Sukses

Maintenance Artinya Pemeliharaan, Ketahui Manfaat dan Jenisnya

Maintenance artinya pemeliharaan pada suatu alat yang dimiliki manusia

Liputan6.com, Jakarta Setiap alat memerlukan pemeliharaan agar dapat bertahan lama dalam menjalankan fungsinya. Dalam bahasa Inggris pemeliharaan ini disebut dengan maintenance. Maintenance dilakukan seseorang untuk merawat berbagai peralatan yang dimilikinya. Hal ini sangat penting dilakukan agar alat tersebut tidak mengalami kerusakan dalam jangka waktu yang panjang.

Maintenance artinya pemeliharaan pada suatu alat yang dimiliki manusia. Biasanya, maintenance dilakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Seseorang dapat melakukan maintenance secara mandiri atau dengan bantuan orang lain. Berbagai manfaat dari maintenance membuatnya sangat penting untuk dilakukan. Salah satunya adalah dapat memperpanjang masa pakai sebuah alat sesuai dengan fungsinya.

Sebagian orang masih menganggap maintenance adalah hal yang tidak begitu penting untuk dilakukan. Mereka menganggap sebuah alat akan mengalami kerusakan karena masa pakai yang terlalu lama. Dengan maintenance pun sebuah alat akan rusak dengan sendirinya. Padahal maintenance memegang kunci penting untuk menjaga dan merawat sebuah alat agar tetap mempertagankan fungsinya.

Berikut informasi mengenai maintenance artinya dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya. Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Selasa (23/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Maintenance Artinya Pemeliharaan

Dalam bahasa Inggris maintenance artinya pemeliharaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan kata pemeliharaan ssebagai suatu proses, cara, atau perbuatan memelihara, penjagaan, dan perawatan. Maintenance di sini mengacu pada serangkaian proses dan praktik dengan tujuan untuk memastikan sebuah peralatan, mesin, atau benda lainnya memiliki masa pakai yang lebih panjang. Hal ini dilakukan agar sebuah alat tetap menjalankan fungsinya dengan benar.

Aktivitas yang dilakukan dalam maintenance biasanya meliputi kegiatan seperti pengujian, pengukuran, penggantian, penyesuaian, dan perbaikan. Aktivitas tersebut bertujuan untuk mempertahankan bahkan memulihkan fungsi atau kinerja sebuah alat sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, maintenance artinya sebagai suatu tindakan perbaikan yang diambil untuk menjaga kekuatan dalam situasi dan kondisi sebagaimana fungsi utamanya. Kerusakan pada sebuah alat juga dapat dideteksi lebih awal. Oleh karena itu, maintenance sangat penting untuk dilakukan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Maintenance

Maintenance pada sebuah alat dilakukan untuk mendapatkan berbagai manfaat di dalamnya. Manfaat ini dapat membuat masa pakai alat tersebut lebih panjang dengan fungsinya masing-masing. Dengan begitu, alur kerja dalam sebuah organisasi atau perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Berikut merupakan beberapa manfaat dari maintenance.

  • Memperpanjang masa pemakaian sebuah alat.
  • Mengoptimalkan kinerja alat sesuai dengan fungsinya.
  • Menghindari alat tidak berfungsi secara mendadak.
  • Meminimalkan biaya.
  • Membantu keselamatan di tempat kerja.
  • Meningkatkan efisiensi sebuah alat.

Berbagai manfaat dari maintenance sangat sayang untuk dilewatkan. Jangan sampai alat-alat yang kita miliki mengalami kerusakan karena tidak memperoleh maintenance. Melakukan maintenance artinya seseorang memilih untuk mencegah kerusakan daripada menunggu kerusakan sebuah alat lalu menggantinya.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Maintenance

Maintenance pada sebuah alat dilakukan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Seseorang dapat mengetahui jenis maintenance yang diperlukan pada alat-alatnya. Berikut beberapa jenis maintenance yang dapat dilakukan.

1. Routine Maintenance

Routince maintenance atau pemeliharaan rutin dilakukan pada jadwal yang tetap seperti harian, mingguan, atau bulanan. Maintenace jenis ini juga disebut dengan pemeliharaan preventif. Kegiatan yang dilakukan seperti memeriksa, membersihkan, mencuci, dan menginspeksi. Jenis maintenance ini dilakukan pada saat waktu henti pada akhir pekan agar tidak mempengaruhi produktivitas alat tersebut. Tujuannya untuk mengidentifikasi masalah pada alat dan mencegah masalah tersebut menjadi kenyataan agar tidak menganggu fungsi alat tersebut. 

2. Planned Maintenance

Hampir mirip dengan pemeliharaan rutin, maintenance jenis ini merupakan pemeliharaan terencana yang dijadwalkan setahun sekali atau sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dilakukan karena planned maintenance memiliki waktu yang lebih lama dengan biaya yang mahal. Melakukan planned maintenance artinya melakukan pemeliharaan secara terencana dengan mempekerjakan seorang profesional.

3. Corrective Maintenance

Corrective maintenance merupakan lanjutan dari routine maintenance. Jika saat melakukan routine maintenance ditemukan adanya tanda-tanda kerusakan yang parah, seseorang harus melakukan corrective maintenance. Pemeliharaan jenis ini berkaitan dengan perbaikan dan penggantian komponen-komponen dalam alat untuk mengembalikan fungsinya seperti semula.

4. Predective Maintenance

Jenis maintenance ini berfokus pada teknik yang digunakan dalam melakukan planned maintenance dan corrective maintenance. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memprediksi kapan sebuah alat akan mengalami kerusakan tanpa mengganggu masa produktif alat tersebut. Kerusakan pada alat juga dapat diminimalkan agar tidak mengurangi fungsinya.

Seseorang harus mengetahui jenis maintenance mana yang akan dilakukan pada alat-alat yang mereka miliki. Penentuan jenis maintenance akan sangat berpengaruh pada penjagaan fungsi alat tersebut agar tetap berjalan dengan benar. Memilih tempat maintenance yang profesional juga menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai maintenance yang dilakukan malah membuat alat-alat mengalami kerusakan dalam jangka waktu yang pendek. Pilihlah agen resmi yang sudah teruji dan memiluiki sertifikasi sesuai dengan kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.