Sukses

Doa Berpakaian dalam Islam, Pahami Juga Adabnya

Doa-doa berpakaian dalam Islam dan adab berpakaian dalam Islam.

Liputan6.com, Jakarta Doa berpakaian mungkin masih jarang diketahui oleh banyak umat muslim. Berpakaian dalam Islam sendiri  adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan seorang Muslim. Hal ini dikarenakan pakaian dapat mencerminkan identitas seseorang dan mempengaruhi perilaku serta tindakan yang dilakukan. Oleh karena itu, Islam mengatur tentang cara berpakaian yang sesuai dengan ajaran agama dan adab yang baik.

Dalam Islam, ada istilah doa berpakaian yang merupakan doa yang dibaca ketika seseorang akan mengenakan pakaian. Doa ini tidak hanya menjadi tuntunan bagi umat Islam dalam berpakaian, tetapi juga sebagai upaya untuk mengingatkan diri sendiri bahwa pakaian yang dikenakan harus selalu bersih dan sopan. Doa berpakaian dalam Islam memiliki banyak variasi, namun intinya sama yaitu meminta perlindungan Allah dari berbagai bahaya.

Selain itu, doa berpakaian juga memohon agar pakaian yang dikenakan dapat membawa keberkahan dan keselamatan. Dengan membaca doa berpakaian dalam Islam, umat Muslim diharapkan dapat selalu mengenakan pakaian yang bersih, sopan, dan sesuai dengan ajaran agama. Sehingga tidak hanya terlihat baik di mata manusia, tetapi juga mendapatkan keberkahan dan keberlimpahan dari Allah SWT.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang doa-doa berpakaian dalam Islam dan adab berpakaian dalam Islam, Senin (27/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa-Doa Berpakaian Bahasa Arab, Latin Dan Artinya

Dalam Islam, doa dan cara berpakaian memiliki hubungan erat. Pakaian dalam Islam haruslah menutupi aurat, yaitu bagian tubuh yang harus ditutupi agar terjaga kesopanan dan kehormatan seseorang. Aurat pada wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, sedangkan pada pria adalah dari pusar hingga lutut.

Berikut ini adalah beberapa doa berpakaian dalam bahasa Arab beserta transliterasi Latin dan artinya:

Doa ketika memakai pakaian:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلاَ قُوَّةٍ 

Alhamdu lillahi al-ladzi kasaani hadza wa razaqaniihi min ghairi hawlimminni wa la quwwah.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang memberikan pakaian ini dan memberi rizki kepadaku tanpa usaha dan kekuatan dariku sendiri.

Doa ketika memakai baju:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِيهِ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِّنِّي وَلاَ قُوَّةٍ 

Alhamdu lillahi al-ladzi kasaanihi wa razaqaniihi min ghairi hawlimminni wa la quwwah. 

Artinya: Segala puji bagi Allah yang memberikan baju ini dan memberi rizki kepadaku tanpa usaha dan kekuatan dariku sendiri.

Doa ketika memakai pakaian baru:

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ 

Allahumma lakal-hamdu anta kasawtaniihi, as-aluka min khairihi wa khairi ma suni'a lahu, wa a'udzu bika min sharrihi wa sharri ma suni'a lahu.

Artinya: Ya Allah, hanya untuk-Mu segala puji, karena Engkau yang memberikan pakaian baru ini. Aku memohon kebaikan bagi pakaian ini dan kebaikan yang dihasilkannya, serta aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang terkandung di dalamnya.

Doa ketika melepas pakaian:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ 

Bismillahi alladzi laa ilaha illa hu.

Artinya: Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya.

 
3 dari 3 halaman

Adab Berpakaian dalam Islam 

Adab berpakaian dalam Islam adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh umat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena pakaian merupakan penampilan luar yang dapat mempengaruhi persepsi orang lain terhadap diri kita, serta sebagai wujud ketaatan kita sebagai hamba Allah.

Adab berpakaian dalam Islam mencakup beberapa hal, di antaranya:

Menutup aurat dengan pakaian yang sopan dan tidak ketat.

"Allah tidaklah memperlihatkan kepada manusia sesuatu yang lebih baik daripada memperlihatkan kebaikan pada pemakaiannya, yaitu menutup aurat." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Tidak meniru gaya berpakaian orang kafir atau yang tidak sesuai dengan budaya Islam.

"Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Tidak memakai pakaian yang mencolok atau berlebihan, yang dapat menimbulkan perhatian dan mencuri perhatian dari ibadah dan tujuan yang sebenarnya.

"Berlebihan dalam segala sesuatu itu tidak baik." (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Memakai pakaian yang bersih dan rapi.

"Sesungguhnya Allah itu adalah baik dan Dia menyukai kebaikan, serta menyukai orang yang berpakaian rapi." (HR. Abu Daud)

Tidak memakai pakaian yang mengandung gambar atau tulisan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam.

"Allah melaknat wanita yang mengenakan pakaian yang ada gambar makhluk bernyawa." (HR. Bukhari dan Muslim)

Ayat yang berkaitan dengan adab berpakaian dalam Islam antara lain:

Surat Al-A’raf Ayat 26

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَٰرِى سَوْءَٰتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Artinya: Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.