Sukses

1 Dirham Berapa Rupiah? Ini Cara Cek dan Fakta Menariknya

cara mengecek nilai 1 dirham berapa rupiah melalui internet dan fakta-fakta menariknya

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui nilai dari 1 dirham berapa rupiah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan, saat anda berkeinginan untuk mengunjungi negara Uni Emirat Arab, untuk melakukan ibadah atau hanya sekedar berkunjung untuk urusan pekerjaan atau liburan. Dirham adalah nama mata uang resmi yang digunakan di Uni Emirat Arab. 

Mengetahui nilai dari 1 dirham berapa rupiah juga sangat berguna bagi anda yang berkecimpung atau ingin memulai berinvestasi dalam valas atau investasi mata uang asing. Pasalnya mata uang dirham memiliki sejumlah keunikan, yang membuatnya menjadi salah satu mata uang yang memiliki nilai yang kuat dan juga stabil.

Untungnya, untuk mengetahui nilai dari 1 dirham berapa rupiah bisa dengan mudah dilakukan secara online oleh siapa saja dan dimana saja. Jika sebelumnya anda perlu ke bank untuk mengecek nilai tukar uang, sekarang anda bisa mengecek konversi nilai dirham ke rupiah melalui beberapa situs resmi milik bank atau website investasi dengan mudah. 

Lantas bagaimana cara mengecek nilai 1 dirham berapa rupiah melalui internet? Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (23/1/2023). Nilai tukar 1 dirham rupiah hari ini, serta fakta-fakta menarik seputar mata uang dirham dan cara cek nilai tukar mata uang dengan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1 Dirham Berapa Rupiah?

1 Dirham Berapa Rupiah?

Dirham merupakan mata uang resmi yang digunakan di Uni Emirat Arab. Menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia membuat mengetahui cara cek nilai dari 1 dirham berapa rupiah menjadi salah satu pengetahuan yang berguna untuk membantu anda yang ingin berkunjung ke negara tersebut.

Nilai 1 dirham berapa rupiah sendiri pada hari ini (23 Januari 2023) berada di angka Rp 4.104. Yang artinya jika anda ingin menukarkan uang rupiah menjadi uang dirham, anda harus mempersiapkan uang Rp. 4.104 untuk setiap 1 dirhamnya. Hari ini, koin yang mendominasi memiliki nilai 1, 5, 10, 25 dan 50 dirham beredar. Sedangkan uang kertas, didominasi nilai 5, 10, 20, 50, 100, 200, 500, dan 1.000.

3 dari 5 halaman

Cara Cek Nilai Tukar 1 Dirham Berapa Rupiah Secara Online

Cara Cek Nilai Tukar 1 Dirham Berapa Rupiah Secara Online

Nilai tukar suatu mata uang ke mata uang lainnya, umumnya berubah-ubah setiap hatinya, sehingga anda tidak bisa menggunakan patokan nilai hari ini untuk menentukan nilai tukar mata uang pada hari yang berbeda. Untungnya saat ini anda bisa dengan mudah mengecek perubahan nilai tukar mata uang secara mudah melalui Internet.

Berikut ini adalah beberapa situs website yang bisa anda kunjungi untuk mengetahui nilai dari 1 Dirham berapa Rupiah secara langsung setiap harinya. 

1. Website Resmi Bank

Bank Negeri maupun Swasta adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan dan informasi mengenai harga kurs mata uang asing. Yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi website resmi bank yang anda inginkan dan masuk ke bagian daftar lengkap harga mata uang asing. Selain menampilkan nilai yang jelas, cara ini juga gratis dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

2. Currency App

Cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Currency App. Aplikasi konversi mata uang ini mendukung lebih dari 180 mata uang di dunia dan selalu diperbarui dengan kurs terbaru setiap menitnya secara otomatis. Anda cukup menginstalnya di smartphone untuk dapat menggunakan fitur-fiturnya, termasuk fitur cek nilai tukar mata uang asing. 

4 dari 5 halaman

Fakta Menarik Mata Uang Dirham

Fakta Menarik Mata Uang Dirham

Dirham Arab digunakan sejak tahun 1971 sebagai mata uang nasional resmi dan hanya digunakan di Uni Emirat Arab. 1 dirham dibagi menjadi 100 Fils. Pada tahun dirham diedarkan, denominasi koin berikut dicetak: 1, 5, 10, 25, 50 fils, dan 1 dirham. Koin 1, 5 dan 10 fil diproduksi dalam perunggu dan sisanya dalam cupronickel. 

Pada tahun 1995 ukuran 1, 5 dan 10 fil dan juga koin 1 dirham dikurangi. Koin 1 dirham yang baru memiliki diameter yang persis sama dengan koin 50 fils yang lama. Koin 50 fils yang baru juga diperkecil ukurannya dan diberi bentuk heptagonal.

Uang kertas seri pertama diterbitkan pada tahun 1973 dan yang kedua pada tahun 1982 menggantikan pecahan 1 dan 1.000 dirham. Uang kertas 500 dirham diperkenalkan pada tahun 1983, diikuti oleh 200 dirham pada tahun 1989. Uang kertas 1000 dirham diperkenalkan kembali pada tahun 2000.

Dirham sering disajikan dengan simbol Dhs atau DH. Dirham Uni Emirat Arab telah digunakan sejak tahun 1973, Dirham digunakan untuk menggantikan beberapa mata uang, seperti riyal Dubai dan riyal Qatar.

Bank Sentral Uni Emirat Arab mengeluarkan uang kertas negara. Untuk memerangi pemalsuan, beberapa tanda air digunakan, termasuk lambang negara yang muncul di bagian depan setiap uang kertas. Lambangnya adalah elang emas dengan piringan yang dikelilingi oleh tujuh bintang di tengahnya dan tujuh bulu untuk mewakili masing-masing Emirates.

5 dari 5 halaman

Kenapa Nilai Tukar Dirham Selalu Sama dengan Dolar AS?

Kenapa Nilai Tukar Dirham Selalu Sama dengan Dolar AS?

Uni Emirat Arab memiliki produk domestik bruto sekitar $421 miliar pada tahun 2019, peringkat ke-25 pada Indeks Daya Saing Global Forum Ekonomi Dunia. Kecuali Dubai, emirat sangat bergantung pada ekspor minyak dan cadangan gas alam, meskipun mereka telah membuat kemajuan yang stabil menuju diversifikasi.

Karena ketergantungan negara pada industri minyak, para pejabat melihat menguntungkan untuk mematok mata uangnya terhadap dolar AS. Ingat  harga minyak dalam mata uang dolar AS. Dengan mematok mata uangnya terhadap greenback, pemerintah UEA dapat mengurangi volatilitas ekspornya. 

Indikator ekonomi negara dan transaksi berjalan harus dipertahankan pada tingkat yang optimal untuk mempertahankan patok tersebut. Misalnya, saat tulisan ini dibuat, pemerintah UEA menjalankan surplus neraca berjalan terhadap PDB-nya. Tapi pasak juga bisa bertentangan dengan strategi pemerintah. Misalnya, harga minyak jatuh pada tahun 2015 dan mengurangi pendapatan negara-negara GCC.

Banyak negara bermain-main dengan gagasan mendevaluasi mata uang mereka terhadap dolar AS. Devaluasi akan meningkatkan pendapatan lokal karena dolar AS yang dikumpulkan dari penjualan minyak dapat dipulangkan untuk lebih banyak dirham.

Investor menganggap dirham UEA sebagai salah satu mata uang paling stabil di dunia dalam hal stabilitas nilai tukar. Ini telah dipatok terhadap dolar Amerika Serikat sejak 1997 dengan nilai tukar 1 dolar AS hingga 3,6725 AED. Jadi nilai Dirham Arab terikat dengan dolar AS dengan nilai tukar tetap. Oleh karena itu, 1 dirham selalu sama dengan 0,2723 dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.