Sukses

Definisi Adalah Kalimat yang Mengungkapkan Makna, Kenali Ciri-Ciri dan Jenisnya

Definisi adalah kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas.

Liputan6.com, Jakarta Definisi adalah suatu batasan atau arti, bisa juga dimaknai kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Kalimat ini sering kita temui ketika sedang mencari sebuah kata yang ingin dideskripsikan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi adalah kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Sehingga kalimat definisi adalah rangkaian kata yang bertujuan menjelaskan baik arti maupun makna suatu obyek.

Definisi juga diartikan sebagai uraian pengertian yang berfungsi membatasi objek, konsep, dan keadaan berdasarkan waktu dan tempat suatu kajian. Dalam kalimat definisi biasanya memakai kata penghubung seperti bahwa, yakni, adalah, ialah, dan sebagainya. Tak hanya itu, istilah definisi memiliki ciri-ciri maupun jenis.

Berikut ini penjelasan mengenai ciri-ciri definisi, jens-jenis dan contoh kalimatnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (18/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Definisi

Ada beberapa ciri-ciri kalimat definisi adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan kata adalah, ialah, yaitu, merupakan, yaitu, dan yakni.
  2. Kalimatnya berisi penjelasan arti ataupun makna suatu objek.
  3. Digunakan dalam karya ilmiah untuk memberikat fakta.
  4. Digunakan dalam karya fiksi untuk menguatkan cerita.
  5. Maknanya tidak berubah jika kalimat dibalik (objek berada di awal maupun di akhir kalimat).
  6. Diakhiri dengan tanda titik.
3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kalimat Definisi dan Contoh Kalimatnya

Sementara itu, kalimat definisi juga memiliki jenis-jenis dan contoh kalimatnya. Berikut ini jenis-jenis definisi adalah:

1. Definisi Nominal

Berdasarkan situs Stanford Encyclopedia of Philosophy, definisi nominal adalah definisi yang menjelaskan arti suatu istilah yang berisi informasi cukup untuk memberikan pemahaman tentang istilah tersebut. Definisi nominal merupakan definisi yang sederhana karena bisa berupa penjelasan sinonim suatu istilah saja. Contoh kalimatnya yaitu:

  1. Atlet adalah olahragawan.
  2. Seruling adalah alat musik tiup.
  3. Amfibi adalah hewan yang hidup di darat dan di air.

2. Definisi Paradigmatis

Menurut Pamela S. Maykut dan Richard Morehouse dalam Beginning Qualitative Research: A Philosophic and Practical Guide (1994), paradigma adalah seperangkat asumsi yang menyeluruh dan saling berhubungan tentang sifat realitas. Sehingga kalimat definisi paradigmatis adalah kalimat yang berisi nilai-nilai yang dipandang seseorang dan bertujuan untuk memengaruhi pembacanya. Definisi jenis ini disusun berdasarkan pendapatan nilai-nilai tertentu. Adapun fungsi definisi paradigmatis dapat dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu pertama, untuk mengembangkan pola berpikir. Kedua, mempengaruhi sikap pembaca atau pendengar. Ketiga, mendukung argumentasi atau pembuktikan dan memberikan efek persuasif. Contoh kalimatnya yaitu:

  1. Buku tesebut ditulis dengan sangat kreatif sehingga menarik untuk dibaca.
  2. Tidak baik bagi anak perempuan untuk keluar malam karena banyak bahaya saat malam.

3. Definisi Luas

Definisi luas adalah batasan pengertian yang sekurang-kurangnya terdiri atas satu paragraf. Kalimat definisi luas merupakan kalimat yang menjelaskan suatu objek secara umum dan dapat diterima oleh masyarakat luas. Kalimat definisi luas biasanya bersisi fakta yang singkat, pada, jelas, dan aktual. Contohnya kalimatnya yaitu:

  1. Kerangka tubuh manusia tersusun dari 206 tulang dengan bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.
  2. Diabetes adalah penyakit yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengonsumsi gula aataupun.

4. Definisi Formal

Kalimat definisi formal berisi kalimat penjelasan yang dusun berdasarkan logika yang dapat diterima karena sesuai dengan yang berlaku di masyarakat. Kalimat definisi formal disebut juga dengan definisi terminologis yang tidak mengandung perumpamaan dan memiliki dua makna atau menggabungkan dua frasa. Contoh kalimat definisi formal:

  1. Manusia merupakan makhluk hidup yang paling pintar karena memiliki akal.
  2. Geologi berasal dari bahasa Yunani “geo” yang artinya bumi dan “logos” yang artinya alasan.
  3. Kepramukaan adalah kegiatan di luar sekolah yang bertujuan membentuk karakter unggul siswa.

5. Definisi Operasional

Definisi operasional yakni kalimat definisi yang berisi pedoman untuk melakukan sesuatu. Kalimat definisi operasional merupakan kalimat berisi petunjuk untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, definisi ini disebut juga definisi kerja karena dijadikan pedoman untuk melaksanakan suatu penelitian atau pekerjaan tertentu. Yang merupakan ciri-ciri definisi operasional ialah mengacu pada target pekerjaan yang dicapai, berisi pembatasan konsep, tempat, dan waktu, dan bersifat aksi, tindakan, atau pelaksanaan suatu kegiatan. Contohnya kalimatnya yaitu:

  1. Kocok terlebih dahulu sebelum diminum.
  2. Penelitian harus dilakukan dengan pengambilan sampel acak setiap populasi yang sama variannya.
  3. Kaleng tersebut harus disimpan di tempat sejuk karena gas di dalamnya bisa meledak jika terkena panas.
4 dari 4 halaman

Teknik-Teknik Menyusun Definisi

Tehnik-tehnik menyusun definisi bisa dikualifikasikan berdasarkan dua macam arti, yakni arti intensional dan arti ekstensional. Berikut rinciannya:

1. Definisi Ekstensional atau Denotatif

Dengan menunjukkan kelas yang ditunjukan oleh definiendium, maka suatu definisi ekstensional akan bisa menetapkan arti dari suatu kata. Paling tidak ada tiga cara menunjukkan anggota-anggota dari suatu kelas, yaitu menunjuk pada mereka, menamai mereka secara individual, dan menamai mereka menurut kelompok. Contoh kalimatanya yaitu:

Kursi adalah ini dan ini dan ini- seraya Anda menunjuk ke arah sejumlah kursi satu per satu.

2. Definisi Intensional

Suatu definisi menentukan arti suatu kata dengan menunjukkan kualitas-kualitas atau ciri-ciri yang terkandung dalam kata itu. Sebagai contoh kalimatnya yaitu:

Es adalah air yang membeku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.