Sukses

Apa Itu World Water Council? Ini Agenda dan Tujuan Kunjungan Mereka di Indonesia

World Water Council adalah sebuah organisasi yang didirikan di Prancis yang memiliki agenda berskala internasional terkait permasalahan krisis air.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerima delegasi World Water Council dan menyampaikan pesan bahwa air kini menjadi salah satu krisis yang dihadapi dunia global. Lalu apa itu World Water Council? Apa saja tujuan mereka?

World Water Council adalah sebuah organisasi yang didirikan di Prancis yang memiliki agenda berskala internasional. Adapun agenda utama World Water Council adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah air kritis.

Kesadaran masyarakat tentang adanya krisis air yang tengah dihadapi dunia global ini dihadapkan dapat memberikan pengaruh kepada pemerintah, termasuk pemerintah Indonesia agar dapat menghasilkan keputusan dan kebijakan terkait krisis air ini.

Dengan keputusan dan kebijakan pemerintah diharapkan bahwa masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya terhadap air yang berkualitas dan dalam jumlah yang memadai, sehingga cukup untuk memungkinkan pembangunan manusia yang berkelanjutan.

Tentu untuk mewujudkan hal ini, diperlukan kerja sama antaralembaga, baik antarlembaga pemerintahan, perusahaan swasta dengan pemerintah, pemerintah suatu engara dengan pemerintah negara lain, dan sebagainya.

Untuk lebih memahami apa itu World Water Council, berikut adalah penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (15/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

World Water Council

World Water Council merupakan sebuah organisasi yang didirikan di Prancis dan memiliki perhatian besar terhadap permasalah krisis air yang dihadapi dunia global. World Water Council merupakan organisasi yang terdiri atas sejumlah organisasi skala internasional yang memiliki perhatian khusus terkait isu-isu terkait air.

Sebagai organisasi payung bagi komunitas pemerhati air, World Water Council bermaksud untuk menyatukan organisasi-organisasi yang terkait agar dapat memberikan dampak yang lebih besar kepada berbagai kelompok yang bekerja pada isu yang sama.

Dengan kata lain, World Water Council adalah organisasi yang mewakili 300 anggotanya yang tersebar di semua sektor, aktivitas, dan wilayah di dunia. World Water Council memiliki anggota majelis umum yang bertugas untuk memutuskan manajemen, kegiatan, dan program Dewan. Adapun salah satu program dari World Water Council adalah World Water Forum.

3 dari 4 halaman

World Water Forum

World Water Forum merupakan event berskala internasional, yang diselenggarakan World Water Council dengan bekerja sama dengan negara yang menjadi tuan rumah. World Water Forum ini diselenggarakan secara rutin setiap tiga tahun sekali.

Perlu diketahui, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah World Water Forum yang ke-10. Forum tersebut akan diselenggarakan di Bali pada 18-24 Mei 2024. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah World Water Forum berdasarkan Sidang Umum World Water Council (WWC), 19 Maret 2022 di Dakar, Senegal.

World Water Forum menyediakan platform unik di mana komunitas air dan pembuat keputusan utama dapat berkolaborasi dan membuat kemajuan jangka panjang dalam menghadapi tantangan air global. Forum ini mempertemukan peserta dari semua tingkatan dan bidang, antara lain termasuk politisi, lembaga multilateral, akademisi, masyarakat sipil, dan sektor swasta.

Adapun tujuan agenda dan tujuan dari World Water Forum antara lain adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengangkat pentingnya air dalam agenda politik;

2. Untuk meningkatkan kesadaran di antara para pembuat keputusan, air dan profesional lainnya, media dan masyarakat luas tentang masalah air dunia yang menjadi perhatian kritis;

3. Mendukung pendalaman diskusi menuju penyelesaian masalah air internasional;

4. Untuk menyediakan platform untuk bertukar pandangan, informasi dan pengetahuan tentang isu-isu terkini dan informasi terkait air global;

5. Untuk menyajikan pengetahuan tentang penilaian air global, tantangan dan solusi potensial;

6. Untuk menghasilkan komitmen politik untuk perbaikan pengelolaan air.

4 dari 4 halaman

10th World Water Forum Indonesia

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Indonesia terpilih untuk menjadi tuan rumah 10th World Water Forum. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah berdasarkan Sidang Umum World Water Council (WWC), 19 Maret 2022 di Dakar, Senegal.

Kegiatan puncak 10th WWF akan dilaksanakan di Bali pada 18-24 Mei 2024. Sebagaimana diketahui, WWF merupakan kegiatan pertemuan internasional terbesar di bidang air yang diselenggarakan setiap 3 (tiga) tahun sekali dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Pada 12 Januari 2023, Presiden RI telah mengeluarkan Keppres No. 1 Tahun 2023 tentang Panitia Nasional Penyelenggara World Water Forum ke-10 tahun 2024 yang diketuai oleh Menko Marves (Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional) dengan Ketua Harian Menteri PUPR.

WWF ke-10 mengangkat tema-tema Water for Shared Prosperity dengan beberapa sub tema yang akan dibahas beserta PIC:

1. Water for Humans and Nature: KLHK

2. Water Security and Prosperity: BNPB

3. Disaster Risk Reduction and Management: BMKG

4. Cooperation and Hydro Diplomacy: Kemenko Perekonomian

5. Water and Innovative Finance: Kemen PUPR

6. Knowledge and Technologies: BRIN

 

Dari serangkaian penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa World Water Council merupakan wadah bagi organisasi-organisasi yang memiliki perhatian besar terhadap isu air. Salah satu agenda World Water Ciuncil adalah menyelenggarakan World Water Forum dengan bekerja sama dengan negara tuan rumah. Indonesia telah terpilih untuk menjadi tuan rumah World Water Forum yang ke-10. Forum tersebut akan diselenggarakan di Bali pada 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.