Sukses

24 Cara Diet Alami dan Sehat, Badan Ideal Tanpa Efek Samping

Ada berbagai cara diet alami yang dapat dilakukan tanpa harus mengonsumsi obat.

Liputan6.com, Jakarta Cara diet alami dan sehat dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Diet alami ini penting untuk diketahui oleh masyarakat yang ingin memiliki tubuh ideal tanpa mengonsumsi obat maupun teknik diet yang ekstrem.

Cara diet alami memang tidak bisa instan seperti menggunakan obat, namun dengan menerapkan cara diet alami ini tidak akan menimbulkan efek samping bagi tubuh anda. Karena cara diet alami tetap memperhatikan panduan gizi yang seimbang.

Banyak orang tergiur mencoba berbagai macam diet agar berat badannya cepat berkurang. Padahal, diet cepat kurus sebenarnya kurang direkomendasikan. Selain tidak sehat, diet ini juga sulit dilakukan secara konsisten.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara diet alami dan sehat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Diet Alami dan Sehat

1. Konsumsi protein

Cara diet alami dan sehat yang pertama adalah dengan mengonsumsi banyak protein. Makanan kaya protein bisa membuat tubuh merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Protein yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah telur, ayam, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

2. Konsumsi buah dan sayur

Cara diet alami dan sehat yang selanjutnya adalah konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki fungsi untuk memenuhi asupan air, vitamin, dan mineral bagi tubuh. Buah dan sayur juga biasanya memiliki kepadatan karbohidrat yang sangat rendah.

3. Konsumi asupan serat

Cara diet alami berikutnya adalah mengonsumsi asupan serat. Makanan yang mengandung serat larut bisa membantu meningkatkan perasaan kenyang. Selain itu, banyak jenis serat dapat memberi makan bakteri usus yang baik.

4. Menghitung asupan kalori

Cara diet alami yang lainnya adalah menghitung asupan kalori. Caranya yang paling efektif adalah dengan mencatat semua apa saja kalori yang masuk, supaya bisa terkontrol dengan baik.

5. Kurangi karbohidrat

Ketika asupan karbohidrat dikurangi, rasa lapar akan turun, dan anda biasanya akan makan kalori yang jauh lebih sedikit. Cukup konsumsi karbohidrat kompleks dengan porsi yang terpantau.

6. Hindari makanan olahan

Salah satu cara diet alami adalah menjauhi jenis makanan ini. Makanan olahan bisa meningkatkan risiko makan berlebihan dan penyakit. Contoh makanan olahan seperti tepung putih, roti putih, nasi putih, soda, makanan ringan, dan junk food.

3 dari 5 halaman

Cara Diet Alami dan Sehat

7. Hindari makanan tinggi gula

Cara diet alami selanjutnya adalah hindari makanan tinggi gula. Makanan tinggi gula juga harus dihindari jika ingin menurunkan berat badan. Gula berlebih dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker.

8. Hindari minuman berkalori tinggi

Selanjutnya, cara diet alami adalah menghindari minuman berkalori tinggi. Soda, jus buah, dan minuman olahraga dan energi sering kali mengandung gula berlebih. Minuman berkalori tinggi lainnya termasuk alkohol dan kopi dengan tambahan, seperti latte yang mengandung susu dan gula.

9. Minum yang cukup

Minum air sebelum makan juga dapat membantu mengurangi jumlah yang dimakan. Mengganti minuman manis dengan air putih bisa membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi setiap hari.

10. Konsumsi lemak sehat

Cara diet alami yang berikutnya adalah konsumsi lemak sehat. Lemak sehat diperlukan untuk mendapatkan berat badan yang sehat. Lemak sehat yang bisa dikonsumsi adalah alpukat, minyak zaitun, dan ikan berlemak.

11. Banyak minum teh hijau

Cara diet alami yang lainnya adalah dengan banyak minum teh hijau. Minum teh hijau dikaitkan dengan peningkatan pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Supaya bisa efektif dalam program diem, konsumsilah teh hijau tanpa gula.

12. Minum kopi tanpa gula

Kopi termasuk minuman sehat yang sarat dengan antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya. Minum kopi dapat mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan tingkat energi dan jumlah kalori yang dibakar. Pilihlah kopi hitam tanpa tambahan gula.

4 dari 5 halaman

Cara Diet Alami dan Sehat

13. Tambah rempah

Cara diet alami yang lainnya adalah tambah rempah. Rempah ini termasuk cabai, merica, ketumbar, kayu manis, kunyit, dan lain sebagainya. Capsaicin pada cabai dan merica misalnya, bisa membantu meningkatkan metabolisme serta meningkatkan pembakaran lemak.

14. Makan perlahan

Mengunyah lebih lambat dapat membantu makan lebih sedikit kalori dan meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan. Sebaliknya, makan terburu-buru bisa meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi.

15. Konsumsi probiotik

Konsumsi probiotik merupakan cara menyeimbangkan bakteri usus. Probiotik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Kesehatan usus juga akan memengaruhi manajemen berat badan.

16. Gunakan piring kecil

Cara diet alami selanjutnya adalah dengan menggunakan piring kecil. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan piring yang lebih kecil membantu seseorang makan lebih sedikit. Piring yang lebih kecil dapat mengubah seseorang melihat ukuran porsi makanannya.

17. Sikat gigi teratur

Menyikat gigi bisa membantu mengurangi godaan ngemil di antara waktu makan. Hal ini dikarenakan banyak orang tidak suka makan setelah menggosok gigi. Ditambah, menyikat gigi bisa membuat makanan terasa tidak enak.

18. Tidur cukup

Cara diet alami yang berikutnya adalah tidur cukup. Dengan tidur cukup anda bisa mencegah penambahan berat badan di masa mendatang.

5 dari 5 halaman

Cara Diet Alami dan Sehat

19. Olahraga cukup

Cara diet alami adalah dengan berolahraga secara teratur. Penting untuk melakukan olahraga kardio seperti berlari atau berjalan. Dengan olahraga rutin, maka keringat akan banyak keluar.

20. Puasa

Puasa juga bisa menjadi cara diet alami dan sehat. Puasa intermiten misalnya, banyak digunakan untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari Medical News Today, puasa intermiten adalah pola makan yang melibatkan puasa jangka pendek teratur dan mengonsumsi makanan dalam jangka waktu yang lebih singkat di siang hari.

21. Hindari stres

Cara diet alami dan sehat yang lainnya adalah menghindari stres. Stres bisa menjadi salah satu faktor naiknya berat badan. Untuk menghindarinya, cobalah untuk yoga, relaksasi, atau berekreasi.

22. Fokus ubah gaya hidup

Diet adalah salah satu hal yang hampir selalu gagal dalam jangka panjang. Tak sedikit orang yang diet cenderung bertambah berat badan dari waktu ke waktu. Alih-alih hanya berfokus pada penurunan berat badan, jadikanlah sebagai tujuan utama untuk menutrisi tubuh dengan makanan dan nutrisi yang sehat.

23. Tambahkan telur ke diet anda

Telur adalah makanan penurun berat badan terbaik. Mereka murah, rendah kalori, tinggi protein dan sarat dengan segala macam nutrisi. Makanan berprotein tinggi terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang, dibandingkan dengan makanan yang mengandung lebih sedikit protein.

Selain itu, makan telur untuk sarapan dapat menyebabkan penurunan berat badan hingga 65% lebih besar selama 8 minggu, dibandingkan dengan makan bagel untuk sarapan. Ini juga dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori sepanjang hari

24. Memerangi kecanduan makanan anda

Kecanduan makanan melibatkan keinginan yang kuat dan perubahan kimiawi otak Anda yang membuat Anda lebih sulit untuk menolak makan makanan tertentu. Ini adalah penyebab utama makan berlebihan bagi banyak orang, dan memengaruhi sebagian besar populasi. Faktanya, studi tahun 2014 baru-baru ini menemukan bahwa hampir 20% orang memenuhi kriteria kecanduan makanan. Beberapa makanan jauh lebih mungkin menyebabkan gejala kecanduan daripada yang lain, seperti makanan cepat saji olahan yang tinggi gula, lemak, atau keduanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.