Sukses

8 Arti Kedutan Mata Kanan Bawah Menurut Primbon dan Kesehatan, Jadi Pertanda Buruk

Simak arti dari kedutan mata kanan bawah menurut Primbon Jawa dan dunia medis.

Liputan6.com, Jakarta Arti kedutan mata kanan bawah sering kali dikaitkan dengan mitos tertentu. Hal ini sering mengacu pada primbon Jawa yang mengartikan kedutan mata kanan bawah sebagai pertanda akan terjadi sesuatu di kemudian hari. Bahkan letak titik kedutan juga bisa mempengaruhi maknanya.

Arti kedutan mata kanan bawah menurut primbon Jawa tentunya perlu disikapi dengan bijak dan penuh pertimbangan logis. Pasalnya, arti kedutan mata kanan bawah juga ada maknanya dalam dunia medis.

Arti kedutan mata kanan bawah menurut dunia medis dapat berkaitan dengan kondisi tubuh seseorang atau bisa jadi pertanda adanya masalah dalam tubuh. Untuk itu, anda perlu waspada bila berhubungan dengan penyakit tertentu. Cara dapat mengatasinya anda perlu konsultasikan tanda-tanda tersebut ke dokter.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti kedutan mata kanan bawah menurut primbon Jawa dan kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Kedutan Mata Kanan Bawah Menurut Primbon Jawa

Berikut ini terdapat beberapa arti kedutan mata kanan bawah menurut Primbon Jawa, yakni:

1. Mendapatkan kesedihan

Dikutip dari buku berjudul Primbon Masa Kini: Warisan Nenek Moyang untuk Meraba Masa Depan (2009) karya Romo RDS Ranoewidjojo, dkk., menjelaskan tentang arti kedutan mata kanan bawah menurut primbon Jawa adalah anda akan menemui atau mendapatkan kesedihan. Kesedihan yang dialami bakal berlangsung dalam waktu jangka panjang. Konon, arti kedutan mata ini akan membuat seseorang mengucurkan air mata karena duka cita yang mendalam. Meski begitu, tidak ada penjelasan terkait tentang penyebab kesedihan tersebut akan terjadi.

2. Tanda kekecewaan

Selain kehilangan, arti kedutan mata kanan bawah juga bisa membawa tanda kekecewaan. Kemungkinan, harapan kalian tak tercapai hingga memunculkan rasa kecewa yang mendalam. Bisa juga rasa kecewa itu berasal dari pengkhianatan seseorang yang kamu percaya.

3. Datangnya tamu

Saat kalian merasakan kedutan di bagian mata kanan bagian bawah, bisa jadi akan segera kedatangan tamu. Barangkali, tamu itu merupakan seseorang yang sudah kalian rindukan dan nantikan kehadirannya.

4. Mendengar kabar kurang menyenangkan

Arti kedutan mata kanan bawah menurut Primbon Jawa selanjutnya adalah akan mendengar kabar kurang menyenangkan. Hal ini merupakan pertanda buruk agar kalian selalu berhati-hati. Kabar kurang menyenangkan ini bisa jadi sesuatu yang membuat kalian bersedih. Menerima dengan ikhlas atas segala kabar yang kurang menyenangkan mungkin saja bisa membantumu tetap tegar dan kuat.

5. Mendapatkan Kesusahan

Dalam buku berjudul Primbon Wanita (2011) karya Rini Widayanti, dkk,. menjelaskan tentang arti kedutan mata kanan bawah menurut primbon Jawa adalah akan mendapatkan kesusahan. Dalam buku tersebut dijelaskan apabila seorang wanita merasakan atau mengalami kedutan di bagian mata kanan bawah, merupakan suatu pertanda bahwa wanita tersebut akan mendapatkan kesusahan dalam hidupnya. Meskipun begitu, tak dijelaskan secara detail terkait kesusahan apa yang akan menimpa wanita tersebut jika mengalami kedutan mata kanan di bagian bawah.

3 dari 3 halaman

Arti Kedutan Mata Kanan Bawah Menurut Medis atau Kesehatan

Selain dilihat dari makna primbon Jawa, arti kedutan mata kanan bawah sendiri juga memiliki makna di dunia medis. Pada dunia medis ini, anda akan mendapatkan jawaban secara ilmiah terkait kedutan mata kanan bawah yang anda alami. Berikut penjelasannya:

6. Berlebihan konsumsi kafein

Kandungan kafein dalam makanan dan minuman yang berlebihan juga bisa memicu kedutan pada mata kanan bawah. Hal ini terjadi apabila kalian konsumsi kafein dalam jumlah tak terkendali alias berlebihan. Sebab sel saraf pada kelopak mata akan merespon sehingga memicu kedutan bisa terjadi pada mata kanan bawah.

7. Gejala stres

Arti kedutan mata kanan bawah menurut pandangan medis berikutnya adalah menjadi pertanda gejala stres. Seperti diketahui, stres dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan termasuk kedutan mata kanan bawah. Karena itulah salah satu arti kedutan mata kanan bawah menurut kesehatan adalah perlu mewaspadai adanya gejala stres.

8. Kondisi medis

Arti kedutan mata kanan bawah menurut kesehatan atau medis dapat terjadi karena mengalami beberapa gangguan medis. Di antara gangguan medis yang menyebabkan kedutan pada mata kanan bawah tersebut seperti iritasi permukaan mata. Selain itu, menurut keparahannya, arti kedutan mata kanan bawah menurut kesehatan atau medis dibedakan menjadi tiga adalah:

  1. Minor eyelid twitch (myokymia) merupakan jenis mata berkedut dengan tingkat keparahan paling rendah. Biasanya, terjadi karena kelelahan dan hanya berlangsung sebentar.
  2. Benign essential blepharospasm diawali dengan meningkatnya frekuensi kedipan kedua mata. Kalian mungkin akan merasakan kedutan yang cukup kuat hingga kedipan mata tak terkendali.
  3. Hemifacial spasm merupakan kedutan cukup langka. Secara umum, kondisi ini disebabkan oleh tekanan pembuluh darah arteri pada saraf sekitar wajah. Saraf otot wajah lainnya, seperti mulut dan hidung biasanya juga akan terlibat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.