Sukses

10 Cara Menghilangkan Varises Ringan, Aman dan Mudah

Varises yang ringan jauh lebih mudah diatasi.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan varises ringan perlu dilakukan untuk mencegah kondisi ini bertambah parah. Varises merupakan kondisi di mana pembuluh darah membengkak yang biasanya terjadi di kaki.

Varises kerap muncul di kaki dan memberi tampilan urat yang menonjol dan berwarna biru atau gelap. Varises tidak berbahaya, namun bisa mengganggu penampilan. Maka dari itu penting mengetahui bagaimana cara menghilangkan varises ringan. 

Varises yang ringan jauh lebih mudah diatasi. Mengetahui cara menghilangkan varises ringan bisa membantu mencegah varises bertambah parah.Cara menghilangkan varises ringan bisa dilakukan secara alami di rumah.

Cara menghilangkan varises ringan bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup. Cara menghilangkan varises ringan terbilang aman dan mudah dilakukan. Berikut cara menghilangkan varises ringan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(19/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara menghilangkan varises ringan

Olahraga teratur

Olahraga teratur visa meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik di kaki. Olahraga yang efektif untuk meringankan varises di antaranya adalah renang, berjalan, bersepeda, atau yoga. Aktivitasi ini membantu mendorong darah yang terkumpul di pembuluh darah. Olahraga teratur dalam tingkat ringan bisa membuat otot betis bekerja tanpa ketegangan yang berlebihan.

Terus bergerak

Cara menghilangkan varises ringan selanjutnya adalah menghindari duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. Jika Anda harus duduk terlalu lama, pastikan untuk tetap bergerak seperti mengubah posisi atau berjalan sebentar. Ini bertujuan agar darah mengalir dengan lancar. Hindari juga duduk dengan menyilangkan kaki, karena ini dapat lebih membatasi aliran darah ke kaki dan kaki.

3 dari 8 halaman

Cara menghilangkan varises ringan

Konsumsi cukup serat

Makanan dengan serat membantu menjaga buang air besar dan mencegah sembelit. Makanan ini penting, karena mengejan bisa memperburuk katup pembuluh darah yang rusak atau memperburuknya. Makanan yang tinggi serat termasuk sayuran, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Konsumsi flavonoid

Flavonoid bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, membuat darah terus mengalir, dan membuatnya cenderung tidak menggenang di pembuluh darah. Makanan yang mengandung flavonoid meliputi sayuran, termasuk bawang, paprika, bayam, dan brokoli, buah jeruk, anggur, ceri, apel, blueberry, dan biji cokelat.

4 dari 8 halaman

Cara menghilangkan varises ringan

Konsumsi omega-3

Asam lemak omega-3 bisa membuat darah tetap mengalir. Orang dengan masalah sirkulasi darah seperti varises, bisa mengonsumsi omega-3 untuk merangsang aliran darah dan membantu memecah fibrin, atau pembekuan darah. Omega-3 banyak ditemukan pada minyak ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan makanan laut.

Konsumsi cukup air

Konsumsi cukup air bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Minum cukup air bisa mencegah pembekuan darah penyebab varises. Hindari pula konsumsi makanan dengan banyak natrium karena dapat menyebabkan retensi air dan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

5 dari 8 halaman

Cara menghilangkan varises ringan

Obat herbal

Beberapa obat herbal dapat membantu meringankan varises ringan. Obat herbal ini hadir dalam bentuk suplemen oral atau topikal. Obat herbal yang dikenal dapat mengatasi varises seperti ekstrak biji anggur, Centella asiatica, Gingko biloba, dan Rutosida.

Konsumsi cukup kalium

Kekurangan kalium dapat menyebabkan retensi air. Ini meningkatkan volume darah dalam tubuh dan menciptakan tekanan ekstra pada katup vena. Makanan tinggi kalium dapat membantu mengurangi retensi air. Makanan yang tinggi kalium meliputi kacang almond, lentil dan kacang putih, kentang, sayuran berdaun, beberapa ikan seperti salmon dan tuna.

6 dari 8 halaman

Cara menghilangkan varises ringan

Hindari pakaian ketat

Ketika muncul varises kecil di kaki, sebaiknya hindari menggunakan celana atau pakaian yang ketat. Mengenakan pakaian ketat bisa membatasi aliran darah. Cobalah untuk menggunakan pakaian yang longgar agar tidak Mengenakan pakaian ketat bisa membatasi aliran darah. Hindari juga menggunakan sepatu hak tinggi karena ini bisa lebih membatasi aliran darah ke kaki dan kaki.

Pijatan

Memijat bagian yang sakit dengan lembut dapat membantu menjaga darah mengalir melalui pembuluh darah. Anda bisa menggunakan minyak pijat atau minyak zaitun untuk mengurangi varises ringan. Sangat penting untuk menghindari menekan langsung ke pembuluh darah, karena hal ini dapat merusak jaringan yang rapuh.

7 dari 8 halaman

Kebiasaan yang bisa menyebabkan varises

Berdiri terlalu lama

Berdiri untuk waktu yang lama adalah kebiasaan yang harus diingat dapat menyebabkan varises. Berdiri dalam satu posisi untuk waktu yang lama membuat darah lebih sulit berjalan di pembuluh darah kaki melawan gravitasi. Ini menyebabkan tekanan pada pembuluh darah meningkat yang dapat menyebabkan darah menggenang di sekitar pergelangan kaki.

Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan varises sama prosesnya seperti berdiri terlalu lama. Ketika duduk terlalu lama, gravitasi dapat menyebabkan darah menggenang di kaki. Tanpa bantuan kontraksi otot untuk memompa darah kembali ke atas, varises dapat terbentuk.

Mencukur bulu kaki yang salah

Mencukur sembarangan atau terburu-buru dapat menyebabkan timbulnya varises. Luka yang ada di kaki akan mengganggu sirkulasi darah di daerah kaki dan akan memberikan banyak tekanan pada pembuluh darah untuk mengatasi masalah tersebut. Mencukur bulu kaki secara berlawanan arah juga bisa menjadi salah satu alasan utama untuk varises.

8 dari 8 halaman

Kebiasaan yang bisa menyebabkan varises

Menyilangkan kaki

Ada beberapa bukti bahwa menyilangkan kaki dan bersila dapat menyebabkan spider veins, suatu jenis varises. Ini karena adanya tekanan posisi yang bisa diletakkan pada kaki dan pinggul.

Lari berlebihan

Meski olahraga baik untuk pencegahan varises, melakukannya berlebihan justru akan berdampak buruk. Latihan ini menyebabkan cedera berulang pada katup vena di kaki, menyebabkan mereka bocor yang seiring waktu menyebabkan varises berkembang.

Makan makanan asin

Memiliki banyak garam dalam makanan dapat menjadi faktor dalam pengembangan varises. Makan makanan asin menyebabkan retensi air dan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah. Tekanan air pada kaki ini memberi tekanan tambahan pada katup kecil di dalam pembuluh darah yang menjaga darah memompa dalam satu arah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.