Sukses

Fakta Pandawara Group, 5 Pria yang Gemar Bikin Konten Bersih-Bersih Sungai

Aksi 5 anak muda di Tiktok ini viral dan tuai pujian warganet karena peduli dengan kebersihan lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Dengan moto yang dimiliki "Bukan membersihkan tapi mengurangi" 5 pria yang tergabung dalam kelompok Pandawara Group mencuri perhatian warganet.

Bagaimana tidak, lewat akun TikToknya yang sudah memiliki 1,6 juta pengikut, 5 anak muda itu gemar membagikan momen saat mereka sedang membersihkan sampah yang menumpuk di sungai.

Aksi mereka yang peduli dengan kebersihan lingkungan sungai itu viral dan menuai pujian positif dari warganet.

Banyak netizen yang membanjiri kolom komentar akun @pandawaragroup dengan pujian juga kata-kata semangat. Tak sedikit dari mereka yang berharap pemuda di Indonesia melakukan aksi yang sama.

Berikut ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, fakta pandawara group kelompok anak muda yang gemar bersih-bersih sungai, Senin (2/1/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sosok 5 anak muda di balik Pandawa Group

Pandawara Group adalah kelompok yang beranggotakan Gilang, Rifqi, Agung, Ikhsan, dan Raflyi. 

Lima anak muda dari Bandung ini mulai mengunggah video kegiatan bersih-bersih sungai di TikTok sejak pertengahan 2022.

3 dari 5 halaman

Bukan Demi Konten dan Viral Semata

Tindakan mereka memang mulia, tapi rupanya ada yang skeptis dengan aksi yang diakukan Pandawara Group. Tak sedikit orang-orang khususnya publik di jagat maya, yang menuding 5 anak muda ini melakukan aksi pembersihan sungai demi konten semata.

Menampik tudingan tersebut, mereka pun tetap melakukan aksi pembersihan sungai yang sampahnya menumpuk.

Lebih lanjut, mereka menjelaskan jika pembuatan konten bukan bertujuan untuk viral. Mereka ingin menginspirasi orang lain untuk lebih peduli dengan kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, termasuk di sungai.

4 dari 5 halaman

Angkut sampah hingga 27 kg

Tak tahan dengan banyaknya sampah yang menumpuk, Pandawa Group terjun langsung ke sungai untuk membersihkannya. Perjuangan mereka pun tak sia-sia, selama 2022 ini mereka berhasil menyingkirkan 27 kilogram lebih sampah yang dibuang sembarangan.

5 dari 5 halaman

Didukung Banyak Publik Figur

Melihat kegigihan mereka membersihkan sungai yang didominasi sampah, warganet pun memberikan sambutan baik. Banyak yang berharap aksi ini terus berlanjut. Bahkan banyak orang yang terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. 

Penulis buku ternama, Ahmad Fuadi melalui akun Instagramnya @afuadi pun memuji aksi mereka. "Terima kasih @pandawaragroup untuk tindakan keren ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini