Sukses

9 Fungsi Linkedin dan Cara Memulainya, Bantu Bangun Kredibilitas

Fungsi LinkedIn adalah bisa membantu pengguna membangun jaringan dan kredibilitasnya di dunia profesional.

Liputan6.com, Jakarta - LinkedIn adalah jaringan sosial profesional online terbesar di dunia yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil yang lengkap dengan pengalaman, keahlian, dan minat profesional. Apa sebenarnya fungsi LinkedIn?

Jaringan LinkedIn membantu pengguna untuk membangun jaringan dengan menambahkan orang-orang yang relevan, mengikuti topik dan perusahaan yang menarik, serta berpartisipasi dalam acara dan percakapan.

Selain itu, fungsi LinkedIn juga dapat digunakan sebagai platform pencarian pekerjaan, di mana pengguna dapat meriset perusahaan dan komunitas perekrutan, melamar pekerjaan secara langsung, serta menyimpan pencarian pekerjaan dan memberitahu koneksi dan perekrut bahwa mereka sedang mencari pekerjaan.

LinkedIn juga dapat digunakan untuk memposting konten dan berbagi pemikiran dengan anggota lain. Maka, dengan memposting konten yang relevan dan bermanfaat, pengguna dapat memberdayakan lingkaran profesional dan membangun reputasi sebagai ahli dalam bidangnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang fungsi LinkedIn dan cara memulainya, Selasa (9/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsinya

1. Profil profesional

Fungsi LinkedIn memungkinkan pengguna untuk membuat profil profesional mereka yang menunjukkan pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan mereka. Profil ini juga dapat menampilkan portofolio, testimoni, dan rekomendasi dari rekan kerja dan klien.

Dalam situs website resminya, dijelaskan LinkedIn adalah jaringan profesional online terbesar di dunia. Pengguna bisa menggunakan LinkedIn untuk menemukan lowongan dan kesempatan magang, terhubung dan memperkuat hubungan profesional, dan mempelajari keahlian yang dibutuhkan demi kesuksesan karier.

2. Jaringan dan penghubung

LinkedIn memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan profesional lain di bidang yang sama atau berbeda dan memperluas jaringan mereka.

3. Mencari pekerjaan

LinkedIn menawarkan fitur pencarian pekerjaan yang memungkinkan pengguna untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman mereka. Pengguna juga dapat mendaftar untuk menerima pemberitahuan pekerjaan terbaru.

4. Membangun merek pribadi atau personal branding

Fungsi LinkedIn memungkinkan pengguna untuk membangun merek pribadi mereka dengan menulis postingan, artikel, atau membagikan konten yang relevan dengan industri atau bidang mereka.

Dalam situs website resminya, dijelaskan bahwa LinkedIn adalah platform bagi siapa saja yang ingin memajukan karier. Ini dapat mencakup orang-orang dari berbagai latar belakang profesional, seperti pemilik usaha kecil, pelajar, dan pencari kerja.

Anggota LinkedIn dapat memanfaatkan kekuatan LinkedIn untuk memasuki jaringan profesional, perusahaan, dan grup di industri dan di luar industri mereka.

5. Mempelajari industri

LinkedIn menawarkan grup diskusi dan berita industri yang memungkinkan pengguna untuk memperluas wawasan mereka tentang industri tertentu.

6. Mempromosikan bisnis

Fungsi LinkedIn juga memungkinkan pengguna untuk mempromosikan bisnis mereka melalui halaman perusahaan, postingan, atau iklan berbayar.

7. Menemukan talenta

LinkedIn memungkinkan perusahaan untuk mencari karyawan potensial dengan menggunakan fitur pencarian talenta.

8. Menyelenggarakan dan mengikuti acara

Selain itu, fungsi LinkedIn memungkinkan pengguna untuk menyelenggarakan atau mengikuti acara virtual atau offline yang terkait dengan industri atau bidang mereka.

Dalam situs website resminya, dijelaskan pengguna juga dapat menggunakan LinkedIn untuk menyelenggarakan acara offline, bergabung dengan grup, menulis artikel, memposting foto dan video, dan banyak lagi.

9. Membangun kredibilitas

LinkedIn memungkinkan pengguna untuk membangun kredibilitas mereka dengan membagikan konten yang bermanfaat dan terlibat dalam diskusi dan komentar yang konstruktif. Ini dapat membantu meningkatkan reputasi dan otoritas pengguna di bidang mereka.

3 dari 3 halaman

Cara Memulainya

1. Membuat profil

Buatlah profil lengkap yang menyajikan pengalaman, keahlian, dan minat profesional kepada koneksi, penyedia kerja, dan perekrut.

Profil LinkedIn yang lengkap akan memperlihatkan pengalaman, keahlian, dan minat profesional seseorang kepada koneksi, penyedia kerja, dan perekrut.

Hal ini membantu meningkatkan kesempatan untuk ditemukan dan dihubungi oleh orang yang mencari tenaga kerja atau jasa profesional tertentu.

2. Membangun jaringan

Bangun jaringan dengan menambahkan keluarga, teman, teman sekelas, rekan kerja, atau mengikuti orang, perusahaan, atau topik di halaman Ikuti perspektif baru. Ikuti dan buat acara LinkedIn seperti lokakarya, seminar online, dan jaringan profesional.

Membangun jaringan di LinkedIn dilakukan dengan menambahkan keluarga, teman, teman sekelas, rekan kerja, atau mengikuti orang, perusahaan, atau topik di halaman Ikuti perspektif baru.

Selain itu, dengan mengikuti dan membuat acara LinkedIn seperti lokakarya, seminar online, dan jaringan profesional, seseorang dapat memperluas jaringan dan meningkatkan keterlibatan dengan komunitas.

3. Mencari pekerjaan

LinkedIn dapat digunakan untuk mencari peluang kerja baru. Riset perusahaan dan jangkau komunitas perekrutan, lamar pekerjaan langsung, simpan pencarian kerja, dan beritahu koneksi dan perekrut bahwa mencari pekerjaan.

LinkedIn adalah platform yang dapat digunakan untuk mencari peluang kerja baru. Dengan meriset perusahaan dan menjangkau komunitas perekrutan, seseorang dapat melamar pekerjaan langsung, menyimpan pencarian kerja, dan memberitahu koneksi dan perekrut bahwa sedang mencari pekerjaan.

4. Berpartisipasi dalam percakapan

Berpartisipasi dalam percakapan dengan mudah di LinkedIn, menyukai, mengomentari postingan dan artikel, bergabung dengan Grup LinkedIn, dan menggunakan reaksi LinkedIn untuk berkomunikasi dengan jaringan.

Berpartisipasi dalam percakapan di LinkedIn dilakukan dengan menyukai dan mengomentari postingan dan artikel, bergabung dengan Grup LinkedIn, dan menggunakan reaksi LinkedIn untuk berkomunikasi dengan jaringan. Hal ini memungkinkan seseorang untuk berbagi perspektif tentang masalah dan topik yang relevan dengan orang lain.

5. Memposting konten

Memberdayakan lingkaran profesional dengan memposting konten, berbagi pemikiran dan ide dengan anggota LinkedIn menggunakan kotak pembagian.

Memposting konten dan berbagi pemikiran dan ide dengan anggota LinkedIn menggunakan kotak pembagian, seseorang dapat memberdayakan lingkaran profesionalnya. Ini akan meningkatkan keterlibatan dengan komunitas, serta meningkatkan reputasi dan otoritas di bidang tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.