Sukses

Gimmick adalah Sesuatu yang Digunakan untuk Menarik Perhatian, Kenali Penggunaannya

Gimmick adalah alat atau trik yang digunakan untuk menarik perhatian.

Liputan6.com, Jakarta Gimmick adalah istilah yang mungkin sering kamu dengarkan belakangan ini. Istilah ini biasa digunakan pada suatu penampilan di televisi atau pertunjukan lainnya. Kamu mungkin lebih mengenali gimmick dengan makna seorang penampil di televisi melakukan gerak-gerik tipu daya untuk mengelabui lawan perannya.

Namun, istilah gimmick tidak hanya digunakan dalam dunia seni saja. Kamu bisa menemukan istilah gimmick ini di berbagai bidang, seperti tentunya di televisi, dalam dunia marketing, hingga dunia politik.

Gimmick adalah alat atau trik yang digunakan untuk menarik perhatian. Tidak heran istilah gimmick ini digunakan dalam berbagai bidang-bidang yang disebutkan sebelumnya, karena setiap bidang tersebut memang berkaitan dengan menarik perhatian orang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/1/2021) tentang gimmick adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gimmick adalah

Gimmick adalah kata bahasa Inggris yang disebut dengan istilah “gimik” dalam bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gimik atau gimmick adalah sesuatu (alat atau trik) yang digunakan untuk menarik perhatian. Gimmick adalah istilah umum yang merujuk kepada pemanfaatan kemasan, tampilan, alat tiruan, serangkaian adegan untuk mengelabui, memberikan kejutan, menciptakan suatu suasana, atau meyakinkan orang lain.

Dalam dunia markerting, gimik atau gimmick adalah salah satu strategi pemasaran suatu produk dengan menggunakan cara-cara yang tidak biasa agar cepat dikenal dan banyak diminati. Gimik juga dapat merujuk pada fitur produk yang membuatnya lebih menarik tetapi tidak penting untuk fungsi produk. Hal ini juga dapat merujuk kepada jenis tertentu iklan dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan produk, yang disebut gimik iklan.

Sementara itu, dalam seni, gimmick adalah gerak-gerik tipu daya aktor untuk mengelabui lawan peran. Di dunia hiburan, terutama di televisi, gimik atau gimmick adalah cara untuk menarik perhatian penonton dengan beragam cara seperti membuat adegan khusus, dandanan yang khas, musik, yel-yel, nyanyian, atau aktivitas lainnya. Adanya agen penonton bayaran menunjukkan bahwa acara hiburan di televisi membutuhkan penonton dalam jumlah besar yang dapat disuruh-suruh berteriak, ikut bernyanyi, menari-nari, dan bertepuk tangan untuk meyakinkan pemasang iklan bahwa acara yang disokong sangat meriah.

Selain itu, istilah gimmick juga sering kamu temukan di ranah politik. Tak jarang ditemui gimik yang dilakukan seorang politik dalam sebuah peristiwa yang mengharukan, menyentuh perasaan, dengan harapan menarik simpati sebanyak-banyaknya dari konstituen, meskipun peristiwa itu sudah diatur sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Gimmick dalam Marketing

Sebenarnya istilah gimmick adalah salah satu trik marketing yang dibuat untuk menarik perhatian pelanggan. Gimmcik adalah strategi untuk meningkatkan minat pelanggan agar tertarik pada suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Gimmick adalah sebuah strategi yang direyakasa sedemikian rupa oleh perusahaan dalam rangka mencapai target atau tujuan. Strategi pemasaran ini biasa dilakukan dalam dunia marketing untuk mencapai target penjualan suatu produk atau jasa.

Istilah gimmick mencuat kembali setelah banyak digunakan di media sosial, terutama karena pada selebgram, artis, bahakn tokoh politik menggunakan strategi ini. Tentunya berbeda dengan marketing yang ingin mencapai tager penjualan suatu produk, berbagai bidang lainnya memiliki tujuan tertentunya masing-masing. Namun, setiap tujuan tersebut tentunya memiliki koridor yang sama, yaitu untuk menarik perhatian.

Gimmick adalah alat atau trik untuk menarik perhatian banyak orang. Gimmick banyak digunakan saat ini karena memiliki dampak yang sangat baik untuk marketing, yaoti melekat kuat di ingatan banyak orang. Maka dari itu, banyak perusahaan yang menerapkannya sekarang ini. Apalagi, gimmick adalah suatu strategi yang hanya memerlukan kreativitas atau ide kreatif untuk melakukannya. Gimmick adalah strategi yang tidak memerlukan biaya atau hanya memerlukan biaya minim, sehingga disukai oleh banyak produsen atau pengiklan. Apalagi, ditambah dengan hasil yang cukup efektif.

4 dari 4 halaman

Gimmick di Televisi

Gimmick adalah istilah yang kerap kali kamu temukan saat menonton tv, terutama pada reality show. Gimmick adalah bumbu dari sebuah program televisi, yang berfungsi untuk meningkatkan minat para penonton untuk menonton program tersebut.

Di televisi, ada berbagai macam bentuk gimmick. Mulai dari adegan yang diperankan para pemain yang terlibat, contohnya mimik, intonasi, ekspresi, hingga kejutan-kejutan merupakan gimmcik. Selain itu, ada pula gimmick yang berupa musik ilustrasi hingga teks editing. Semua gimmick tersebut tentunya bertujuan untuk meningkatkan unsur dramatis di dalam suatu program televisi, sehingga banyak yang menonton. Namun, semua gimmick tersebut tentunya harus kamu pahami bahwa itu semua bersifat rekayasa.

Dengan adanya gimmick dalam suatu peogram televisi, maka hal ini dapat menambah popularitas program tersebut. Semakin populer suatu program televisi, maka akan semakin banyak pula iklan yang akan tayang pada program tersebut. Hal ini akhirnya tentu menjadi keuntungan juga bagi pihak televisi. Jadi, tidak heran gimmick akhir-akhir ini digunakan di reality show ataupun sosial media. Tentunya, penggunaan gimmick di televisi ini tidak boleh berlebihan dan harus sesuai dengan norma kesusilaan, hukum, dan ketentuan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.