Sukses

Desainer Adalah Perancang, Pahami Jenis-Jenis dan Tugasnya

Desainer adalah orang yang pekerjaannya merancang sesuatu. Sebagai contoh, orang yang bekerja untuk merancang model busana atau pakaian disebut dengan desainer fashion.

Liputan6.com, Jakarta Desainer adalah orang yang pekerjaannya merancang sesuatu. Sebagai contoh, orang yang bekerja untuk merancang model busana atau pakaian disebut dengan desainer fashion.

Desainer adalah profesi yang membutuhkan kreativitas. Seorang desainer biasanya memiliki keterampilan menggambar. Sebab hasil karya desain biasanya dihadirkan dalam bentuk gambar.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, desainer adalah kata yang memiliki relasi sinonimi dengan kata perancang. Dengan kata lain, desainer adalah orang yang pekerjaannya merancang sesuatu.

Dari serangkaian penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa desainer adalah seseorang yang merencanakan bentuk serta tampilan akan sesuatu atau merancang sesuatu.

Untuk lebih memahami apa itu desainer, berikut penjelasan selengkapbya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (28/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desainer Grafis atau Graphics Designer

Desainer adalah perancang. Lalu apa yang dirancang seorang desainer? Ada banyak hal yang dirancang seorang desainer, tergantung dia jenis desainer apa.

Sementara itu, ada banyak sekali jenis desainer, salah satunya desainer grafis atau graphic designer. Jenis desainer yang satu ini adalah profesi yang sangat berhubungan dengan ilustrasi, tipografi, fotografi atau animasi.

Intinya, desainer grafis akan bekerja untuk membuat karya dalam bentuk gambar untuk media elektronik, media cetak, penerbit dan sebagainya. Ini juga termasuk merancang brosur atau juga bisa iklan produk.

Desainer adalah orang yang bekerja untuk membuat rancangan grafis yang diperlukan untuk media elektronik, media cetak, dan sebagainya. Oleh karena itu, seorang desainer adalah orang yang harus memiliki keterampilan menggambar, keterampilan komunikasi untuk menafsirkan serta menegosiasikan brief yang diberikan klien, keterampilan presentasi untuk menjelaskan serta menjual ide kreatif ke klien atau rekan, keterampilan membentuk jaringan yang efektif serta keterampilan manajemen waktu.

Desainer grafis juga dapat dibedakan lagi menjadi beberapa jenis tergantung tugas yang dilakukannya. Adapun jenis-jenis desainer grafis adalah sebagai berikut:

1. Drafter

Drafter merupakan desainer khusus yang membuat rancangan bangunan atau arsitektur.

2. Editor

Editor merupakan desainer yang memiliki tugas khusus untuk membuat cover, banner, sampul dan lainnya. Editor juga bertugas membuat karya desain grafis seperti logo, pin, kartu nama, poster dan lain sebagainya.

3. Layouter

Layouter merupakan desainer grafis yang tugasnya membuat tatanan layout majalah, koran atau publikasi lain yang diharuskan memiliki feel untuk tata letak supaya enak untuk dilihat.

4. Art Director

Art director merupakan desainer yang tugasnya membuat karya seni dari komputer yang dapat dipakai untuk visual effects atau untuk hiasan.

5. Animator

Animator merupakan desainer grafis yang khusus bekerja dalam bidang iklan, motion graphic atau film fantasi. Seorang animator harus punya daya tahan yang tinggi, pengetahuan, pengalaman serta menguasai beberapa software.

6. Visualisator

Visualisator merupakan desainer grafis yang bertugas memberi gambaran suatu produk atau karya dalam bentuk real atau 3D. Visualisator harus punya kemampuan imajinasi yang tinggi.

3 dari 4 halaman

Desainer Fashion

Jenis desainer berikutnya adalah desainer fashion atu yang bisa juga disebut sebagai perancang busana. Desainer fashion biasanya akan membuat rancangan busana, untuk dibuat menjadi pakaian yang bisa digunakan kelak.

Oleh karena itu, selain membuat gambar rancangan busana yang akan dibuat, desainer fashion juga akan menentukan pola, warna dan bahan yang dipakai sebagai bagian dari rancangan yang dibuat.

Desainer Produk

Desainer adalah orang yang pekerjaannya merancang sesuatu. Sedangkan orang yang pekerjaannya membuat desain produk, maka dia disebut sebagai desainer produk. Desainer produk adalah pekerjaan yang berhubungan dengan langkah untuk menentukan tampilan visual suatu produk supaya bisa terlihat menarik untuk konsumen.

Desainer produk biasanya akan terlibat di pengembangan produk terbaru. Untuk itulah, seorang desainer produk harus dapat bekerja sama dengan orang dari banyak profesi. Contohnya seperti penjualan, insinyur, pembuat model, pemasaran dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Desainer Interior

Desainer adalah perancang. Sedangkan perancang tampilan dalam suatu ruangan disebut sebagai desainer interior. Desainer interior memiliki tanggung jawab untuk merancang serta memvisualisasikan desain ruang seperti keinginan klien.

Seorang desainer interior dituntut untuk bisa berpikir kreatif mengenai pemilihan warna, ruang serta pergerakan manusia. Desainer interior juga harus punya keterampilan berkomunikasi supaya bisa melakukan persuasi atau mengomunikasikan ide miliknya.

Desainer UI/UX

Ketika menggunakan suatu aplikasi pada ponsel, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa tampilan dan tata letak suatu aplikasi dibuat sedemikian rupa? Tata letak itu dibuat oleh seorang perancang yang disebut desainer UI/UX.

Desainer UI/UX atau desainer user interface/user experience adalah desainer yang sangat berhubungan dengan semua aspek interaksi antar konsumen dengan perusahaan, layanan serta produk lewat aplikasi digital atau web termasuk fungsi serta pemakaiannya.

Tidak hanya haru memahami desain, desainer UI/UX juga harus memahami bagaimana fungsi suatu aplikasi, hingga ke fitur aplikas.Tampilan aplikasi seperti tombol menu dan posisinya, warna dan alur kerja aplikasi, semuanya dirancang oleh desainer UI/UX.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.