Sukses

Omicron XXB 1.5 Kraken adalah Varian Covid Terbaru, Ketahui Gejala dan Faktanya

Omicron XXB 1.5 Kraken adalah jenis varian, yang dapat menyebar dengan cepat dan menyalip strain Omicron lainnya

Liputan6.com, Jakarta Para ahli hingga kini mulai mengincar strain Omicron baru XBB.1.5, yang dijuluki Kraken di Twitterverse. Untuk potensinya, Omicron XXB 1.5 Kraken dapat menyebabkan gelombang COVID besar berikutnya, karena sifat "escape strain" dan penularannya yang sangat tinggi. Penasihat Organisasi Kesehatan Dunia tentang evolusi virus, sedang mengerjakan penilaian risiko pada varian yang muncul ini. Maria Van Kerkhove, kepala teknis untuk tanggapan COVID-19 di Organisasi Kesehatan Dunia telah meminta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS untuk melaporkan risiko varian baru, karena XBB.1.5 dengan cepat menggantikan varian lain dii beberapa negara Eropa dan di timur laut AS.

Omicron XXB 1.5 Kraken adalah jenis varian, yang dapat menyebar dengan cepat dan menyalip strain Omicron lainnya. Para peneliti sedang menyelidiki apakah XBB.1.5 mungkin memiliki sifat lain yang mengkhawatirkan, seperti kemampuan untuk menyebabkan penyakit yang lebih parah. 

Menurut WHO, meskipun baru diluncurkan secara global, XBB.1.5 telah ada untuk sementara waktu. Ini pertama kali terdeteksi pada bulan Oktober. Omicron XXB 1.5 Kraken melanjutkan warisan varian pemijahan Omicron yang menyebar, sehingga untuk menghindari kekebalan dari infeksi dan vaksinasi sebelumnya, akan semakin mudah. 

Berikut ini Omicron XXB 1.5 Kraken varian terbaru yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/1/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Omicron XXB 1.5 Kraken

Setelah Omicron XXB 1.5 Kraken menyebar dengan cepat, membuat Organisasi Kesehatan Dunia berusaha keras untuk tanggap dan mempelajari risikonya. Virus XBB.1.5 bertanggung jawab atas sekitar 75% kasus di wilayah 1 dan 2 Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, yang meliputi Connecticut, Maine, Massachusetts, New Hampshire, Rhode Island, Vermont, New York, New Jersey, Puerto Riko, dan Kepulauan Virgin AS. 

Menurut WHO yang dilansir dari laman fortune well, terlalu dini untuk menyimpulkan apakah varian baru bertanggung jawab atas kenaikan ini. Virus pernapasan lainnya, seperti RSV dan flu, juga beredar di daerah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, dan peningkatan kasus COVID diperkirakan terjadi setelah perayaan liburan, terlepas dari varian baru yang muncul. Mengingat prevalensi XBB.1.5 di AS, WHO telah meminta CDC untuk melaporkan risiko varian baru tersebut. Kelompok penasihat teknis WHO tentang evolusi virus juga sedang mengerjakan penilaian risiko, yang diharapkan akan dirilis dalam beberapa hari mendatang.

XBB.1.5, pertama kali diidentifikasi pada bulan Oktober, merupakan kombinasi dari dua spin-off BA.2, “stealth Omicron.” Selain AS, tingkat varian baru meningkat pesat di Eropa, kata pejabat WHO. Sejauh ini, telah diidentifikasi di lebih dari 25 negara. Selain sebagai varian COVID yang paling menular, XBB.1.5 juga mengikat dengan sangat baik ke sel yang terinfeksi. Kualitas ini memungkinkan virus untuk bereplikasi dengan mudah di inang, yang dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah.

3 dari 4 halaman

Gejala dan Subvarian Omicron XXB 1.5 Kraken

Gejala dan subvarian Omicron XXB 1.5 Kraken memiliki mutasi yang memungkinkan virus menghindari penguat vaksin COVID-19 dan menyebabkan lebih banyak infeksi terobosan. Indikasi awalnya adalah, meski belum menimbulkan kepanikan, XBB.1.5 kemungkinan akan memperburuk situasi Covid secara signifikan. Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa keduanya secara fundamental lebih menular daripada varian dominan saat ini, yaitu Omicron BA.5 dan turunannya seperti BQ.1 dan juga lebih baik dalam menghindari kekebalan yang dibangun dari vaksin dan infeksi sebelumnya.

Para ahli mengemukakan bahwa peningkatan kasus, berarti jumlah infeksi serius dan rawat inap juga cenderung meningkat. XBB.1.5 tampaknya tidak lebih parah dari BA.5 sehingga tidak menyebabkan proporsi infeksi yang lebih tinggi menjadi serius atau menyebabkan Covid lama. Akan tetapi ada keraguan bahwa XBB.1.5 jauh lebih menular daripada pendahulunya dan kemungkinan akan memicu gelombang Covid terbaru. 

Profesor Paul Hunter, dari University of East Anglia, menunjukkan bahwa di AS varian baru tumbuh dari mewakili sekitar 2 persen kasus Covid pada awal Desember menjadi 43 persen pada Hari Natal. Pada titik ini, subvarian baru juga menyumbang 0,4 persen kasus Covid di Jerman dan 0,6 persen di Denmark dan Kanada, menurut data dari CovSpectrum. Sejak itu, varian diperkirakan meningkat lagi menjadi sekitar 4,5 persen kasus, menurut UKHSA.

 

4 dari 4 halaman

Fakta Omicron XXB 1.5 Kraken

Fakta Omicron XXB 1.5 Kraken, memperoleh begitu banyak landasan dengan begitu cepat menunjukkan bahwa jauh lebih dapat ditularkan. Menurut Profesor Hunter, untuk varian yang meningkat begitu cepat dalam waktu kurang dari empat minggu, akan menunjukkan keunggulan pertumbuhan yang cukup besar.

Profesor Francois Balloux, direktur University College London Genetics Institute, mengatakan bahwa "XXB.1.5 secara luas diperkirakan akan naik frekuensinya secara global, dan dapat menyebabkan fraksi kasus yang cukup besar secara global dalam waktu dekat. Dengan demikian, ini dapat mendorong jumlah kasus lebih tinggi selama beberapa minggu mendatang di Inggris. Meskipun demikian, tetap dipertanyakan bahwa XBB.1.5 akan menyebabkan gelombang besar dengan sendirinya dan kemungkinan besar tidak akan menyebabkan "gelombang pandemi paling mematikan" yang diprediksi beberapa orang.

Varian Covid omicron XBB.1.5 prevalensinya hampir dua kali lipat selama seminggu terakhir, dan sekarang mewakili sekitar 41% kasus baru di AS, menurut data CDC. XBB. Menurut data yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Subvarian ini lebih dari dua kali lipat sebagai bagian dari kasus setiap minggu

XBB.1.5 adalah kerabat dari varian omicron XBB, yang merupakan rekombinan dari subvarian omicron BA.2.10.1 dan BA.2.75. Gabungan, XBB dan XBB.1.5 merupakan 44% kasus di AS, mengalahkan versi omicron lainnya. Studi yang dilakukan di laboratorium menemukan bahwa XBB mampu menghindari antibodi dari infeksi, atau vaksinasi Covid sebelumnya, yang berarti bahwa terpapar virus berarti seseorang lebih mungkin sakit atau terinfeksi ulang dan menunjukkan gejala.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.