Sukses

Wallpaper Ramadhan untuk HP, Pengingat untuk Jaga Kualitas Ibadah

Memasang wallpaper ramadhan bisa menjadi salah satu cara agar ibadah puasa kita tetap terjaga dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Memasang wallpaper ramadhan bisa menjadi salah satu cara agar ibadah puasa kita tetap terjaga dengan baik. Apalagi, ada banyak hal yang bisa menjadi faktor yang dapat mengurangi pahala puasa kita.

Mengingat sebagian besar orang kini banyak mengoperasikan ponselnya, maka memasang wallpaper ramadhan di ponsel akan senantiasa mengingatkan kita mengenai ibadah puasa yang sedang kita jalankan.

Kita bisa memasang wallpaper Ramadhan yang berisi kata-kata mutiara, yang dapat memberikan motivasi agar kita dapat memperbanyak amal saleh di bulan suci ini. Selain itu, di bulan puasa, kita juga dianjurkan untuk meninggalkan hal-hal yang dapat merusak ibadah puasa seperti marah, ghibah, dan bergunjing.

Dengan kata lain, ibadah puasa di bulan Ramadhan tidak cukup hanya sekadar menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, mulai dari imsak hingga maghrib. Oleh karena itu, memasang wallpaper Ramadhan, yang berisi potongan hadits bisa menjadi pengingat dan menjaga kita untuk menghindari perbuatan yang dapat merusak puasa.

Berikut adalah sejumlah wallpaper Ramadhan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (27/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Puasa Ramdhan

Puasa Ramadhan adalah dilakukan selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 183 dijelaskan perintah atau hukum menjalankan ibadah puasa Ramadhan adalah wajib.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. al-Baqarah ayat 183)

Ayat tersebut menunjukkan bahwa ibadah puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang telah diperintahkan Allah SWT kepada kaum-kaum sebelum umat Nabi Muhammad SAW. Adapun tujuan dari puasa adalah untuk membentuk kepribadian seseorang menjadi pribadi yang bertakwa, yang hanya patuh dan tunduk kepada ketentuan Allah SWT dan rasul-Nya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjalankan ibadah puasa dengan khsuyuk dan hikmat. Untuk dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk, kita bisa memasang salah satu dari wallpaper Ramadhan ini, sehingga kita senantiasa untuk melakukan yang terbaik dalam menjalankan ibadah puasa.

3 dari 8 halaman

Mencintai Saudara

Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah beriman seseorang dari kalian sehingga dia mencintai untuk saudaranya sebagaimana dia mencintai untuk dirinya sendiri" (HR. Bukhari)

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ibadah puasa tidak hanya sekadar menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Puasa kita bisa saja tidak batal sampai maghrib, namun bisa saja tidak memiliki nilai atau tidak berpahala.

Dengan kata lain, yang kita dapatkan selama melakukan puasa hanya lapar dan haus saja, entah itu karena bergunjing atau ghibah. Wallpaper ramadhan tersebut, mengajarkan kita untuk mencintai saudara kita sesama muslim sebagai mencintai diri kita sendiri. dengan begitu hendaklah untuk tidak bergunjing atau ghibah.

Apalagi, ghibah dinilai seperti memakan bangkai saudaranya sendiri. Allah SWt berfirman dalam Surat Al-Hujurat ayat 12, yang artinya,

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."(QS. Al-Hujurat: 12)

4 dari 8 halaman

Jangan Marah

Selain bergunjing dan ghibah, marah juga menjadi salah satu hal yang dapat merusak pahala puasa. Tidak hanya itu, amarah juga membuat seseorang sulit untuk berpikir jernih, sehingga rentan untuk mengambil keputusan yang keliru.

Dengan wallpaper Ramadhan ini, kita akan senantiasa untuk mejaga diri dari amarah dan mengontrol emosi.

Ali bin Abi Thalib mengatakan, "Jangan pernah membuat keputusan dalam kemarahan dan jangan membuat janji pernah membuat janji dalam kebahagiaan."

5 dari 8 halaman

Tetap Tegakkan Shalat

Ketika berpuasa, kita akan sering merasa lemas karena kurangnya asupan makanan jika dibandingkan asupan yang kita dapatkan di bulan-bulan sebelumnya. Maka tidak mengherankan jika kita akan mudah mengantuk dan lebih banyak menghabiskan waktu.

Meski tidurnya orang puasa dinilai sebagai ibadah, namun jangan sampai kita terlalu lama tidur sampai meninggalkan shalat. Apalagi shalat adalah ibadah wajib, dan tidak boleh ditinggalkan.

Oleh karena itu, agar kita senantiasa untuk menegakkan shalat, pasang wallpaper Ramadhan ini.

6 dari 8 halaman

Tetap Istiqomah

Di awal Ramadhan, biasanya masjid akan langsung menjadi ramai. Namun setelah Ramadhan mulai berlalu hingga menjelang Idul Fitri, masjid biasanya akan berangsur-angsur sepi karena sebagian besar jemaah yang semangat di awal Ramadhan mulai tidak istiqomah.

Padahal, ibadah yang sedikit namun dilakukan secara istiqomah lebih baik daripada ibadah yang banyak namun hanya dilakukan sesekali. Jika kamu adalah sosok yang memiliki masalah dengan konsistensi, maka pasanglah wallpaper Ramadhan ini.

Wallpaper Ramadhan ini akan senantiasa mengingatkan kamu untuk menjalani rangkaian ibadah di bulan Puasa secara istiqomah.

7 dari 8 halaman

Kutipan Al-Quran

Puasa memang ibadah yang sulit. Kita harus menahan diri dari rasa lapar dan dahaga mulai dari imsak sampai maghrib. Sementara itu, kita juga dituntut untuk tetap menjalankan rutinitas kita baik untuk bekerja, sekolah, maupun kuliah.

Tentu saja, aktivitas yang biasanya bis akita lakukan dengan mudah, akan menjadi semakin sulit ketika dilakukan di bulan Ramadhan. namun percayalah bahwa setelah kesulitan yang kita lalui akan datang kemudahan dan kenikmatan, sebagaimana janji Allah SWT.

Dengan memasang wallpaper Ramadhan yang berisi kutipan Surat Al-Insyirah ini, maka kita akan senantiasa untuk berjuang dan berusaha melakukan yang terbaik, baik dalam hal ibadah maupun dalam pekerjaan, karena kita meyakini bahwa Allah telah berjanji akan memberikan kemudahan.

8 dari 8 halaman

Niat Puasa

Salah satu hal terpenting dalam berbagai bentuk ibadah, termasuk puasa adalah niat. Niat adalah sesuatu yang membuat suatu perbuatan bernilai ibadah atau tidak. Niat pula yang membedakan suatu bentuk ibadah dengan ibadah lainnya.

Oleh karena itu, sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan, pastikan telah membaca niat puasa sebelum imsak. Jika belum tahu bagaimana bacaan niat puasa, kamu bisa memasang wallpaper Ramadhan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.