Sukses

15 Manfaat Kulit Semangka, Jangan Langsung Dibuang

Manfaat kulit semangka tidak kalah dengan buahnya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kulit semangka memang masih sangat jarang diketahui oleh banyak orang, walaupun memiliki segudang manfaat yang tidak kalah dengan manfaat buahnya. Alasan banyak orang menghindari kulit putih pada semangka adalah karena berpikir bahwa bagian ini tidak dapat dimakan dan tidak memiliki nutrisi.

Padahal pada kenyataannya, kulit semangka memiliki nutrisi yang banyak dan berguna untuk tubuh. Manfaat kulit semangka tidak hanya untuk kesehatan namun juga berguna untuk kecantikan serta menyembuhkan beberapa gangguan kesehataan.

Masih jarangnya orang yang mengetahui manfaat kulit semangka, mengakibatkan kulit semangka seringkali langsung dibuang setelah dimakan buahnya. Jika anda belum pernah mencoba makan kulit semangka sebelumnya, maka anda telah kehilangan salah satu bagian terbaik dari buah semangka karena banyaknya manfaat kulit semangka yang bisa didapat.

Menjadi salah satu buah favorit bagi banyak orang karena rasanya yang manis, dingin dan juicy serta manfaatnya yang banyak. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, manfaat kulit semangka yang dapat berguna untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, Kamis (14/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Semangka Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari kulit semangka yang telah terbukti secara medis.

1. Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat kulit semangka yang pertama adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kulit semangka sangat kaya akan potasium, yang dapat membantu dalam menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh. Dimana telah dibuktikan secara medis bahwa Kalium adalah nutrisi yang dapat membantu mengurangi risiko hipertensi atau serangan jantung.

2. Membantu mengendalikan gula darah

Manfaat kulit semangka tidak hanya menurunkan hipertensi namun juga mampu untuk mengendalikan gula darah. Semangka sangat cocok sebagai camilan ringan untuk para penyandang diabetes. Hal ini karena kandungan kalium dan magnesium yang membantu meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh. Hal ini turut berkontribusi terhadap menurunnya kadar gula darah mengingat kandungan gula dalam kulit semangka tidak sebanyak buah semangka.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat kulit semangka untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sama seperti buahnya, kulit semangka juga kaya akan serat yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kulit semangka juga sangat disarankan untuk anda yang mengalami konstipasi atau sembelit dengan cara konsumsi kulit semangka secara teratur.

4. Mencegah Penyakit Kronis

Masih sangat jarang diketahui manfaat kulit semangka yang selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit kronis, hal ini karena kandungan sitrulin dan likopen di dalam daging putih semangka bisa bantu menetralkan radikal bebas yang ada dalam tubuh sebelum menyebabkan mutasi sel. Radikal bebas sendiri diketahui dapat memicu beberapa penyakit kronis seperti kanker dan tumor.

5. Membantu Meredakan Peradangan

Manfaat kulit semangka yang bisa digunakan untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah untuk meredakan peradangan. Dimana kulit semangka memiliki kandungan likopen di dalam dagingnya yang berwarna putih yang berfungsi untuk mengatasi serta meredakan peradangan. beta karoten yang terdapat pada bagian putih semangka dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan gangguan usus besar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Semangka Untuk Kecantikan

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kulit semangka juga bisa digunakan untuk kecantikan yaitu membantu menurunkan berat badan. Dimana saat anda mengkonsumsi kulit semangka, tubuh selain mendapat banyak nutrisi juga mendapat banyak serat yang berfungsi membuat anda merasa kenyang lebih lama. Kalori dalam kulit semangka juga membuat anda merasa lebih cepat kenyang dan mempermudah proses penurunan berat badan anda.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kulit semangka untuk kecantikan berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Dimana dalam kulit semangka terdapat banyak kandungan likopen, flavonoid, dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Sehingga konsumsi kulit semangka dapat  meningkatkan tekstur kulit menjadi lebih kenyal dan juga mencegah berbagai kondisi penuaan kulit seperti keriput, noda, dan bintik-bintik hitam.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat kulit semangka selanjutnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan rambut. Kandungan vitamin A dan C dalam kulit semangka berperan penting dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit rambut menjadi tetap sehat serta kuat. Rambut juga menjadi lebih lebat dan halus dengan konsumsi kulit semangka secara teratur.

9. Meningkatkan Libido

Manfaat kulit semangka yang mungkin sudah banyak diketahui adalah untuk meningkatkan libido pria. Kemampuan kulit semangka untuk meningkatkan libido ini berasal dari kandungan asam amino citrulline yang dapat meningkatkan libido dan membantu mempertahankan ereksi. Dalam beberapa penelitian lain juga turut menunjukan kulit semangka dapat membantu pria dengan disfungsi ereksi ringan hingga sedang.

10. Bagus Untuk Berolahraga

Manfaat kulit semangka berikutnya didapat dengan mengkonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga. Makan kulit semangka sebelum berolahraga dapat mendorong anda menjalani aktivitas dengan mudah karena kulit semangka dapat meningkatkan pergerakan oksigen ke otot. Sedangkan konsumsi setelah olahraga dapat membantu mengatasi nyeri pada sendi dan otot sehingga membuat tubuh merasa lebih nyaman.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Semangka Untuk Tubuh Lainnya

11. Menjaga Kehamilan Pada Ibu Hamil

Manfaat kulit semangka berikutnya yang masih sangat jarang diketahui adalah untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Dalama beberapa studi menunjukan bahwa kulit semangka dapat mengurangi keluhan morning sickness yang menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu hamil seperti mual. Konsumsi kulit semangka juga mengurangi pembengkakan yang berhubungan dengan kehamilan karena kandungan kalsiumnya yang tinggi.

12. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Manfaat kulit semangka lainnya adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Semangka memiliki kandungan air dan elektrolit sebesar 92 persen yang sangat membantu untuk menghidrasi tubuh dan mencegah dehidrasi. Kandungan kulit semangka juga efektif untuk menurunkan suhu tubuh saat demam dan merangsang pelepasan kelebihan cairan sehingga cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

13. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kulit semangka berikutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena, kulit putih pada semangka memiliki kandungan vitamin A, C, potassium, dan antioksidan.  Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah dampak buruk dari radikal bebas.  Dengan mengonsumsi daging putih semangka secara teratur, risiko terkena penyakit infeksi bisa lebih diminimalkan.

14. Kaya Serat

Manfaat kulit semangka yang kaya serat tidak hanya untuk menurunkan berat badan. Serat dalam kulit semangka juga membantu proses pencernaan dengan memudahkan perjalanan makanan. Ini mencegah sembelit dan kondisi pencernaan lainnya. Serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

15. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Manfaat kulit semangka yang terakhir adalah dapat mencegah pembentukan batu ginjal, memiliki kandungan kalium yang tinggi, kulit semangka membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal. Kalium juga diketahui dapat mengurangi asam urat dalam darah. Dengan begitu, risiko pembentukan batu ginjal pun ikut berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.