Sukses

Tahun Baru Imlek 2023 adalah Tahun Kelinci, Simak Peruntungannya

Tahun Kelinci Air akan dimulai dari tanggal 22 Januari 2023 sampai dengan tanggal 9 Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta Tahun Baru Imlek 2023 adalah Tahun Kelinci, lebih tepatnya, Kelinci Air. Tahun Kelinci Air akan dimulai dari tanggal 22 Januari 2023 sampai dengan tanggal 9 Februari 2024.

Selain Tahun Baru Imlek 2023, Tahun Kelinci ada di tahun 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011, 2023, dan 2035. Jika Anda lahir di salah satu tahun tersebut, maka shio Anda adalah Kelinci. Dengan kata lain Tahun Baru Imlek 2023 akan menjadi tahun bagi shio kelinci.

Orang yang lahir pada tahun Kelinci diyakini memiliki karakter yang waspada, jenaka, berpikiran cepat, dan cerdik. Kelinci merupakan shio keempat dalam siklus zodiak China.

Adapun jumlah shio dalam siklus zodiak China ada dua belas, yakni Tikus, Kerbau, Harimau, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi. Siklus zodiak ini dimulai setiap Tahun Baru Imlek, yang tanggalnya berkisar dari akhir Januari hingga pertengahan Februari.

Selain itu, siklus ini juga dipercaya memengaruhi keberuntungan seseorang di sepanjang tahun. Untuk lebih memahami Tahun Baru Imlek 2023, berikut ulasan selengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelinci Air

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Tahun Baru Imlek 2023 akan menjadi tahun Kelinci Air. Orang yang lahir dengan shio Kelinci Air dipercaya memiliki karakter yang cantik, rapuh, dan mudah khawatir. Namun di sisi lain, Kelinci Air memiliki sifat yang baik, setia, pengertian, murah hati, bijaksana dan jujur.

Kelinci Air harus fokus pada kemampuan kreatif bawaan mereka karena mereka dipenuhi dengan banyak hal. Orang yang lahir dengan shio Kelinci Air biasanya akan merasa sangat bahagia ketika bersama orang-orang yang mereka sayangi, baik itu kekasih maupun keluarga.

Mereka adalah calon yang tangguh tetapi pada akhirnya adalah permata yang sensitif dan indah. Orang dengan shia Kelinci diyakini cocok untuk meniti karier sebagai guru, petugas polisi, artis, dan musisi.

Kelinci Air merupakan salah satu dari tipe shio Kelinci. Dalam teori lima elemen, setiap shio dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen, yakni Emas (Logam), Kayu, Air, Api, atau Tanah.

Diyakini bahwa karakteristik seseorang ditentukan oleh shio dan elemen tahun kelahirannya. Artinya ada lima jenis Kelinci yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda, antara lain sebagai berikut;

Kelinci Logam: Baik hati, tulus, suka membantu, dan imajinatif.

Kelinci Bumi: Lugas, komunikatif, dan banyak akal; suka menjadi pusat perhatian.

Kelinci Kayu: Cerdas, aktif, ceria dan emosional, tapi mungkin sedikit egois.

Kelinci Api: Berwawasan luas dengan pandangan jauh ke depan, bertanggung jawab.

Kelinci Air: Santai dan menyenangkan; beradaptasi tetapi dengan kemampuan kontrol diri yang lebih rendah.

3 dari 4 halaman

Keberuntungan di Tahun Baru Imlek 2023

Meski Tahun Baru Imlek 2023 merupakan tahunnya shio Kelinci, namun tahun ini dianggap tahun yang buruk bagi shio Kelinci. Zodiak China yang paling beruntung di Tahun Imlek 2023 adalah Kerbau, Harimau, dan Ular.

Sementara itu, shio Anjing, Kuda, Kambing, dan Babi merupakan shipo-shio yang memiliki keberuntungan yang cukup di Tahun Baru Imlek 2023. Keberuntungan Kelinci dan Tikus akan dipengaruhi oleh 'oposisi terhadap Tai Sui'. Sedangkan shio Ayam Jantan dan Monyet harus bekerja sangat keras untuk bisa menciptakan keberuntungannya sendiri.

Meski Tahun Baru Imlek 2023 dianggap sebagai tahun yang tidak mendatangkan keberuntungan yang cukup baik bagi shio Kelinci, namun orang Tionghoa percaya bahwa apa yang Anda lakukan di awal tahun baru akan mempengaruhi keberuntungan Anda di tahun mendatang.

Begadang di malam Tahun Baru Imlek 2023 (21 Januari 2023) dan mengucapkan selamat tahun baru kepada keluarga dan teman setelah jam menunjukkan pukul 12, diyakini dapat membawa keberuntungan.

Membagikan angpao kepada anak-anak dan orang tua akan membantu mengusir kesialan (iblis Nian) dan membawa keberuntungan. Selain itu, mendekorasi rumah Anda dengan pohon kumquat (melambangkan kekayaan & keberuntungan), memakai warna keberuntungan, dan makan makanan keberuntungan seperti kue beras (kebersamaan keluarga), kacang goreng berlapis tepung (vitalitas), kue kenari (kebahagiaan), dll. adalah cara populer untuk mendapatkan keberuntungan.

4 dari 4 halaman

Hal-Hal yang Menjadi Keberuntungan Shio Kelinci

Shio Kelinci diyakini terkait dengan hal-hal yang dapat memengaruhi keberuntungannya. Itu bisa menjadi angka keberuntungan, warna keberuntungan, bunga keberuntungan, dan arah keberuntungan.

Angka keberuntungan shio kelinci antara lain adalah 3, 4, dan 6, serta semua angka yang mengandung angka-angka tersebut. Namun di sisi lain, shio Kelinci juga memiliki angka sial, yakni angka 1, 7, dan 8, serta semua angka yang mengandung angka-angka tersebut.

Shio kelinci juga memiliki warna keberuntungan, yakni pink, merah, ungu, dan biru. Namun di sisi lain, shio kelinci juga memiliki warna sial, yakni cokelat tua, kuning tua, dan putih. Oleh karena itu, menggunakan warna keberuntungan di awal Tahun Baru Imlek 2023 dapat memengaruhi keberuntungan shio Kelinci di sepanjang tahun.

Shio Kelinci juga memiliki bunga keberuntungan yakni, plantain liliy dan melati. Sedangkan bulan keberuntungan shio Kelinci ada di bulan pertama, keempat, kedelapan, dan kesebelas dalam sistem kalender China.

Adapun arah keberuntungan shio Kelinci antara lain adalah timur, selatan, dan barat laut. Sedangkan arah sial shio kelinci adalah utara, barat, dan barat daya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.