Sukses

Biasa Dijadikan Tanaman Hias, Ternyata Begini Isi Buah Pohon Pisang Kipas

Pisang kipas jauh berbeda dengan pohon pisang pada umumnya.

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dari pohon pisang pada umumnya, pohon pisang kipas biasa dijadikan sebagai tanaman hias. Bentuknya yang sangat mirip dengan kipas membuat pohon dengan nama latin Ravenala Madagascariensis Sonn ini disebut sebagai pohon pisang kipas.

Bagi yang suka menata pekarangan rumah, pohon pisang kipas dijadikan sebagai pilihan untuk membuat pekarangan rumah jadi lebih menarik, apalagi jika pekarangan rumahnya luas dan ada beragam jenis tanaman.

Diketahui, pohon yang berasal dari Madagaskar ini ternyata jarang berbuah atau bahkan tidak bisa berbuah sama sekali. Alhasil banyak orang yang belum melihat bentuk buah dari pohon pisang kipas ini.

Meski begitu, pastinya tetap ada orang yang pernah melihat penampakan buah pohon pisang kipas. Merupakan tanaman yang unik, pohon pisang kipas ini disebut sebagai pohonnya para penjelajah.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Siakapkeli tentang buah pohon pisang kipas yang jarang diketahui banyak orang, Sabtu (14/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pohon Pisang Kipas

Pohon pisang kipas merupakan pohon yang masuk dalam kategori tanaman hias. Oleh karenanya tak heran jika pohon tersebut diketahui jarang berbuah atau bahkan tidak berbuah sama sekali.

Pohon pisang pada umumnya menjulang tinggi ke atas kemudian buahnya nampak jelas. Namun pohon pisang kipas berbentuk sangat mirip seperti kipas, dan jika memang sedang berbuah, buahnya tersembunyi.

Sesuai dengan nama latinnya, Ravenala Madagascariensis Sonn, pohon pisang kipas ini berasal dari Madagaskar. Republik Madagaskar adalah sebuah negara pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. 

Berbeda dengan pisang kipas, pisang yang umum dikenal punya nama latin yaitu Musa Paradisiaca. Dengan klasifikasi yaitu sebagai berikut: Kingdom (Plantae), Ordo (Zingiberales), Famili (Musaceae), Genus (Musa), Spesies (Musa paradisiaca).

3 dari 3 halaman

Buah Pohon Pisang Kipas

Melansir dari Siakapkeli, tandan pisang ini akan muncul di sela-sela daun dan terlihat berwarna coklat. Tandan meupakan tangkai yang panjang pada buah-buahan yang bergugur seperti pisang salah satunya. Lebih menarik lagi, isinya tampak biru saat dibelah.

Tak banyak yang tahu, penampakan buah pohon pisang kipas saat dibelah adalah berwarna biru. Warna buah ini cukup unik karena sangat berbeda dengan pohon pisang pada umumnya karena pasti berwarna putih.

Meski disebut bisa dimakan, buah pisang kipas ini memiliki rasa yang hambar. Jika rasanya tidak manis seperti pisang pada umumnya, apakah kamu tertarik mencobanya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.