Sukses

6 Potret Uang Rupiah Zaman Dahulu Ini Kini Jadi Barang Antik, Masih Disimpan Rapi

Uang rupiah zaman dahulu yang bikin nostalgia masa lalu.

Liputan6.com, Jakarta Dari masa ke masa, uang Indonesia kerap alami perubahan. Bukan tanpa alasan, perubahan atau pergantian tersebut dilakukan adalah untuk menanggulangi permasalahan maraknya peredaran uang palsu.

Nominalnya tetap sama, perubahan pada uang biasanya hanya pada gambar pahlawan atau ukuran dari uangnya. Setiap alami perubahan, uang yang dicetak tentunya punya keunikannya tersendiri.

Sudah tidak lagi beredar dan diganti dengan uang baru, uang zaman dahulu yang masih disimpan rapi oleh beberapa orang bikin rasa rindu muncul. Tak dipungkiri memang banyak orang yang punya hobi mengoleksi uang dari negara lain ataupun uang rupiah jadul.

Unggah koleksi uang jadul rupiahnya di media sosial, uang rupiah jadul tersebut ajak netizen nostalgia masa lalu. Kini sulit ditemukan, uang jadul tersebut bisa dihargai jutaan ketika dijual.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret uang rupiah zaman dahulu yang bikin rindu masa lalu, Senin (8/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Dikeluarkan tahun 1961, uang dua setengah rupiah ini usianya sudah 62 tahun.

3 dari 7 halaman

2. Ada yang masih ingat dengan uang-uang zaman dahulu ini?

4 dari 7 halaman

3. Puluhan tahun usianya, uang jadul ini biasanya masih disimpan oleh nenek atau kakek yang lahir sebelum Indonesia merdeka.

5 dari 7 halaman

4. Uang Rp 1000 adalah salah satu uang yang sering alami perubahan, kira-kira uang Rp 1000 di gambar ini dikeluarkan tahun berapa ya?

6 dari 7 halaman

5. Anak yang lahir tahun 90-an pasti sudah mengenal uang koin gambar pohon kelapa sawit ini.

7 dari 7 halaman

6. Kini jadi barang antik yang sulit ditemukan, ini adalah uang 10 sen yang dikeluarkan tahun 1964.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.