Sukses

Addicted Artinya Kecanduan, Pahami Jenis dan Cara Mengatasinya

apa itu Addicted dan apa saja jenis serta cara menghilangkannya

Liputan6.com, Jakarta Addicted artinya adalah fenomena yang menimpa banyak orang di seluruh dunia. Addicted artinya dalam bahasa Indonesia adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan keinginan atau paksaan yang luar biasa untuk menggunakan suatu zat atau terlibat dalam suatu perilaku, terlepas dari konsekuensi negatif yang mungkin ditimbulkannya pada kehidupan seseorang. 

Kata Addicted memiliki konotasi negatif, dan untuk alasan yang bagus. Kecanduan dapat memiliki konsekuensi serius pada kesehatan, hubungan, dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan. Ketika seseorang menjadi kecanduan suatu zat atau perilaku, mereka sering kehilangan kendali atas tindakan mereka dan merasa sulit untuk berhenti, bahkan ketika mereka menginginkannya.

Bahaya Addicted juga sangat banyak. Mulai dari masalah kesehatan fisik, seperti kerusakan hati, kanker paru-paru, atau penyakit jantung, dapat terjadi akibat penyalahgunaan zat. Masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, atau gangguan bipolar juga bisa muncul. Hubungan dapat menderita, menyebabkan konflik dengan keluarga, teman, dan rekan kerja. 

Terlepas dari aspek negatif Addicted, penting untuk dipahami bahwa kecanduan adalah hal yang bisa diobati. Namun sebelum itu, penting untuk memahami apa itu Addicted dan apa saja jenis serta cara menghilangkannya. Untuk itu berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber informasi seputar Addicted, pada Jumat (12/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Addicted

Addicted artinya adalah kata dalam bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai kecanduan atau kecanduan terhadap sesuatu, seperti obat-obatan, alkohol, atau perilaku tertentu. Dalam konteks lain, kata ini juga dapat merujuk pada seseorang yang sangat suka atau terikat dengan suatu hal, seperti hobi atau pekerjaan. 

Addicted adalah salah satu bentuk penyakit, bahkan Addicted dianggap sebagai salah satu kondisi kronis. American Society of Addiction Medicine (ASAM) mendefinisikan kecanduan sebagai gangguan otak kronis. Kecanduan tidak terjadi karena kurangnya kemauan atau akibat membuat keputusan yang buruk. Kimia otak berubah dengan kecanduan.

3 dari 4 halaman

Jenis Addicted

1. Kecanduan zat

Penyedia layanan kesehatan dan komunitas medis sekarang menyebut gangguan penggunaan zat kecanduan zat. Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5) dari American Psychiatric Association memiliki kriteria diagnostik yang konkret untuk gangguan penggunaan zat. Zat adalah obat-obatan yang memiliki potensi kecanduan. Mereka dapat berupa obat resep atau obat non-medis dan termasuk:

  1. Alkohol.
  2. Kafein.
  3. Ganja (ganja).
  4. Halusinogen, seperti PCP dan LSD.
  5. Hipnotik, sedatif, dan ansiolitik (obat anti cemas)
  6. Inhalan, seperti pengencer cat, semprotan aerosol, gas dan nitrit (poppers).
  7. Opioid resep dan non-resep, seperti kodein, oxycodone, dan heroin.
  8. Stimulan resep dan non-resep, seperti Adderall, kokain , dan metamfetamin.
  9. Tembakau/nikotin, seperti rokok Rokok dan rokok elektrik (e-rokok atau vaping).

Meskipun zat-zat ini sangat berbeda satu sama lain, semuanya sangat mengaktifkan pusat penghargaan di otak Anda dan menghasilkan perasaan senang. Penggunaan zat-zat ini dapat menyebabkan gangguan penggunaan zat (SUDs), etapi tidak selalu. SUD bisa ringan, sedang atau berat. Kecanduan adalah bentuk paling parah dari gangguan penyalahgunaan zat.

2. Kecanduan non-zat

Kecanduan perilaku dapat terjadi dengan aktivitas apa pun yang mampu merangsang sistem penghargaan otak Anda. Ilmuwan perilaku terus mempelajari persamaan dan perbedaan antara kecanduan zat, kecanduan perilaku, dan kondisi perilaku kompulsif lainnya seperti gangguan obsesif-kompulsif (OCD) dan bulimia nervosa .

DSM-5 saat ini hanya mengenali gangguan perjudian sebagai kecanduan perilaku yang dapat didiagnosis dalam subbagian "gangguan yang tidak terkait zat" dalam kategori "gangguan yang terkait zat dan kecanduan".

DSM-5 saat ini tidak menyertakan kecanduan perilaku lainnya karena kurangnya penelitian tentangnya. Namun, aktivitas atau kebiasaan apa pun yang menghabiskan banyak waktu dan berdampak negatif pada fungsi sehari-hari Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan mental, sosial, dan fisik yang signifikan, serta masalah keuangan dalam beberapa kasus.

Contoh aktivitas yang berpotensi membuat ketagihan meliputi:

  1. Berjudi.
  2. Makan.
  3. Berolahraga atau diet.
  4. Berbelanja.
  5. Mengutil atau perilaku berisiko lainnya.
  6. Berhubungan seks.
  7. Melihat pornografi.
  8. Video game.
  9. Menggunakan internet (seperti di ponsel atau komputer).
4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Addicted

Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin merekomendasikan kombinasi opsi perawatan untuk mengatasi Addicted, termasuk:

1. Manajemen rumah sakit : Zat-zat tertentu dapat menyebabkan penarikan yang berbahaya. Unit rumah sakit khusus mempraktikkan pemantauan dan terapi untuk merawat Anda saat Anda menjalani penarikan zat.

2. Obat-obatan : Obat-obatan tertentu dapat mengurangi dorongan, mengidam, dan gejala penarikan yang sedang berlangsung. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan mental lain, seperti gangguan bipolar atau depresi, penyedia layanan Anda juga dapat merawat mereka dengan obat-obatan.

3. Rehabilitasi (rehab) : Ini juga disebut "hidup seadanya" atau "perawatan perumahan." Penyedia menawarkan konseling terstruktur, pendidikan, dukungan dan dorongan selama rehabilitasi. Anda dapat tinggal di fasilitas rehabilitasi (rehabilitasi rawat inap) atau mengunjungi salah satu untuk sesi terjadwal (rehabilitasi rawat jalan). Layanan rehabilitasi fokus untuk membantu Anda mengelola kecanduan jangka panjang dan menjalani hidup yang lebih sehat.

4. Terapi : Beberapa jenis terapi membantu orang yang kecanduan mendapatkan perspektif baru dan mengubah perilaku mereka. Penyedia Anda mungkin merekomendasikan jenis psikoterapi (terapi bicara), seperti terapi perilaku kognitif atau terapi kelompok .

5. Kelompok pendukung : Banyak orang mengelola kecanduan dengan bantuan kelompok pendukung. Grup  mendukung anggota keluarga dan teman dari orang-orang dengan gangguan penggunaan napza. Grup ini menawarkan kesempatan kepada orang-orang untuk berbagi pengalaman dan mencari dukungan berkelanjutan.

Addicted adalah penyakit serius. Tanpa pengobatan, Addicted dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, bahkan kematian. Addicted juga dapat merusak hubungan pribadi, menyebabkan kesulitan keuangan dan menyebabkan masalah hukum. Kecanduan yang tidak diobati juga merugikan anggota keluarga, dan efeknya bisa bertahan selama beberapa generasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.