Sukses

Sempat Disangka Terkena Guna-Guna, Wajah Wanita Ini Berubah Jerawatan Parah

Ada yang menyebutnya terkena guna-guna hingga penyakit ain.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang dituntut untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan sehat. Salah satu caranya dengan menggunakan skincare. Penggunaan skincare sendiri bisa dimulai sejak remaja, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan sesuai usia.

Ada banyak rekomendasi skincare untuk remaja yang bagus. Namun harus pintar dalam memilih produk skincare. Sebab kamu harus mengetahui kandungan pada skincare yang cocok dengan kulitmu agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Alih-alih merawat wajah, salah skincare justru menambah masalah pada wajah.

Terlebih jika skincare yang kamu pakai mengandung merkuri, akan menjadi lebih berbahaya. Seperti baru-baru ini yang dialami oleh seorang wanita bernama Raja Balqis Nabila ini. Wanita asal Malaysia itu membagikan potret wajahnya dengan penuh jerawat di media sosia TikTok.

Terlihat hampir seluruh wajahnya dipenuhi dengan jerawat batu. Niat hati ingin mendapat wajah yang mulus, Raja Balqis Nabila malah berjerawat usai menggunakan produk kecantikan yang mengandung merkuri. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (1/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semat Dikira Terkena Guna-Guna dan Penyakit Ain

Salah satu zat yang sebaiknya diwaspadai ketika membeli produk kecantikan adalah merkuri. Seperti diketahui jika merkuri merupakan zat berbahaya yang bisa merusak kulit. Efek merkuri ini tak bisa dirasakan langsung hanya dalam hitungan hari.

Efek merusak kulit secara langsung dari zat merkuri biasanya muncul beberapa pekan atau tahun kemudian. Wajah yang dulu terlihat halus bisa berubah menjadi penuh bercak bahkan jerawat karena efek merkuri.

Raja Balqis Nabila pun bercerita jika dirinya menggunakan produk bermerkuri selama satu bulan. Hasilnya diawal pemakaian, kulit menjadi mulus dan glowing. Ia tak menyangka kulit glowing itu hanya sesaat dan seketika wajahnya berubah dipenuhi jerawat.

"Saya terpengaruh memakai produk itu walau sudah tahu ada merkuri. Saya tau dari selebgram dan terjebak ingin ikut coba," kata wanita tersebut seperti dikutip Liputan6.com dari Mstar, Rabu (1/2/2023).

Bahkan jerawat parah itu pun sempat membuat dirinya disebut tergena guna-guna. Ada pula yang menyebut jika Raja Balqis Nabila juga terkena penyakin ain.

"Ada yang sebut saya terkena guna-guna orang. Ada juga yang bilang kena penyakit ain" kata Raja Balqis Nabila

3 dari 3 halaman

Memberi Nasihat

Berprofesi sebagai Makeup Artist (MUA) ia terkadang sering merasa tidak percaya diri memoles wajah klien ketika wajahnya sedang berjerawat parah. Namun wanita 27 tahun itu juga menyebut klien tidak pernah bertanya soal jerawat karena mungkin tidak ingin menyinggungnya.

Meski kondisi mengalami jerawat parah, sang suami menerima kekurangannya dan selalu memberikan semangat pada Raja Balqis Nabila. Ia juga memberikan pesan pada orang-orang mengenai bahayanya merkuri. Raja Bilqis Nabila berharap tidak ada lagi orang yang bernasib sama dengan dirinya yang mengalami jerawat parah karena merkuri.

"jadi tolonglah jangan pakai produk macam ini. Buatlah pilihan bijak. Kulit saya memang dari dulu sensitif, jadi bila pakai produk macam ini jadi makin menipis dan merah," tutur wanita yang berprofesi sebagai MUA tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.