Sukses

8 Cara Membersihkan Sepatu yang Mudah, Gunakan Minyak Zaitun dan Baking Soda

Cara membersihkan sepatu bisa dilakukan berdasarkan jenisnya.

Liputan6.com, Jakarta Sepatu adalah peralatan yang digunakan untuk melindungi kaki, dan melindungi sol kaki dari permukaan yang keras dan licin. Sepatu dapat dibuat dari berbagai jenis material, seperti kulit, karet, tekstil, atau plastik. Sepatu dapat dibagi menjadi berbagai jenis, seperti sepatu olahraga, sepatu kasual, sepatu formal, sepatu khusus seperti sepatu safety dan masih banyak lagi. Ketika sering digunakan dan menjadi kotor, maka ada beberapa cara membersihkan sepatu yang mudah, agar terhindar dari debu dan kotoran. 

Cara membersihkan sepatu bisa Anda lakukan berdasarkan jenis sepatu yang dimiliki. Umumnya fungsi sepatu berbeda sesuai dengan jenisnya, seperti sepatu yang digunakan untuk berolahraga, sepatu yang digunakan untuk bekerja, hingga sepatu yang digunakan untuk acara formal. Selain itu, sepatu juga dapat digunakan sebagai aksesori fashion dan dapat digabungkan dengan gaya pakaian yang berbeda.

Sebagai tambahan, Ingatlah untuk selalu menjaga sepatu Anda dari air dan kondisi yang lembab, karena dapat merusak sepatu dan membuat bau tidak sedap. Selalu simpan sepatu Anda di tempat yang teduh dan kering, jika memungkinkan, simpan sepatu dalam kotak atau kantung plastik untuk melindungi sepatu dari debu dan kotoran. Berikut ini cara membersihkan sepatu yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Sepatu

Sepatu adalah salah satu peralatan pribadi yang paling sering digunakan setiap hari. Karena itu, sangat penting untuk membersihkannya secara teratur agar tetap terlihat bersih dan tahan lama. Berikut adalah beberapa cara membersihkan sepatu berdasarkan jenisnya:

1. Membersihkan sepatu kulit

Cara membersihkan sepatu Anda dapat menggunakan pembersih kulit, yang dapat ditemukan di toko sepatu atau di toko peralatan rumah tangga. Pembersih kulit dapat digunakan untuk membersihkan sepatu kulit dari debu dan kotoran. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun, atau pembersih khusus untuk menjaga kelembapan kulit sepatu.

2. Membersihkan sepatu suede

Cara membersihkan sepatu Anda, dapat menggunakan sikat khusus suede atau sikat gigi untuk membersihkan debu dan kotoran. Anda juga dapat menggunakan pembersih suede, yang dapat ditemukan di toko sepatu atau di toko peralatan rumah tangga. Jangan menggunakan air atau produk yang berminyak karena dapat merusak material suede dan meninggalkan bekas. Jika sepatu suede Anda terkena noda, Anda dapat menggunakan kapas atau tisu yang dibasahi dengan alkohol untuk menghilangkan noda tersebut. Ingat dan jangan menggosok terlalu keras, karena dapat merusak nap dari material suede.

3. Membersihkan sepatu karet

Anda dapat menggunakan sikat khusus sepatu atau sikat gigi untuk membersihkan debu dan kotoran dari sepatu karet. Anda juga dapat menggunakan pembersih khusus, untuk sepatu karet yang dapat ditemukan di toko sepatu atau di toko peralatan rumah tangga. Jangan menggunakan air yang terlalu panas, karena dapat merusak bentuk sepatu karet. Jika sepatu karet Anda terkena noda, Anda dapat menggunakan sabun cair atau detergen untuk membersihkan noda tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Sepatu

4. Membersihkan sepatu canvas

Cara membersihkan sepatu dapat menggunakan sikat khusus sepatu atau sikat gigi, untuk membersihkan debu dan kotoran dari sepatu canvas. Anda juga dapat menggunakan pembersih khusus untuk sepatu canvas yang dapat ditemukan di toko sepatu atau di toko peralatan rumah tangga. Jangan menggunakan air yang terlalu panas karena dapat merusak warna sepatu canvas. Jika sepatu canvas Anda terkena noda, Anda dapat menggunakan sabun cair atau detergen untuk membersihkan noda tersebut.

Cara membersihkan sepatu lainnya yang perlu Anda ketahui adalah: 

- Membersihkan sepatu dari noda tahan air

Anda dapat menggunakan sikat khusus sepatu atau sikat gigi untuk membersihkan debu dan kotoran dari sepatu yang tahan air. Jika sepatu Anda terkena noda yang tidak dapat dihilangkan dengan cara di atas, Anda dapat mencoba menggunakan pembersih noda, yang dapat ditemukan di toko peralatan rumah tangga atau di toko sepatu. Cara penggunaannya sesuai dengan petunjuk pada kemasan produk. Pastikan untuk mencoba produk pembersih pada bagian tersembunyi, dari sepatu Anda sebelum digunakan pada bagian yang terlihat untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak merusak sepatu Anda.

- Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk membersihkan sepatu kulit dan menjaga kelembapannya. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun, pada sepatu dengan menggunakan kain lembut.

- Menggunakan baking soda

Anda dapat mencampur baking soda dengan sedikit air, untuk membuat pasta lalu dioleskan pada sepatu dan di gosok dengan sikat khusus sepatu atau sikat gigi.

Ada berbagai jenis spray pembersih sepatu, yang dapat digunakan untuk membersihkan sepatu dari debu dan kotoran. Caranya adalah dengan menyemprotkan spray pembersih pada sepatu, dan di gosok dengan sikat khusus sepatu atau sikat gigi.

- Menggunakan kain lembab

Anda dapat menggunakan kain lembab yang telah dibasahi dengan air dan sabun, untuk membersihkan sepatu. Caranya adalah dengan mengusap sepatu dengan kain lembab tersebut, dan di gosok dengan sikat khusus sepatu atau sikat gigi.

4 dari 4 halaman

Cara Memperpanjang Umur Pakai Sepatu

Selain cara membersihkan sepatu yang bisa dilakukan secara rutin, ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur pakai sepatu Anda:

- Rotasi sepatu

Jangan memakai sepatu yang sama setiap hari, dan Anda bisa melakukan rotasi sepatu serta memberi kesempatan pada sepatu lain untuk "istirahat" dan kering.

- Gunakan perawatan khusus

Jika Anda memiliki sepatu kulit atau suede, maka gunakan perawatan khusus untuk membantu menjaga kelembapan dan melindungi dari kerusakan.

- Gunakan topi sepatu

Jika Anda harus memakai sepatu Anda dalam cuaca yang buruk, gunakan topi sepatu untuk melindungi sepatu Anda dari air dan kotoran.

- Periksa sol sepatu

Periksa sol sepatu Anda secara berkala, dan ganti sol sepatu yang usang atau rusak segera untuk menjaga kestabilan dan keamanan saat berjalan.

- Tempatkan sepatu dengan benar

Simpan sepatu Anda dalam tempat yang teduh dan kering, jika memungkinkan, simpan dalam kotak atau kantung plastik untuk melindungi dari debu dan kotoran.

Ingatlah, jika Anda merawat sepatu dengan baik, Anda dapat memperpanjang umur pakainya dan membuat sepatu Anda tetap terlihat baik selama lebih lama. Jangan ragu untuk mencari saran profesional, jika Anda tidak yakin tentang cara merawat sepatu secara khusus. Selalu pastikan untuk mengikuti petunjuk perawatan yang diberikan oleh pabrikan sepatu, dan jangan mencoba untuk membersihkan atau merawat sepatu dengan cara yang tidak sesuai dengan jenis material sepatu tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.