Sukses

Viral Masjid di Sragen Sediakan Penginapan Gratis Layaknya Hotel untuk Musafir

Selain boleh menginap, masjid ini juga berikan makan gratis.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, pasti akan menjumpai masjid di hampir setiap kawasan di Indonesia. Dengan banyaknya masjid, maka setiap umat muslim dapat menunaikan kewajiban mereka salat lima waktu dengan lebih mudah. Masjid biasanya dibangun sebagai fasilitas umum yang setiap orang dapat memakainya.

Tak hanya beribadah, di masjid ini orang-orang yang sedang dalam perjalanan jauh atau yang disebut musafir, dapat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan mereka. Bahkan ada beberapa masjid yang menyediakan penginapan untuk para musafir. Salah satunya adalah Masjid Al Falah yang berlokasi di Sragen, Jawa Tengah.

Bukan beralas karpet, masjid ini menyediakan kasur yang disekat beberapa ruang bak hotel kapsul. Masjid Al Falah memiliki fasilitas yang nyaman ketika hendak beristirahat setelah perjalanan.

"musafir yang kemalaman boleh menginap di sini," keterangan dalam video seperti dikutip Liputan6.com dari TikTok @sariarminareka, Senin (16/1/2023).

Para musafir yang hendak menginap di masjid tersebut juga diperlakukan seperti seorang tamu hotel. Berikut kisah selengkapnya dilansir Liputan6.com dari akun TikTok @sariarminareka, Senin (16/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas Penginapan dan Makan Gratis

Dalam video yang diunggah akun TikTok @sariarminareka pada Jumat (13/1/2023) memperlihatkan penampakan Masjid Al Falah. Masjid tersebut terlihat cukup luas dari depan dengan beberapa pintu masuk. Kemudian saat masuk ke dalamnya, tampak hotel kapsul berbentuk kotak yang terbuat dari harplek.

Berbentuk kotak, hotel kapsul di dalam masjid itu berisi kasur busa yang nyaman dan tidak sempit. Tak hanya dizinkan menginap, para musafir juga diberi makanan gratis.

"Disediakan "Hotel Kapsul" dan diberi makanan, Gratis," dalam keterangan video tersebut.

Terlihat beberapa musafir beristirahat di hotel kapsul yang berada di dalam Masjid Al Falah. Masjid yang berada di Sragen ini juga buka 24 jam. Masjid tersebut juga tidak memilih-milih musafir.

Petugas mempersilakan para musafir yang sholat atau tidak bisa menggunakan fasilitas tempat istirahat di Masjid Al Falah. Namun bagi yang menginap lebih tiga hari hars melapor ke pengurus masjid.

"total kasur ada 55 buah, bahkan beberapa ada yang berbentuk ala bilik hotel kapsul," dalam keterangan video tersebut.

3 dari 3 halaman

Keamanan Terjaga

Untuk keamanan pun terbilang terjamin di Masjid Al Falah. Setiap malam ada juga petugas yang membersihkan kasur dan merapikan masjid. Keamanan juga dijaga oleh petugas keamanan dan dilengkapi kamera CCTV.

Video yang memperlihatkan fasilitas penginapan di Masjid Al Falah ini menjadi viral. Tak sedikit netizen yang kagum hingga berkomentar pernah merasakan beribadah dan beristirahat di masjid Al Falah.

"saya pernah Sholad Dzuhur di Masjid Alfalah Sragen ini....bs mkn mnm air jahe merah air mineral gratissss,bisa jajan somay cilok jg," komentar TikTok @anikharyono114

"MasyaAllah ... nyaman dirumah Allah," komentar TikTok @user1746523360037

"makna sesungguhnya rumah Alloh....semoga segenap pengurus sllu d limpahkan kesehatan umur panjang dn rizky yg melimpah aamin," komentar TikTok @Sasa

"MasyaAllah sehat selalu untuk donatur, pengurus mesjid dan orang orang baik yg mengizinkan pintu mesjid selalu terbuka," komentar TikTok @toko ciluk baa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.