Sukses

13 Manfaat Jus Semangka, Mengurangi Inflamasi dan Tingkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat jus semangka membantu mencegah dehidrasi, serta memelihara keseimbangan cairan dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Jus semangka adalah minuman yang dibuat dari buah semangka. Jus ini memiliki rasa segar dan mudah dijumpai saat musim panas. Manfaat jus semangka sangat baik bagi kesehatan, seperti menjaga hidrasi, membantu detoksifikasi, dan membantu mencegah berbagai penyakit. 

Dalam pembuatannya, sangat penting untuk memilih semangka yang matang dan bersih, karena memakan semangka yang tidak matang dapat menimbulkan rasa tidak enak juga efek samping. Jus semangka sangat populer sebagai minuman sehat dan sangat disukai oleh banyak orang. Selain itu, jus semangka juga dapat menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tubuh.

Manfaat jus semangka merupakan sumber vitamin C, vitamin A, dan antioksidan, dan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga membantu dalam hidrasi dan membantu membersihkan sistem pencernaan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat jus semangka, bisa menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan jantung. Namun, perlu diingat bahwa jus semangka yang dibuat dengan tambahan gula atau madu kurang baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya mengonsumsi jus semangka dengan bahan-bahan alami dan tanpa tambahan gula.

Secara umum, jus semangka adalah pilihan minuman yang baik dan sehat. Namun, konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai diet baru, atau mengonsumsi jus semangka secara rutin sangat disarankan untuk memastikan bahwa sesuai dengan kebutuhan, dan kondisi kesehatan masing-masing individu.

Berikut ini manfaat jus semangka yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/2/2023). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jus Semangka

Jus semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Berikut adalah beberapa manfaat utama jus semangka:

1. Kandungan air tinggi

Manfaat jus semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sekitar 92%  sehingga membantu mencegah dehidrasi dan membantu memelihara keseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Antioksidan

Semangka mengandung antioksidan seperti likopen dan vitamin C, yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Likopen, yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat, membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mencegah beberapa jenis kanker.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat semangka yang mengandung potassium tinggi, dapat membantu mengurangi tekanan darah dan membantu mencegah risiko stroke. Potassium membantu mengatasi efek negatif dari sodium, yang dapat meningkatkan tekanan darah.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Likopen yang terkandung dalam semangka, membantu menurunkan risiko penyakit jantung juga mengurangi pembentukan plak, dan membantu mengurangi stres oksidatif pada pembuluh darah.

5. Mengurangi inflamasi

Semangka mengandung asam amino arginin, yang membantu mengurangi inflamasi dan membantu menjaga kesehatan jantung. Arginin akan memproduksi oksida nitrat, yang bisa melebarkan pembuluh darah dan membantu meningkatkan aliran darah.

6. Membantu detoksifikasi

Manfaat jus semangka membantu membersihkan ginjal dan hati, mempercepat proses detoksifikasi dan membantu menjaga kesehatan organ internal. Hal ini karena semangka membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari tubuh, membantu memelihara fungsi ginjal dan membantu memperbaiki kinerja hati. 

7. Membantu mencegah kanker

Semangka mengandung antioksidan dan zat anti-inflamasi, yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif dan membantu mencegah perkembangan sel kanker. Likopen dalam semangka juuga bisa mencegah perkembangan sel kanker prostat, dan membantu mencegah kanker payudara.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Semangka

8. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat jus semangka yang mengandung vitamin A dan lutein, membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah kerusakan pada mata, yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin A membantu menjaga kesehatan retina, serta meningkatkan penglihatan dalam kondisi gelap. Sementara itu, lutein membantu melindungi mata dari kerusakan, yang disebabkan oleh sinar UV dan membantu mencegah degenerasi makula.

9. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat jus semangka yang mengandung vitamin C tinggi, membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Vitamin C juga membantu memproduksi kolagen, yang membantu mempertahankan elastisitas kulit dan membantu mencegah keriput.

10. Meningkatkan kesehatan tulang

Semangka mengandung magnesium tinggi, sehingga membantu mempertahankan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Magnesium membantu menjaga keseimbangan kalsium dalam tubuh, dan membantu mempertahankan kekuatan tulang. 

11. Mencegah dehidrasi

Semangka mengandung tinggi air dan elektrolit, membuat jus semangka menjadi minuman yang sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Minum jus semangka setelah berolahraga atau pada saat cuaca panas, akan membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang dari tubuh, menjaga keseimbangan cairan tubuh, juga menjaga hidrasi tubuh.

12. Meningkatkan sistem kekebalan

Semangka mengandung vitamin C yang tinggi, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi. Vitamin C membantu memproduksi sel-sel darah putih, melawan infeksi dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

13. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat jus semangka mengandung potassium tinggi, sehingga membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah hipertensi. Potassium menjaga tekanan darah tetap stabil, dan membantu mencegah masalah jantung.

Dengan meminum jus semangka secara teratur, kita dapat memanfaatkan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah semangka. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan jumlah asupan gula dan kalori dalam jus semangka, dan sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Jus Semangka

Baiklah, berikut adalah panduan yang lebih detail dan spesifik untuk membuat jus semangka:

Bahan-bahan:

- 1 buah semangka (segar, matang dan bersih)

- Air es seperlunya

- Es batu (opsional)

- Blender

- Saringan atau kain kasa

Langkah-langkah:

- Bersihkan semangka dengan air bersih dan keringkan, lalu potong bagian atas dan bawah semangka dan buang bagian-bagian tersebut.

- Potong semangka menjadi beberapa bagian, dan buang bagian dalam yang berwarna putih dan biji-bijinya.

- Masukkan potongan semangka ke dalam blender, lalu tambahkan air es sedikit demi sedikit sesuai selera. Jika ingin jus lebih kental, tambahkan sedikit air, tetapi jika ingin jus lebih encer, tambahkan lebih banyak air.

- Nyalakan blender dan blend semangka dan air hingga halus dan lembut. Blend selama 1-2 menit hingga semua potongan semangka tercampur dengan baik, kemudian saring jus melalui saringan atau kain kasa untuk menghilangkan serat-serat.

Varian 1: Jus Semangka & Jahe

- 1 buah semangka (segar, matang dan bersih)

- Air es seperlunya

- Es batu (opsional)

- 2 cm jahe kasar

- Blender

- Saringan atau kain kasa

Langkah-langkah:

- Bersihkan semangka dan jahe dengan air bersih dan keringkan, lalu potong bagian atas dan bawah semangka dan buat jadi beberapa bagian.

- Kupas kulit jahe dan potong-potong kasar, lalu masukkan potongan semangka dan potongan jahe ke dalam blender.

- Tambahkan air es sedikit demi sedikit sesuai selera, dan jika ingin jus lebih kental tambahkan sedikit air, tetapi jika ingin jus lebih encer, tambahkan lebih banyak air.

- Nyalakan blender dan blend semangka, jahe, dan air hingga halus dan lembut. Blend selama 1-2 menit hingga semua potongan semangka dan jahe tercampur.

- Saring jus melalui saringan atau kain kasa untuk menghilangkan serat-serat. Saringan harus ditempatkan di atas wadah yang lebar.

- Tuang jus yang sudah difilter ke dalam gelas. Jika ingin, tambahkan es batu.

- Sajikan dan nikmati jus semangka & jahe yang segar, menyegarkan, dan memiliki rasa pedas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.