Sukses

Syafakillah Syifaan Ajilan Syifaan La Yughadiru Ba Dahu Saqaman, Doa Memohon Kesembuhan

Syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman artinya memohon kesempuan untuk orang lain (perempuan).

Liputan6.com, Jakarta - Syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman doa apa? Syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman adalah doa memohon kesembuhan hanya kepada Allah SWT untuk orang lain

Doa syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman artinya semoga Allah SWT memberi kesembuhan kepadamu (perempuan) secepatnya, dengan kesembuhan yang tidak ada sakit selepasnya.

Bagaimana jawaban doa syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman tersebut?

Jawaban doa syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman adalah “aamiin” (kabulkanlah ya Allah). Bisa pula dijawab dengan “jazaakumullah khairan” (semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan).

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman, Selasa (31/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Syafakillah Syifaan Ajilan Syifaan La Yughadiru Ba Dahu Saqaman

Syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman adalah doa memohon kesembuhan ketika seorang muslim tengah ditimpa sakit. Doa syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman artinya apa?

Doa syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman artinya semoga Allah SWT memberi kesembuhan kepadamu secepatnya, dengan kesembuhan yang tidak ada sakit selepasnya. Syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman umumnya dibaca guna memohon kesembuhan untuk orang lain.

Adanya doa syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman ini berasal dari sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Dalam hadis ini ditegaskan bahwa hanya Allah SWT yang mampu memberikan kesembuhan.

Allahumma rabban naas mudzhibal ba'si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa'an laa yughaadiru saqoman.

Artinya:

"Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi." (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman adalah berasal dari bahasa Arab yang “syafakillah” berarti ditujukan untuk seorang perempuan. Lalu bagaimana dengan doa memohon kesembuhan yang ditujukan kepada selain perempuan dalam bahasa Arab?

Ada empat versi bacaan doa memohon kesembuhan dalam bahasa Arab yang perlu diketahui. Ini penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Doa Memohon Kesembuhan untuk Laki-Laki dengan “Syafakallah”

Doa syafakallah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman artinya semoga Allah SWT memberi kesembuhan kepadamu (laki-laki) secepatnya, dengan kesembuhan yang tidak ada sakit selepasnya.

2. Doa Memohon Kesembuhan untuk Orang Ketiga Laki-Laki dengan “Syafahullah”

Doa syafahullah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman artinya semoga Allah SWT memberi kesembuhan kepadamu (orang ketiga laki-laki) secepatnya, dengan kesembuhan yang tidak ada sakit selepasnya.

3. Doa Memohon Kesembuhan untuk Orang Ketiga Perempuan dengan “Syafahallah”

Doa syafahallah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman artinya semoga Allah SWT memberi kesembuhan kepadamu (orang ketiga perempuan) secepatnya, dengan kesembuhan yang tidak ada sakit selepasnya.

3 dari 3 halaman

Doa Memohon Kesembuhan dan Arti Lainnya

Memohon kesembuhan kepada Allah SWT tidak hanya dengan doa syafakillah syifaan ajilan syifaan la yughadiru ba dahu saqaman. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ini bacaan doa memohon kesembuhan lainnya yang perlu diketahui:

1. Doa memohon kesembuhan yang diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya:

"Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

2. Doa memohon kesembuhan yang dibaca Rasulullah SAW saat meruqiyah sahabatnya.

Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta.

Artinya:

"Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau."

3. Doa memohon kesembuhan yang dibaca Rasulullah SAW saat menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA.

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya:

"Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia."

4. Doa memohon kesembuhan yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, saat Sa’ad bin Abi Waqqash sakit, Nabi Muhammad SAW membaca doa sebagai berikut.

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan

Artinya:

“Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad, Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad.”

Cara menerapkan bacaan doa agar diberi kesembuhan tersebut, bisa dengan mengganti nama Sa'ad dengan nama anak yang tengah sakit atau nama lainnya, seperti berikut ini.

Allāhummasyfi Dinta. Allāhummasyfi Dinta. Allāhummasyfi Dinta.

Artinya:

“Tuhanku, beri kesembuhan Dinta, Tuhanku, beri kesembuhan Dinta, Tuhanku, beri kesembuhan Dinta."

5. Doa memohon kesembuhan dengan surat al-Fatihah berdasarkan hadis riwayat Ad Darimi dari Abu sa’id, bahwa surat ini penyembuh dari setiap racun.

Bismillahir rahmanir rahim. Alhamdu lillahi rabbil alamin. Ar rahmanir rahim. Maliki yaumid din. Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in. Ihdinas siratal mustaqim. Siratal lazina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alihim wa lad dallin.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai Hari Pembalasan.

Hanya Engkaulah yang kamu sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta perolongan. Tunjukilah jalan yang lurus. (yaitu) Jalan orang-orang yang Engkai beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.