Sukses

4 Cara Membuat Kartu Ucapan Selamat Natal, Mudah dan Kreatif

Membuat kartu ucapan selamat Natal bisa dengan mudah melalui layanan online.

Liputan6.com, Jakarta Natal disebut Christmas, dari istilah Inggris kuno Cristes Maesse (1038) atau Cristes-messe (1131), yang berarti Misa Kristus. Hari Natal adalah adalah hari raya umat Kristen, yang selalu diperingati setiap tanggal 25 Desember. Natal biasanya identik dengan tradisi untuk menghias rumah menggunakan ornamen natal, memberikan kado, hingga bertukar kartu ucapan kepada kerabat terdekat. Terdapat beberapa cara membuat kartu ucapan selamat Natal yang mudah dan sederhana. 

Beberapa tradisi Natal yang berasal dari Barat antara lain adalah pohon Natal, bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga, kisah tentang Santa Klaus atau Sinterklas serta kartu Natal. Kartu Natal adalah salah satu tradisi tertua di musim liburan di mana hal ini dilakukan untuk mengungkapkan keinginan dan salam Natal Anda. Oleh karena itu, agar perayaan Natal semakin bermakna, maka ada berbagai cara membuat kartu ucapan selamat Natal yang bisa Anda coba di rumah. 

Cara membuat kartu ucapan selamat Natal agar lebih berkesan, maka Anda bisa membuatnya sendiri, atau memanfaatkan layanan online seperti canva, picsart, shutterfly dan PSPrint. Dengan membuat kartu ucapan sendiri, maka Anda bebas untuk memnentukan motif, warna kartu dan isi dari ucapan Natal. 

Berikut ini cara membuat kartu ucapan selamat Natal yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Kartu Ucapan Selamat Natal

1. Cara membuat kartu ucapan selamat Natal 

- Langkah pertama yang bisa Anda, adalah dengan memilih format yang digunakan untuk membuat kartu Natal dengan tangan. Pertimbangkan dari segi desain tulisan tangan, dan dekorasi hingga kartu foto, lalu siapkan sketsa desain dasar.

- Pertimbangkan juga berbagai aspek desain mulai dari warna hingga motif dan pesan, serta apakah setiap elemen cocok satu sama lain. Setelah itu, pilih gambar berjudul Make Christmas Cards lalu pilih dan beli kertas dan amplop untuk kartu ucapan.

- Langkah selanjutnya pilih kertas yang ingin Anda gunakan, dengan pilihan warna merah, hijau, perak, dan emas.

- Siapkan kertas scrapbook untuk membuat kartu Natal, termasuk lem dan gunting, serta dekorasi seperti glitter, pita, dan stiker untuk membuat kartu semakin menarik. 

- Tulis pesan Natal di kartu, bisa dengan menulis atau mencetak. Jika menulis dengan tangan, maka gunakan penggaris untuk memandu tulisan, dan memastikannya lurus .

- Tambahkan juga foto menarik sesuai keinginan Anda di bagian depan kartu dan berikan kepada keluarga atau orang tersayang. 

2. Cara membuat kartu ucapan selamat lewat aplikasi Picsart

- Langkah pertama, Anda bisa mengunduh aplikasi Picsart di Play Store (Android) atau App Store (iOS)

- Daftar atau login ke aplikasi, menggunakan Gmail atau Facebook Pada halaman klik ikon “+” untuk memulai mendesain kartu ucapan Natal.

- Langkah berikutnya Pilih menu “Template” lalu ketikkan di kolom pencarian template dengan kata kunci “Christmas.”

- Setelah itu, pilih desain sesuai yang diinginkan lalu edit desain sesuai kehendak Setelah selesai mengedit dan mendesain sesuai kreasi, klik ikon panah di pojok kanan atas untuk mengunduh.

- Untuk menyimpannya, Anda bisa klik ikon “Download” lalu pilih format gambar yang diinginkan.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kartu Ucapan Selamat Natal

3. Cara membuat kartu ucapan selamat Natal dengan Canva

- Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Canva di Android atau iOS

- Lagin menggunakan akun Google atau Facebook, jika belum memiliki akun. Namun jika Anda sudah memiliki akun, maka langsung masuk di beranda.

- Langkah berikutnya, klik di kolom pencarian paling atas dan ketikkan 'kartu natal'

- Akan muncul berbagai template kartu ucapan selamat natal yang berbayar maupun gratis

- Berikutnya Anda bisa pilih kartu ucapan natal, lalu masuk pada halaman desain, klik ikon “+” pada bagian pojok kiri bawah

- Langkah terakhir, Anda bisa menambahkan berbagai fitur dan ornamen desain yang Anda inginkan, hanya dengan mengklik salah satu elemennya

- Setelah puas mendesain, Anda dapat membagikannya ke media sosial maupun mengunduhnya dengan resolusi tinggi.

4. Cara membuat kartu ucapan selamat Natal dengan layanan Online

- Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan layanan online seperti Shutterfly atau PSPrint, karena tersedia berbagai format berbeda. 

- Pilih desain atau template dasar dan layanan online, lalu pilih yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

- Sebagian besar layanan online, termasuk Shutterfly dan PSPrint, memungkinkan Anda menyesuaikan pesan dan desain dari template sederhana sesuka Anda.

- Setelah melihat berbagai pilihan motif untuk bagian depan kartu, Anda bisa pilih salah satu dan masukkan ke dalam antarmuka online. Jika Anda membuat kartu foto pada layanan seperti Shutterfly, kemungkinan besar Anda hanya memiliki satu sisi pada kartu, lalu tambahkan pesan atau ucapan. 

- Sebelum melakukan pemesanan, periksa setiap aspek kartu untuk memastikan tidak ada kesalahan. Jika ada, perbaiki dan kemudian periksa sampai kartunya persis seperti yang Anda suka.

- Lakukan pemesanan dengan layanan online, lalu cetak konfirmasi jika ada masalah dengan kiriman atau dengan desain.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Hari Natal

1. Sejak Santa membawamu dalam hidupku, aku menemukan diriku yang diberkati. Dengan banyak cinta, selamat Natal untukmu, temanku.

2. Pada kesempatan Natal, saya berharap Anda dihujani dengan kebahagiaan dan hadiah terbaik untuk menjadikannya Natal yang sempurna bagi Anda. Selamat Natal temanku.

3. Semoga persahabatan kita selalu diberkati dengan pengertian, perhatian, dan kasih sayang. Mengirimkan banyak cinta dan salam hangat pada hari Natal untuk sahabatku tersayang.

4. Saya merasa beruntung dan diberkati memiliki teman yang luar biasa seperti Anda. Terima kasih telah ada untuk saya setiap saat. Semoga banyak kebahagiaan dan kesuksesan untukmu. Selamat Natal untukmu.

5. Natal adalah waktu untuk mengingat saat-saat indah yang dihabiskan bersama teman-teman dan membuat kenangan baru untuk waktu yang akan datang. Salam hangat untukmu di Natal ini, sayangku. Semoga kamu bersenang-senang!

6. Semoga Natal membawakanmu cahaya kebahagiaan dan harapan abadi, sinar iman untuk terus maju dalam hidup dan selalu sukses. Selamat Natal sahabatku. Semoga Tuhan memberkatimu.

7. Saya mengirimkan ucapan Natal saya untuk teman luar negeri saya yang cantik melalui kartu yang indah ini dan juga mengirimkan cinta untuk Anda. Biarkan Natal ini memberi Anda saat-saat perayaan yang berharga.

8. Santa sedang dalam perjalanan, meski tanpa hadiah untukmu. Kudengar kamu terlalu genit tahun ini sehingga tidak ada hadiah untukmu, temanku. Nasib buruk dan selamat Natal untukmu, teman tersayang.

9. Biarlah kelahiran bayi Yesus, membuat persahabatan kita semakin kuat dan mendalam dengan momen kebahagiaan di sekitar. Saya mengucapkan selamat Natal kepada Anda, teman.

10. Biarlah kartu ini menghadiahkan teman saya di luar negeri dengan cinta dan momen bahagia saya di Natal ini. Biarkan ada cinta dan kebahagiaan di sekitar hidup Anda. Saya mengucapkan selamat Natal kepada Anda, teman

11. Cinta kasih Kristus yang menggerakkan persaudaraan. Selamat Natal 2022.

12. Merry Christmas 2022! Semoga Natal membawakanmu cahaya kebahagiaan dan harapan abadi serta sinar iman untuk terus maju dalam hidup.

13. Selamat Hari Natal! Semoga Natal tahun ini dipenuhi dengan cinta, tawa, dan semua hal yang membuatmu bahagia.

14. Selamat merayakan Natal. Semoga damai dan sukacita menyertai kita semua.

15. Selamat Hari Raya Natal. Semoga kita diberikan karunia kasih dan cinta dari Yesus Kristus!Karunia kasih sayang Tuhan datang bersama dengan hari Natal. Selamat Natal bersama orang terkasih!

16. Selamat Natal 2022. Semoga kedamaian akan selalu ada pada hati yang tulus serta selalu memaafkan.

17. Selamat Natal. Semoga Tuhan selalu memberkati di malam kudus dan Tuhan Yesus sebagai juru penyelamat kita.

18. Selamat Hari Natal 25 Desember 2022. Semoga cinta kasih-Nya selalu ada dalam hati kita.

19. Merry Christmas and Happy New Year! Semoga awal yang baru bisa membawa kebaikan untuk kita.Semoga kebahagiaan Natal membawa harapan dan cahaya yang terang bagi kita. Selamat Natal.

20. Damai dan kasih merupakan hadiah terindah di hari Natal karena Tuhan menjadi penyelamat kita semua. Selamat Hari Natal 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.