Sukses

Manfaat Vitamin B Complex bagi Ibu Hamil, Cukupi Nutrisi Janin

Liputan6.com, Jakarta Manfaat vitamin B complex bagi ibu hamil dapat menghindari berbagai masalah kesehatan. Vitamin B Complex merupakan salah satu vitamin yang harus dipenuhi kebutuhannya oleh ibu hamil. Vitamin B Complex merupakan gabungan dari berbagai jenis vitamin B, dari vitamin B1 hingga vitamin B12.

Ibu hamil tentunya membutuhkan vitamin dan mineral yang lebih lengkap dibandingkan saat sebelum hamil. Mencukupi asupan vitamin dan mineral dengan menjaga makanan yang dikonsumsi tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil, namun juga untuk bayi dalam kandungannya.

Manfaat vitamin B complex bagi ibu hamil sangat penting selama masa kehamilan. Terdiri dari berbagai jenis vitamin B yang berbeda, tentunya manfaatnya untuk kesehatan ibu hamil juga akan berbeda-beda pula. Vitamin B Complex merupakan salah satu nutrisi penting pada masa kehamilan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/2/2020) beberapa manfaat vitamin b complex bagi ibu hamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Vitamin B1 dan B2

Vitamin B1

Manfaat vitamin B Complex bagi ibu hamil yang pertama bisa dilihat dari vitamin B1. Vitamin B1 atau Tiamin ini berperan untuk mengoptimalkan perkembangan otak, sistem saraf, dan jantung bayi.

Menurut Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI, ibu hamil membutuhkan sekitar 1,4 miligram (mg) vitamin B1 setiap harinya.

Ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi kacang-kacangan, oat, ikan salmon, kaldu jamur, pasta gandum, dan roti atau sereal yang diperkaya.

Vitamin B2

Berkaitan dengan kecantikan, manfaat vitamin B Complex bagi ibu hamil selanjutnya datang dari vitamin B2. Vitamin B2 ini dapat membuat kulit kamu dan calon bayi nantinya jadi lebih cerah dan bersinar.

Selain itu, vitamin B2 ini juga mencegah tekanan darah tinggi saat hamil. Dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin B2 setiap harinya secara teratur, kamu dapat mencegah risiko preeclampsia.

Vitamin B2 atau Ribovflavin ini wajib dipenuhi sebanyak 1,7 mg setiap harinya untuk mendapatkan manfaatnya. Kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan seperti sayuran hijau, kacang almond, ubi jalar, wortel, oat, tempe, keju, susu, dan telur sebagai sumber vitamin B2.

3 dari 5 halaman

Vitamin B3 dan B5

Vitamin B3

Vitamin B3 atau Niasin juga memiliki berbagai manfaat untuk ibu hamil. Manfaat vitamin B Complex bagi ibu hamil dilihat dari vitamin B3 ini di antaranya dapat mengatasi masalah pencernaan, mengurangi rasa mual, hingga meredakan migrain yang sering terjadi saat hamil.

Tidak hanya pada ibu hamil saja, vitamin B3 juga baik untuk mengoptimalkan perkembangan calon bayi. Ibu hamil perlu memenuhi sebanyak 16 mg vitamin B3 setiap harinya dengan mengonsumsi beberapa makanan seperti biji chia, biji bunga matahari, dada ayam, kacang, ikan tuna, alpukat, tomat, dan ubi jalar.

Vitamin B5

Manfaat vitamin B Complex bagi ibu hamil berikutnya adalah dapat mengatasi kram kaki. Hal ini bisa kamu dapatkan dari asupan vitamin B5. Sebagai salah satu masalah saat kehamilan yang paling sering dikeluhkan, kram kaki bisa diredakan dengan asupan vitamin B5 yang cukup.

Kamu perlu memenuhi asupan vitamin B5 sebanyak 6 mg setiap harinya. biji-bijian, sereal yang diperkaya, kuning telur, beras merah, kacang mete, dan brokoli dapat menjadi sumber vitamin B5 pilihan untuk ibu hamil.

4 dari 5 halaman

Vitamin B6 dan B7

Vitamin B6

Manfaat vitamin B Complex bagi ibu hamil tentunya juga sangat berguna untuk bayi dalam kandungan. Salah satunya dari vitamin B6 yang penting untuk meningkatkan perkembangan sistem saraf dan otak bayi. Hal ini karena vitamin B6 merangsang produksi hormon norepinefrin dan serotonin, dua hormon pembawa sinyal untuk memastikan metabolisme tubuh tetap optimal.

Apalagi untuk ibu hamil yang kerap mengalami mual dan muntah, vitamin B6 dapat menjadi solusinya. Ibu hamil hanya perlu mengonsumsi vitamin B6 yang terdapat pada pisang, pepaya, sereal gandum, alpukat, nasi merah, dan kacang-kacangan sebanyak 1,7 mg setiap harinya untuk menjaga kesehatan.

Vitamin B7

Keluhan kuku rapuh, kulit gatal, hingga rambut rontok dapat diatasi dengan manfaat vitamin B Complex bagi ibu hamil, khususnya dengan vitamin B7. Sebenarnya, kebutuhan vitamin B7 ini sangat sedikit, yaitu hanya 30 mcg setiap harinya. Namun banyak juga ibu hamil yang masih kekurangan asupannya.

Tidak hanya menjaga kesehatan kulit dan rambut, asupan vitamin B7 yang cukup juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin selama kehamilan. Kamu bisa mendapatkan vitamin B7 dari makanan kaya biotin seperti gandum, susu, jamur, royal jelly, kembang kol, dan berbagai sayuran hijau.

5 dari 5 halaman

Vitamin B9 dan B12

Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat mungkin merupakan jenis vitamin B Complex yang paling penting untuk ibu hamil. Bagaimana tidak, manfaat vitamin B Complex bagi ibu hamil dari vitamin B9 ini dapat membantu mengurangi risiko preeclampsia dan menekan risiko terjadinya cacat lahir pada bayi, seperti bibir sumbing, cacat jantung, hingga cacat tabung saraf (spina bifida).

Kamu memerlukan sebanyak 600 mcg asupan vitamin B9 setiap harinya. Kamu bisa mengonsumsi lentil, sayuran hijau, sereal yang diperkaya, kacang-kacangan, mi telur, dan alpukat sebagai pemenuhan salah satu jenis vitamin B Complex ini.

Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf ibu hamil. Untuk mendapatkan manfaat vitamin B Complex bagi ibu hamil ini secara maksimal, kamu harus memenuhi asupannya sebanyak 2,6 mcg setiap hari.

Vitamin B12 ini tersedia dapat kamu temukan dalam berbagai jenis makanan seperti kedelai, susu kedelai, ikan, unggas, telur, susu, hingga yogurt.

Selain dengan bahan-bahan alami, manfaat vitamin B kompleks juga bisa kamu dapatkan melalui suplemen. Namun, untuk mengonsumsi suplemen tersebut, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terkait jenis dan dosis yang tepat untuk kondisi kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.