Sukses

Baliho adalah Publikasi dengan Gambar di Tempat Ramai, Ini Jenis-Jenisnya

Baliho adalah memiliki julukan media yang bersifat luar ruangan atau outdoor, ditempatkan di tempat terbuka yang banyak dilalui orang.

Liputan6.com, Jakarta Mengenal baliho adalah media promosi atau iklan yang ditempatkan di luar ruangan. Ukuran baliho adalah mayoritas besar dan dipasang di lokasi yang tinggi. Baliho adalah mirip dengan spanduk, tetapi baliho adalah memiliki ukuran dan biaya pemasangan lebih besar.

“Baliho adalah publikasi yang berlebih-lebihan ukurannya agar menarik perhatian masyarakat. Baliho adalah biasanya dipublikasi dengan gambar yang besar di tempat-tempat ramai,” mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Asal usul istilah baliho adalah berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti menyampaikan dan pemberitahuan yang mengandung pesan tersirat. Isi dari baliho adalah informasi acara atau kegiatan besar serta sarana iklan atau promosi yang berhubungan dengan masyarakat luas.

Baliho adalah memiliki julukan media yang bersifat luar ruangan atau outdoor, ditempatkan di tempat terbuka yang banyak dilalui orang. Selain itu, pemasangan baliho adalah sangat memperhatikan stategis tidaknya suatu tempat. Inilah mengapa baliho adalah umumnya ada di pinggir jalan raya karena bisa dilihat oleh siapa saja.

Memahami baliho adalah tidak cukup hanya dari pengertian dan ciri-ciri umumnya. Berikut Liputan6.com ulas tentang baliho lebih dalam dari berbagai sumber, Senin (18/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Baliho yang Umum

1. Mengingatkan

Manfaat keberadaan baliho adalah untuk mengingatkan calon konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat. Promosi dengan baliho adalah sebagai pengingat, mengingatkan calon konsumen akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan. Promosi juga membantu konsumen untuk tetap mengingat produk tersebut. Promosi menjaga agar ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan tersebut.

2. Membujuk

Manfaat keberadaan baliho adalah membujuk. Promosi dengan baliho adalah membantu pembentukan pilihan merek, mengalihkan pilihan ke merk tertentu, mengubah persepsi, dan mendorong calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

3. Menginformasikan

Manfaat keberadaan baliho adalah menginformasikan pasar mengenai keberadaan suatu produk baru. Berupa informasi cara pemakaian yang baru dari suatu produk, perubahan harga, jasa yang disediakan, meluruskan kesan yang keliru, dan mengurangi ketakutan atau kekhawatiran konsumen. Manfaat keberadaan baliho adalah dapat membangun citra sebuah produk atau perusahaan.

4. Menonjolkan nilai produk

Sejumlah promosi dengan baliho adalah diajukan untuk menonjolkan nilai produk dengan menjelaskan manfaat-manfaat kepemilikan dari produk yang kurang dikenal pembeli.

5. Mengingatkan

Manfaat keberadaan baliho adalah mengingatkan calon konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat. Promosi dengan baliho adlaah sebagai pengingat, mengingatkan calon konsumen akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan. Promosi dengan baliho adalah  membantu konsumen untuk tetap mengingat produk tersebut. Promosi menjaga agar ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan tersebut.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Baliho

Ada beberapa jenis-jenis baliho yang diklasifikan berdasarkan bahan pembuatannya. Berikut jenis-jenis baliho mengutip merdeka.com:

1. Abadros, yaitu baliho dengan kualitas yang sangat bagus, memiliki permukaan bahan yang halus untuk membuat tampilan gampar lebih detail. Biasanya abadros digunakan untuk baliho kategori indoor.

2. Baliho Vertikal, yaitu baliho yang berukuran 2×3 meter atau 4×6 meter, terbuat dari bahan kain/ kertas, papan / tripleks, dan biasanya dipasang pada tiang.

3. Baliho Horizontal, yaitu baliho yang berukuran 3×4 meter, terbuat dari bahan kain, kertas stricker, atau tripleks, dengan konstruksi yang lebih kokoh.

4. Flexi Korea/ Flexi Cina, kualitas bahan kedua jenis baliho ini tidak jauh berbeda.

5. Flexi Jerman, yaitu baliho dengan kualitas bahan yang lebih bagus, tetapi memang harganya sedikit lebih mahal. Jenis bahan ini memiliki pori-pori bahan yang lebih halus dari pada Flexi China maupun Korea.

4 dari 4 halaman

Proses Pembuatan Baliho

Membuat baliho di era kemajuan teknologi bukan lagi hal yang sulit dilakukan, siapa saja bisa membuat dan memilikinya. Pembuatan baliho adalah bisa dipesan di perusahaan reklame. Tentu saja media luar ruangan biasanya dibuat semenarik mungkin karena sifatnya visual.

Apabila ingin lebih hemat, kini sudah tersedia aplikasi desain dasar yang memudahkan pembuatan baliho. Apa saja aplikasi yang bisa digunakan?

1. Canva

Canva adalah aplikasi desain yang cukup populer. Membuat desain spanduk keren dari Canva juga terbilang mudah. Sebab, menu-menu pada Canva sederhana dan mudah untuk dipahami, terutama untuk para pemula yang baru belajar desain.

2. Adobe Spark Post

Aplikasi besutan Adobe ini cukup mirip Canva karena menu yang ada cukup sederhana dan juga mudah dipahami. Jadi tidak perlu bingung saat menggunakannya.

3. Gravit Designer

Jika ingin mencoba membuat desain spanduk keren melalui Gravit, kamu bisa lewat platform Gravit Klex yang merupakan aplikasi desain online dari Gravit.

4. Snappa

Aplikasi ini hampir serupa dengan Canva, aplikasi desain online Snappa adalah salah satu aplikasi desain yang bisa dikatakan cukup sederhana. Saat mengunjungi website Snappa, kamu bisa membuat berbagai macam desain termasuk spanduk dengan template dan font-font yang sudah disediakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.