Sukses

Sans Artinya Tanpa dalam Bahasa Inggris dan Santai dalam Bahasa Gaul, Ini Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Sans artinya mungkin sering dijumpai pada media sosial maupun bacaan dalam buku. Sans artinya salah satu kosakata dalam bahasa Inggris yang berarti tanpa. Namun, masyarakat hanya mengetahui kata sans ini sebagai kata yang kerap digunakan oleh kaula muda.

Dalam kamus bahasa Inggris, sans artinya bukan hanya sekedar plesetan atau singkatan dari sesuatu hal atau istilah dari bahasa gaul. Namun, kata sans artinya tanpa atau without, dengan tidak, dan lain sebagainya. Lalu Sans juga bisa berarti santai dalam bahasa gaul saat ini.

Meski sangat populer di kalangan masyarakat maupun anak muda, namun kata sans artinya masih banyak orang yang belum memahami maknanya. Supaya tidak salah dalam mengartikan dan mengucapkan, lebih baik mempelajari arti dari kata sans.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai sans artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (30/1/2023).

2 dari 5 halaman

Sans Artinya dalam Bahasa Inggris

Dalam kamus bahasa Inggris, sans artinya tanpa, dengan tidak, dan lain sebagainya. Sebenarnya, kata sans berasal dari kata serapan dari bahasa Prancis yang berarti 'without' atau tanpa.

Kata ini muncul pertama kali pada abad ke-14. Tak heran jika kata ini pernah muncul dalam salah satu karya sastra penulis klasik William Shakespeare. Kata ini kini lebih digunakan untuk memberikan kesan 'archaic' atau kalimat bergaya klasik atau untuk tujuan lelucon atau bercanda.

3 dari 5 halaman

Contoh Kalimat Penggunaan Kata Sans dalam Bahasa Inggris

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa sans artinya tanpa atau without bukan merupakan kata bahasa inggris asli melainkan kata serapan yang berasal dari bahasa Prancis. Berikut ini terdapat beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata sans dalam kalimatnya, antara lain:

a. My love to thee is sound, sans crack or flaw

Artinya: Cintaku padamu utuh, tanpa retak atau cacat

b. Finally, I can go out sans my clingy wife and daughter just for a football match.

Artinya: Akhirnya, saya bisa keluar tanpa istri dan putri saya yang lengket hanya untuk pertandingan sepak bola.

c. She is not very confident to go out sans her make-up

Artinya: Dia tidak terlalu percaya diri untuk keluar tanpa make-up.

d. I beseech Thee, O The Almight God, that I shall perish sans thy blessing.

Artinya: Aku memohon kepada-Mu, ya Tuhan Yang Maha Kuasa, agar aku binasa tanpa restu-Mu.

4 dari 5 halaman

Sans Artinya Santai dalam Bahasa Gaul

Terlepas dari penggunaan kata sans dalam bahasa Inggris, ternyata kata sans juga populer di kalangan anak muda. Kata sans sendiri termasuk ke dalam bahasa gaul kaula muda jaman sekarang.

Dalam bahasa gaul, kata sans artinya adalah plesetan dari kata santai yang kerap digunakan untuk menggambarkan aktivitas yang santai dan tenang. Penggunaan kata ini sering dijumpai di media sosial maupun percakapan sehari-hari antara anak muda dengan temannya. Tak heran, kata ini sangat populer di kalangan anak remaja.

Sedangkan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata sans artinya kata tak baku dari santai, di mana penggunaan kata yang satu ini ditujukan kepada seseorang untuk segera rileks atau tenang dalam sebuah keadaan. Pada bahasa gaul, sans artinya sebagai sebuah pengungkapan kepada seseorang untuk segera santai dalam menghadapi berbagai keadaan. 

 

5 dari 5 halaman

Istilah Bahasa Gaul Lainnya

1. Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

2. Prenjon

Prenjon adalah plesetan dari friendzone yang artinya zona teman. Prenjon digambarkan sebagai hubungan pertemanan antara laki-laki dan perempuan yang sebenarnya ada cinta di antaranya.

3. Creep atau creepy

Menggambarkan orang yang aneh atau menyebalkan. Contoh “that man is such a creep, don’t be around him” artinya “orang itu sangat aneh, jangan dekat-dekat dia”

4. High-key dan Low-key

Low-key artinya dengan tenang atau rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, "Keep it low-key" (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara itu, high-key kebalikannya. "I high-key want to be there right now," (Aku sangat ingin berada di sana sekarang).

5. Bengek

Bengek dalam bahasa gaul diartikan sebagai tertawa terbahak-bahak hingga sulit bernapas (bengek). Bengek dijadikan kiasan untuk mengekspresikan sesuatu yang sangat menggelikan hingga membuat tertawa.

6. Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

7. Halu

Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Halu atau halusinasi adalah pengalaman sensorik yang tampak nyata, namun hal tersebut diciptakan oleh pikiran. Halu dalam bahasa gaul bisa menggambarkan seseorang yang berpikir atau berkata terlalu tinggi tapi tak bisa dibuktikan kebenarannya.

8. Baper

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul ini merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain. Orang yang baper sering menggunakan emosi di tiap momen yang ia lalui.

9. Kuproy

Kuproy kerap disandingkan bersama Jamet menjadi Jamet Kuproy. Kuproy adalah kependekan dari 'kuli proyek'. Keduanya memiliki arti “Jajal Metal Kuli Proyek”. Tentu saja istilah gaul ini muncul untuk disematkan pada sosok metal dari segi jiwa dan penampilannya. Istilah tambahan Kuproy sebenarnya lebih merujuk pada penampilan. Sosok metal selalu berpenampilan seadanya seperti “Kuli Proyek”. Bedanya, Jamet Kuproy memang disengaja dan dijadikan sebagai style. Sementara Kuli Proyek yang sebenarnya menggunakan baju seadanya karena tuntutan pekerjaan saja.

10. Mager

Mager adalah istilah gaul yang merupakan singkatan dari 'Males gerak.' Mager bahkan sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.