Sukses

Cara Membuat Boneka Danbo yang Mudah Diikuti, Berikut Polanya

Cara membuat boneka danbo dapat dilakukan menggunakan kertas karton yang dibentuk menyerupai kerdus bekas.

Liputan6.com, Jakarta Danbo adalah boneka berbentuk menyerupai kardus bekas yang disusun menyerupai manusia. Karakter danbo pertama kali dibuat oleh perusahaan pembuat mainan Jepang, Kaiyodo, pada tahun 2004 dan menjadi sangat populer di kalangan penggemar anime dan manga di seluruh dunia. Bentuknya yang simpel dan mudah ditiru membuat cara membuat boneka danbo banyak dicari.

Cara membuat boneka danbo dapat dilakukan menggunakan kertas karton yang dibentuk menyerupai kerdus bekas. Wajah boneka danbo memiliki desain yang simpel namun ikonik berupa dua lingkaran sebagai mata dan segitiga sebagai mulutnya.  Desain wajah ini membuat karakter danbo seakan akan memiliki wajah yang datar.

Boneka danbo biasanya dijual dalam bentuk kit yang memungkinkan penggemar untuk membuatnya sendiri dengan cara memotong dan menyatukan bagian-bagian kardus. Boneka danbo yang sudah jadi dapat dipajang sebagai koleksi atau dimanfaatkan sebagai prop untuk membuat foto atau video. Namun harga mainan ini tergolong mahal, oleh sebab itu banyak yang mencari cara membuat boneka danbo sendiri.

Berikut cara membuat boneka danbo yang mudah diikuti beserta polanya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (20/3.2023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alat dan Bahan

  1. Karton atau kertas lain yang tebal
  2. Gunting
  3. Penggaris
  4. Pensil
  5. Spidol
3 dari 4 halaman

Cara Membuat Boneka Danbo

  1. Siapkan kertas yang akan digunakan sebagai bahan dasar boneka danbo. Pastikan kertas yang digunakan cukup kuat dan tidak mudah rusak.
  2. Gambar pola boneka danbo di atas kardus menggunakan pensil. Tiru pola yang ada di internet atau buat sendiri dengan referensi dari gambar boneka danbo. Buat beberapa sebagai cadangan.
  3. Potong kertas sesuai pola menggunakan cutter atau gunting. Pastikan memotong dengan hati-hati agar hasilnya rapi dan tidak rusak.
  4. Apa bila kertang yang digunakan sangat tebal, tekan bagian yang dilipat dengan cuter tapi jangang sampai terpotong.
  5. Bentuk bagian tubuh Danbo satu persatu. Pola nomor 01 dibentuk menjadi kepala danbo, Pola nomor 16 gunakan untuk membentuk tangan boneka danbo. Pola nomor 08 digunakan untuk membentuk badan dari boneka danbo. Untuk nomor 03 bentuklah sesuai dengan pola lalu rekatkan pada pola nomor 16
  6. Pola nomor 06 dibentuk seperti sebuah tabung yang berfungsi sebagai engsel penggerak boneka danbo dan gunakan pola nomor 07 sebagai penutupnya. Selanjutnya untuk tempat engsel gunakan pola yang bernomor 09.
  7. Sekarang gabungkan tangan dengan tempat engsel yang sudah anda buat sebelumnya
  8. Langkah berikutnya adalah menggabungkan badan dengan tangan (pola nomor 08)
  9. Dengan menggunakan pola nomor 15 bentuklah sebuah tabung dengan penutup lingkaran pada pola nomor 14. Selanjutnya gabungan pola-pola tersebut dengan pola bernomor 13. Hal ini akan membentuk engsel kepala.
  10. Selanjutnya gabungkan pola nomor 02 dengan engsel kepala
  11. Sekarang engsel kepala dan badan danbo harus direkatkan.
  12. Selanjutnya rekatkan engsel kepala dengan bagian kepala
  13. Pola nomor 02 dibentuk menjadi kaki
  14. Untuk membentuk engsel kaki bentuklah tabung dari pola no 17 dan gunakan pola no 05 sebagai penutupnya. Selanjutnya gabungkan dua kakinya dengan engsel.
  15. Kaki yang sudah jadi harus direkatkan pada bagian badan danbo
  16. Boneka danbo sudah selesai.
4 dari 4 halaman

Tips Membuat Boneka Danbo

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu cara membuat boneka danbo.

  1. Pastikan kertas yang digunakan cukup kuat dan tahan lama sehingga boneka danbo yang dibuat tidak mudah rusak atau robek. 
  2. Saat memotong bagian boneka dengan cutter atau gunting, pastikan Anda memotong dengan hati-hati agar hasilnya rapi dan tidak rusak. Gunakan penggaris atau alat bantu potong lainnya agar hasilnya lebih baik.
  3. Buat pola cadangan di atas kardus untuk memudahkan jika terjadi kesalahan saat membuat boneka. Pola cadangan akan memudahkan dalam membuat bagian boneka yang rusak.
  4. Wajah boneka danbo adalah bagian yang paling menonjol, sehingga pastikan Anda menggambar dengan detail dan rapi. Anda juga dapat mencari referensi gambar wajah boneka danbo di internet untuk memudahkan dalam menggambar.
  5. Saat memasang aksesoris seperti tangan dan kaki, pastikan lem yang digunakan cukup kuat untuk menempel dengan baik. Tempelkan aksesoris dengan cara menekan perlahan agar tidak terjadi kerusakan pada bagian boneka.
  6. Jangan terlalu banyak menggunakan lem saat menempelkan bagian boneka, karena dapat membuat lem menyebar ke bagian lain dan merusak hasil akhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.