesar Rp. 175.000 saja.

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya dikenal sebagai destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits di kawasan Maribaya, Lembang. Tempat wisata Bandung di daerah Lembang ini merupakan destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ala outdoor yang menawarkan berbagai fasilitas menarik. Di sini pengunjung bisa berkemah, bersepeda mengelilingi hutan pinus, atau berfoto di wahana yang instagramable.

Pasar Cibaduyut

Pasar Cibaduyut dikenal sebagai destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits, berisi pusat tas dan sepatu bahan kulit. Di sini kamu bisa menemukan beragam produk lokal dengan kualitas tinggi. Kualitasnya tidak kalah dengan merek-merek sepatu terkenal yang ada di mall. Pengunjung juga bisa memesan sepatu dengan desain sendiri.

Tebing Keraton

Tebing Keraton merupakan destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits, berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Tebing Keraton merupakan kawasan tebing terjal dengan pemandangan super indah.

Keindahan wisata Lembang ini pun dipercantik dengan latar belakang gunung Tangkuban Perahu yang menyejukkan. Waktu yang paling tepat mengunjungi Tebing Keraton adalah saat menjelang matahari terbit.

3 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Bandung yang Paling Terkenal dan Hits

Dusun Bambu

Dusun bambu adalah destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits. Dusun Bambu memberikan penawaran penginapan yang unik untuk menginap dengan suasana berkemah. Ada juga tempat untuk belajar bercocok tanam yang dinamakan Paddy Field.

Kamu pun bisa mengetahui bagaimana cara menanam padi sambil menikmati hamparan sawah yang hijau. Selain menawarkan penginapan unik, restoran di tempat ini juga instagramable. Kamu bisa memilih makan di Resto Pohon Lutung Kasarung dengan rumah pohon yang cukup tinggi dan bentuknya seperti sangkar burung.

Atau kamu bisa menikmati makanan khas Sunda sambil duduk lesehan sambil menikmati danau di Gazebo Saung Purbasari. Kawasan destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Situ Lembang, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Gedung Sate

Gedung Sate adalah destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits. Tempat ini merupakan ikon kota Bandung yang sangat populer. Gedung ini menjadi destinasi favorit wisata dalam kota Bandung.

Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit yang instagramable untuk wisatawan berfoto ria. Di sini juga kamu bisa menyaksikan kemegahan Gedung Sate lengkap dengan hiruk pikuk kota Bandung.

The Farmhouse

The Farmhouse, Lembang merupakan wisata Lembang yang menawarkan suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan seperti biri-biri, burung, sapi, kelinci, dan banyak lagi.

Di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini tersedia pula persewaan busana ala Eropa untuk berfoto di lokasi. Ada pula rumah kurcaci khas Selandia Baru yang sering dilihat di film The Hobbit. Rumah-rumah hobbit ini cocok sebagi spot instagramable di wisata Lembang.

Kebun Begonia

Kebun Begonia berlokasi di Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Wisata Lembang ini memiliki ragam bunga yang begitu memanjakan mata. Terdapat bunga Balinea, sejenis Begonia yang berasal dari Bali. Selain itu di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini ada pula jenis bunga lain seperti salvia, impatiens, geranium, dan celosia.

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung memiliki berbagai ruang peragaan yang menampilkan kondisi geologi Indonesia tiap zamannya, fosil, flora-fauna dan sejarah terbentuknya kota Bandung, serta sumber daya geologi dan pemanfaatannya. Destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini berada di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kota Bandung.

Grafika Cikole

Grafika Cikole adalah destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits. Di sini, wisatawan akan mendapatkan suasana yang segar, alami dan asri. Lokasinya ada di kawasan hutan pinus.

Ini merupakan destinasi wisata favorit untuk dijadikan tempat rekreasi bersama orang terdekat dan keluarga.

Grafika Cikole terletak di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Fasilitas yang lengkap sudah tersedia di sini seperti lokasi outbond, tempat makan hingga perkemahan.

4 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Bandung yang Paling Terkenal dan Hits

Orchid Forest

Orchid Forest Cikole berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini menawarkan pemandangan hutan sejuk dengan bunga anggrek berbagai jenis. Orchid Forest mengusung konsep eco tourism, sport tourism, dan edu tourism.

Selain melihat keindahan anggrek, di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus, Rabbit House, Wood Bridge, Garden of Light, dan masih banyak lagi.

Maribaya Nature Hot Spring Resort

Ada pemandian air panas di wisata Lembang, namanya Maribaya Nature Hot Spring Resort. Destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini cocok buat yang ingin merasakan sensasi pemandian air panas.

Destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini berada di Jl. Maribaya No.105/212 Lembang Bandung. Di sini pengunjung bisa merasakan berendam di air panas dengan kandungan belerang alami. Dipercaya air di pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Taman Lembah Dewata

Tempat wisata Lembang satu ini menawarkan landscape alam pegunungan. Destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini kian berkembang dengan spot-spot yang menarik pengunjung. Taman Lembah Dewata berada di kawasan Ganesha Equestrian Lembang. Terdapat danau dikelilingi perbukitan sejuk.

Di wisata Lembang ini pengunjung bisa bersantai menikmati udara pegunungan, bersepeda, berkemah, naik kereta, bersampan, atau sekadar berfoto. Tak mau ketinggalan, Taman Lembah Dewata juga menghadirkan spot foto instagramable yang berpadu dengan alam.

Lembang Wonderland

Lembang Wonderland berada satu lokasi di Rumah Tahu Susu Lembang. Destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini menawarkan wahana fantasi penuh warna dengan konsep ala Alice in Wonderland. Lembang Wonderland cocok dikunjungi anak yang menyukai taman bermain, kaum muda yang memburu potret instagramable, dan keluarga yang ingin bersantai.

Ada tiga area utama di wisata Lembang ini, berupa Magic Forest, Sweet Feel, dan Ice Cream Park. Semuanya menawarkan pengalaman seru seperti di Wonderland. Di malam hari, tempat ini makin menarik dengan atraksi cahaya spektakuler berkonsep glow in the dark.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung termasuk destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits pilihan keluarga. Luasnya hampir 14 hektar, Bandung Zoo memiliki koleksi satwa lebih dari 800 individu dari kelas mamalia, burung, reptil & ikan.

Satwa-satwa ini berasal dari dalam dan luar negeri. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa. Terdapat pula Wahana Unta Tunggang, Gajah Tunggang & Kuda Tunggang yang siap memberi pengalaman menyenangkan bagi keluarga.

Masjid Al-Imtizaj

Di ruas Jalan ABC, Braga ada satu tempat ibadah yang memiliki arsitektur unik. Masjid tetapi mengusung konsep bangunan ala kelenteng Tionghoa. Masjid ini menjadi salah satu bukti akulturasi budaya di tanah Sunda.

5 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Bandung yang Paling Terkenal dan Hits

Kawah Putih

Kamu juga bisa mencoba melancong ke arah Bandung Selatan. Di sana ada Taman Wisata Alam Kawah Putih yang berada di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jika mengunjungi destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini, kamu dapat menikmati udara sejuk di tengah hutan.

Kawahnya tampak berwarna putih kebiruan dengan pasir putih terhampar cocok bagi yang suka mengabadikan gambar dengan kamera. Selain itu di sekitar kawah putih juga terdapat pulau-pulau pasir yang bisa dijelajahi pengunjung.

Situ Patenggang

Tidak jauh dari Kawah Putih, terdapat wisata Situ Patenggang yang tidak kalah menarik. Suasana pegunungan dan perkebunan teh, menjadi daya tarik Situ Patenggang. Nama Situ Patenggang berasal dari kata pateang-teang yang berarti saling mencari. Legenda Situ Patenggang memang tidak lepas dari sebuah cerita percintaan.

Situ Patenggang terletak kurang lebih 5 km dari wisata Kawah Putih. Selain hamparan pegunungan dan kebun teh, destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini juga terkenal akan danaunya. Untuk menuju ke Situ Patenggang, kamu bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Tiket masuk menuju wisata ini juga cukup terjangkau.

Ranca Upas

Masih di Ciwidey, Ranca Upas adalah destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits. Selain bisa melakukan aktivitas camping, di sini kamu juga bisa bermain dengan ruas.

Nuansa alam terbuka dan pemandian air panas yang luar biasa menjadi nilai utama tempat ini. Bersantai di pemandian air panas Ciwalini bisa menjadi opsi lain yang bisa kamu ambil. Lokasinya juga tidak jauh dari Ranca Upas, jadi bisa sekali jalan.

Perkebunan Teh Rancabali

Kamu bisa ke Perkebunan Teh Rancabali untuk sekadar menghirup udara segar khas pegunungan dan merasakan ketenangan yang menyenangkan. Seperti destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits lainnya. Di Ciwidey, kamu akan menemukan berbagai spot instagramble.

Tangkuban Perahu

Wahana wisata gunung dan kawah paling terkenal di Bandung ini sering menjadi tujuan wisatawan saat libur hari biasa, termasuk Lebaran. Lokasinya hanya sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bandung menuju ke arah utara.

Selain itu, harga tiket masuk ke destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini cukup terjangkau. Rp 22 ribu (hari biasa) dan Rp 31 ribu (hari libur atau weekend) per orangnya. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang tersaji bersama keluarga atau kerabat saat mengisi liburan nanti.

6 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Bandung yang Paling Terkenal dan Hits

Alun-Alun Bandung

Jika berwisata ke kota Bandung tak lengkap jika tak singgah ke alun-alun Bandung. Destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini telah menjadi objek wisata yang populer di Bandung. Kamu dapat menikmati sore di alun-alun Bandung ditemani dengan kuliner yang dapat kamu beli di sekitar tempat ini. Saat ini Alun-alun Bandung telah mengalami renovasi yang membuat tempat ini ramah akan pengunjung.

Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika ini merupakan letak dari titik nol kilometer kota Bandung. Jalan ini dinamakan jalan Asia Afrika karena dulunya disini adalah tempat pertama kali berlangsungnya Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955, tepatnya di Gedung Merdeka.

Di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini, kamu bisa menikmati keramaian dengan berjalan kaki. Keindahan Jalan Asia Afrika ini lebih menarik juga dinikmati pada malam hari. Kumpulan lampu lampu yang menerangi jalanan, menambah sisi romantis wisata Kota Bandung ini.

Jalan Asia Afrika, Bandung terkenal dengan bangunan-bangunan tempo dulunya. Jalan ini juga dikenal dengan pusat kota tuanya Bandung. Jalan Asia-Afrika saat ini telah ditata sedemikian rupa agar ramah untuk para wisatawan.

Jalan Braga

Jalan Braga dikenal sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri Jalan Braga terdapat kompleks bangunan yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda dengan kesan kemegahannya. Di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini kamu dapat merasakan kemegahan kota Bandung dari bangunan-bangunan tempo dulunya. Hingga saat ini kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Bandros

Destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits selanjutnya sebenarnya bukan tempat, tapi bus jalan-jalan. Salah satu cara seru menikmati kota Bandung yaitu dengan mengunakan Bus Bandros, singkatan dari Bandung Tour on Bus.

Kamu bisa memilih rute yang kamu inginkan dan melakukan tur sejak pukul 08.00. Karena tujuannya untuk bus wisata, Bandros melayani lima rute wisata di kota Bandung. Tiap warna memiliki rutenya sendiri.

Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung berlokasi di belakang Balai Kota Bandung, kompleks Pemerintahan Kota Bandung. Taman ini baru diresmikan pada tahun 2017 oleh Walikota Bandung saat itu, Ridwan Kamil. Destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits berisi informasi tentang sejarah kota Bandung. Terdapat juga gambar profip para pemimpin kota Bandung dari masa ke masa.

Sanghyang Heuleut

Terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Sanghyang Heuleut merupakan danau hijau memesona dikelilingi batu-batu kali yang eksotis. Saking cantiknya, tempat ini sampai disebut kolam bidadari.

Sanghyang Heuleut destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits, cocok untuk mandi dan berfoto. Bagi yang hobi menguji nyali, silakan melompat dari salah satu batu yang tingginya lebih dari 5 meter. Hati-hati buat yang kurang jago berenang. Tarif: Rp10.000,00

7 dari 7 halaman

Destinasi Wisata Bandung yang Paling Terkenal dan Hits

Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan adalah destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits. Mata air jelita ini menawarkan udara yang sejuk dan air yang jernih untuk berendam, Tetapi aktivitas yang paling digemari anak muda di sini tentu saja underwater selfie.

Sendang Geulis Kahuripan terletak di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Cikalong Wetan. Kawasan wisata beroperasi mulai jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Dengan tiket masuk sebesar Rp10.000.

Sungai Palayangan

Tempat wisata di Bandung yang satu ini paling cocok buat outbond. Wisatawan bisa mencoba arung jeram yang bikin adrenalin memuncak di sungai beraliran deras ini. Tarif di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits, minimal Rp150.000,00 (dengan 6 orang peserta)

Curug Brugbrug

Curug Brugbrug adalah destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits. Air terjun tunggal yang cukup cantik ini berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua. Dinamai Brugbrug karena suara curahan airnya seperti menghempas dengan bunyi brug...brug. Untuk tiket masuknya dihargai sebesar Rp. 7.500 saja.

Curug Upas

Curug Upas masih sangat asri karena dikelilingi dengan pegunungan. Sehingga wisata ini menjadi rekomendasi terbaik bagi Anda yang suka mengunjungi wisata alam. Apalagi di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini tersedia berbagai fasilitas yang akan memanjakan Anda seperti bumi perkemahan serta sejumlah fasilitas umum lainnya.

Berkemah di destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini akan sangat menyenangkan. Apalagi dengan suara gemericik air dan dedaunan yang akan membuat suasana lebih menenangkan. Tak hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa menikmati beragam kuliner.

Taman Film

Taman ini berada di bawah Jembatan Pasupati, Kota Bandung. Taman Film memiliki konsep bioskop terbuka yang modern agar warga dapat beraktivitas di taman dan mendapat sarana menonton film secara gratis. Wisata Bandung yang paling terkenal dan hits ini dikelola Komunitas Film Bandung dan Dinas Pertamanan Kota Bandung.

Gunung Batu

Gunung Batu, merupakan destinasi wisata Bandung yang paling terkenal dan hits yang terbuat dari patahan Lembang dengan lebar sekitar 300 meter dan panjang 22 kilometer. Sebagai salah satu puncak tertinggi di Lembang, dari sini wisatawan akan dimanjakan dengan melihat pemandangan gunung-gunung lain, seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Bukit Tunggul dan Palasari yang terlihat jelas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini