Sukses

5 Manfaat Hair Tonic untuk Kesehatan Rambut, Ketahui Cara Penggunaannya

Ketahui manfaat dan cara penggunaan hair tonic yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Selain merawat tubuh dan wajah, kamu juga penting memperhatiakan perawatan untuk rambut. Selain keramas dengan sampo dan kondisioner, kamu juga harus memberikan perawatan untuk rambut pasca keramas, salah satunya dengan menggunakan hair tonic.

Hair tonic merupakan vitamin rambut yang memiliki ragam manfaat untuk rambut. Tak hanya tubuh, rambut juga membutuhkan asupan vitamin agar tetap sehat dan tidak mudah rontok. Tentunya kamu akan merasakan manfaat hair tonic jika kamu menggunakannya dengan rutin setelah selesai keramas.

Hair tonic pun terdiri dari beberapa macam yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan rambut masing-masing orang. Kamu bisa menyesuaikan penggunaan hair tonic ini sesuai dengan kebutuhan rambut kamu.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat hair tonic untuk kesehatan rambut dan cara penggunaannya yang harus diketahui, Selasa (6/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Hair Tonic untuk Kesehatan Rambut

1. Menyuburkan Rambut

Manfaat pertama dari hair tonic adalah dapat menyuburkan rambut. Bagi kamu yang rambutnya kurang lebat atau tipis, kamu bisa mencoba menggunakan hair tonic setelah selesai keramas. Kamu bisa mencari hair tonic yang sesuai dengan kebutuhan rambut kamu.

Untuk menyuburkan rambut, kamu bisa memilih hair tonic berbahan dasar lidah buaya. Hair tonic ini diformulasikan untuk menyuburkan rambut yang sulit tumbuh dengan cepat. lidah buaya dapat menebalkan rambut karena mengurangi volume kerontokan sehingga rmbut ajkan selalu nampak indah, tebal dan berkilau.

2. Memanjangkan Rambut

Rutin menggunakan hair tonic juga bisa membuat rambut kamu lebih cepat panjang. Rambut kamu akan terasa subur dan sehat jika rutin menggunakan hair tonic setelah selesai keramas. Kandungan baik yang ada di dalam hair tonic sangtalah baik untuk pertumbuhan rambuta anda sehingga akan sangat membantu dalam pemanjangan rambut. 

3. Mengatasi Rambut Rontok

Hampir semua orang tentunya mengalami rambut rontok, khususnya wanita. Segala upaya tentunya dilakukan agar rambut rontok cepat berkurang. Salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok adalah menggunakan hair tonic. Hair tonic dapat membantu untuk menutrisi rambut kamu dan mengatasi rambut rontok.

Rambut rontok biasanya disebabkan oleh akar rambut yang tidak kuat sehingga mudah tercabut dark akarnya. Untuk mengatasi rambut rontok, kamu bisa memilih hair tonic berbahan dasar ginseng. Hair tonic yang dibuat dengan bahan dasar gingseng diformulasikan khusus untuk kondisi rambut yang mengalaami kerusakan, stres dan rapuh sehingga rambut mudah rontok. Hair tonic gingseng juga ditambahkan dengan pro-vitamin B5 untuk memperkuat kinerja gingseng dalam mengatasi rambut yang rusak. 

4. Menyehatkan Rambut

Rambut yang sehat tentunya idaman setiap orang. Rambut yang sehat adalah rambut yang tidak mudah rontok, berkilau, tebal, dan tentunya tidak mudah patah. Hair tonic jenis hair spa jasmine bisa kamu pilih untuk mengatasi rambut kamu yang kering dan mudah patah. Hair tonic ini mampu meningkatkan elastisitasnya, sehingga rambut tidak nampak kusam dan justru terlihat lebih berkilau.

Selain itu, kamu juga bisa memilih hair tonic kemiri untuk memperbaiki dan meningkatkan pigmentasi pada kutikula agar rambut senantiasa hitam berkilau dan tidak bercabang kemerahan. kondisi ini dapat membuat rambut tidak mudah patah atau kemerahan akibat paparan sinar mataahaari secara berlebihan. 

5. Membersihkan Rambut dan Kulit Kepala

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari rutin menggunakan hair tonic setelah selesai keramas yang dapat membersihkan rambur dan kulit kepala. Setelah seharian beraktivitas dan terkena paparan debu dan sinar matahari, rambut tentunya terlihat lepek dan kusam. Oleh sebab itu, selain menggunakan sampo dan kondisioner, dianjurkan untuk memakai hair tonic agar rambut kembali sehat.

Bagi kamu yang selalu dipadatkan dengan aktivitas di dalam ruangan, kamu bisa memilih hair tonic berbahan olive. Hair tonic olive ini diformulasikan khusus untuk rambut kering, tetap lembab alami, mampu meregenerasi sel sel rambut yang mengalaami kerusakan akibat radikal bebas termasuik polusi udara dan sinar ultra violet. 

3 dari 5 halaman

Cara Penggunaan Hair Tonic yang Benar

Secara umum, cara menggunakan hair tonic adalah menggunakannya setelah selesai keramas. Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan :

1. Bersihkan Rambut dengan Keramas

Sebelum menggunakan hair tonic tentunya kamu harus keramas dengan menggunakan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut kamu dan jangan lupa untuk menggunakan kondisioner. Sambil melakukan keramas coba kamu pijat-pijat kulit kepala kamu agar otot-otot tidak akan menegang dan juga pori-pori terbuka. Keramas dan pemijatan ini berguna dalam membukanya pori-pori sehingga hair tonic akan mudah diserap oleh kulit kepala.

2. Hindari Pengeringan dengan Udara Panas

Untuk mempercepat rambut kering, kebanyakan orang menggunakan hair dryer. Namun hair dryer menggunakan udara panas agar cepat kering, dan udara panas tidak baik bagi rambut karena panasnya akan membuat rambut menjadi kering dan kusut, bila dilakukan secara berlebihan. Sebaiknya lakukan secara alami dengan  memberikan rambut angin-angin agar airnya akan menguap maupun jatuh. Atau kamu bisa mengeringkan dengan handuk, namun jangan menggosok rambut dengan handuk terlalu keras.

3. Beri Hair Tonic

Pemberian hair tonic memang harus dilakukan dalam kondisi kulit kepala bersih. Tuangkan hair tonic pada telapak tangan kamu kemudian usapkan ditelapak agar tak terlalu menggumpal. Setelah yakin, maka lakukan pengusapan pada rambut kamu dan juga kulit kepala. Lakukan secara merata agar penyerapan pada kulit juga maksimal.

4 dari 5 halaman

Cara Penggunaan Hair Tonic yang Benar

4. Oleskan dengan Mengikuti Garis Kepala

Pengolesan pada rambut pun sebaiknya mengikuti garis kepala agar terjadi penyerapan yang lancar juga. Setiap orang memiliki garis kepala yang berbeda-beda. Garis kepala biasanya mengikuti pola rambut yang ada dikepala kita. Metode ini adalah pilihan sehingga kamu berhak menggunakan metode ini karena pada dasarnya hair tonic dioleskan secara merata kepada rambut.

5. Lakukan Pemijatan Ringan

Setelah kamu yakin telah melakukan pengolesan rambut dengan hair tonic dari ujung rambut hingga kulit kepala seluruhnya. Maka sebaiknya kamu melakukan pemijatan pada kulit kepala dan rambut dengan ujung jari kamu.

Pemijatan dilakukan dengan menekan-nekan dan jangan terlalu keras menekannya karena bisa membuat kepala kamu pusing. Pemijatan bertujuan dalam meregangkan otot-otot kepala kamu dan juga membuka pori-pori di kepala agar hair tonic dapat diserap secara maksimal. 

6. Diamkan 2-3 Menit

Setelah melakukan pemijatan, diamkan selama 2-3 menit agar terjadi penyerapan. Perlu diperhatikan sebaiknya kamu menjaga rambut kamu dari gangguan luar yang dapat merusak hair tonic tadi. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu menutup rambut kamu dengan penutup sehingga gangguan dari luar akan tidak terjangkau.

5 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Rambut Sehat

Memiliki rambut sehata adalah idaman setiap orang, khususnya wanita. Banyak yang menyebut bahwa rambut adalah mahkota wanita yang harus senantiasa dirawat agar tetap sehat. Berikut ini ciri-ciri rambut sehat yang harus kamu ketahui :

1. Lembut dan bersinar

Ciri rambut sehat yang pertama adalah memiliki tekstur yang lembut dan juga terlihat bersinar. Rambut dengan ciri seperti ini menunjukkan bahwa kutikula rambut Anda sehat dan juga kelembapannya terjaga. Kutikula yang sehat dan tidak rusak akan memberikan tekstur halus pada permukaan rambut.

2. Kulit kepala sehat

Terdapat beberapa indikasi untuk menilai sehat atau tidaknya kulit kepala. Pertama adalah dari jumlah rambut yang tumbuh di kepala. Kulit kepala yang sehat akan memiliki rata-rata tiga helai rambut di setiap pori-porinya. Jika rambut di kepala terlihat lebih jarang, kemungkinan itu tanda bahwa kulit kepala Anda tidak sehat.

3. Rontok sewajarnya

Ciri rambut sehat selanjutnya adalah rontok sewajarnya. Ternyata kerontokan rambut setiap hari merupakan hal yang wajar. Tapi hal tersebut baru bisa disebut wajar jika rambut yang rontok hanya 50-100 helai saja dalam satu hari. Jika jumlah rambut rontok melewati atau bahkan berkali lipat dari jumlah tersebut, maka rambut Anda sudah tidak memenuhi ciri rambut sehat. Kerontokan rambut disebabkan oleh folikel rambut yang melemah disebabkan oleh berbagai hal.

4. Rambut tidak patah

Ciri rambut sehat selanjutnya adalah tidak mudah patah. Selain rambut rontok, masalah rambut patah juga amat sering ditemui. Rambut yang mudah patah biasanya disebakan oleh kulikula rambut yang sudah rusak sehingga menjadi rapuh dan mudah patah ketika disentuh atau disisir.

5. Elastisitas rambut terjaga

Salah satu ciri rambut sehat adalah elastisitasnya terjaga. Umumnya elastisitas rambut juga akan terjaga jika kelembapan rambut dan kesehatan kutikula rambut terjaga. Rambut yang elastis ditandai dengan rambut yang mudah diatur.

6. Tidak tenggelam di air

Cara mengetahui rambut sehat atau tidak juga bisa melalui sebuah tes menggunakan air. Caranya adalah dengan menaruh satu helai rambut kita di atas wadah berisi air. Jika rambut mengambang, maka tandanya rambut sehat. Tapi jika rambut tenggelam dalam air maka tandanya rambut tersebut rusak. Rambut yang rusak, kutikulanya akan terbuka sehingga rambut dapat menyerap air dan akhirnya tenggelam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini