Sukses

7 Cara Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami, Mudah dan Ampuh

Cara mengusir lalat di rumah yang praktis dilakukan, yaitu dengan menyalakan lilin.

Liputan6.com, Jakarta Lalat rumah adalah salah satu jenis lalat dalam serangga ordo Diptera, yang semuanya memiliki satu pasang sayap. Lalat ditemukan hampir di semua tempat tinggal orang, di mana mereka akan bertelur di kotoran hewan, sampah, dan bahan organik yang membusuk. Adanya lalat rumah, mungkin tidak menjadi perhatian utama akan tetapi dapat menyebarkan penyakit. Oleh sebab itu, ada banyak cara mengusir lalat yang bisa Anda coba, salah satunya dengan plastik bening dan air. 

Cara mengusir lalat secara alami di rumah, bisa dengan minyak esensial yang memiliki wangi menyengat. Perlu diketahui bahwa pada bulan-bulan hangat, biasanya segerombolan lalat akan mengambil alih halaman rumah, hinggap di makanan atau mulai menempel di dinding rumah. Saat berada dalam situasi seperti ini, maka berbagai cara bisa Anda lakukan untuk mengusir lalat.

Cara terbaik untuk mengatasi lalat di rumah, adalah dengan mencegahnya sejak awal. Pastikan mereka tidak memiliki area untuk bertelur, dan singkirkan benda-benda yang dapat menarik lalat. Pastikan jendela, pintu, dan ventilasi rumah tersegel dengan baik dan bebas dari lubang atau kerusakan lainnya. Anda juga bisa menggunakan tempat sampah dengan penutup yang rapat, dan keluarkan kantong segera setelah penuh. Berikut ini cara mengusir lalat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengusir Lalat

 

1. Sol Pinus

Lalat membenci bau pinus, sehingga Pine Sol bisa menjadi pencegah yang efektif. Jika Anda berurusan dengan serangan lalat di luar ruangan, cukup usap beranda, dek, dan bahkan sisi rumah Anda dengan larutan air panas dan Pine Sol. Untuk efektivitas maksimal, aplikasi ini harus dilakukan setiap beberapa hari sekali.

2. Fly Paper

Kertas terbang adalah strip yang sangat lengket dan mengandung insektisida. Kertas ini mudah digunakan dan dibersihkan. Anda cukup lepaskan bagian atasnya, dan kertas akan tergulung hingga panjang penuh. Dengan cara ini, Anda akan menemukan bahwa lalat langsung tertarik ke kertas, sehingga kertas lalat akan segera terisi penuh dengan lalat yang terperangkap. Setelah kertas tertutup, cukup kumpulkan kertas lalat di tempat sampah atau kantong belanjaan, ikat dengan erat dan buang.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Lalat

3. Kipas Angin atau Lilin Ringan

Cara mengusir lalat berikutnya bisa menggunakan kipas angin, di mana udara yang terus bergerak membingungkan lalat, yang lebih suka terbang di udara tenang. Tak hanya itu, lilin sereh meskipun lebih umum digunakan untuk mencegah nyamuk, juga secara efektif mengusir lalat biasa, terutama bila digunakan di ruang kecil.

4. Minyak Atsiri

Cara mengusir lalat selanjutnya, dengan menggunakan aliran pemikiran serupa seperti membersihkan dengan Pine Sol, Anda dapat menggunakan minyak esensial tertentu untuk membasmi lalat rumah. Hal ini karena aroma yang mereka lawan, adalah bau yang kuat dan menyengat, seperti cengkeh, lavendel, mint, serai, kayu putih dan rosemary. Oleskan beberapa tetes minyak ke potongan kain, untuk membuat kertas terbang atau semprotkan di ruangan atau luar ruangan untuk menjauhkan lalat dari pinggiran rumah. 

5. Plastik Bening dengan Air

Cara mengusir lalat ini sudah banyak digunakan orang, dan terbukti ampuh. Cukup menyiapkan plastik bening yang berisi air, lalu gantung pada area yang banyak lalat. Plastik air dapat memecah fokus penglihatan lalat. Diketahui bahwa lalat memiliki 3000–6000 mata pada setiap bulatan matanya, sehingga plastik bening berisi air akan membuat mata lalat tak bisa fokus pada satu titik.

4 dari 4 halaman

Cara Mengusir Lalat

6. Kemangi

Cara mengusir lala di rumah, secara praktis menggunakan daun kemangi. Lalat adalah salah satu hewan yang tidak menyukai aroma menyengat. Untuk menglabui indera penciuman lalat, Anda bisa menggunakan kemangi. Penggunaan kemangi merupakan cara mengusir lalat dengan bahan alami dan ramah lingkungan. Letakan kemangi di beberapa sudut rumah, atau membuat air campuran dari daun kemangi. Buatlah ciran yang pekat kemudian semprotkan pada beberapa sisi rumah dijamin ampuh mengusir lalat. 

7. Lemon dan Cengkeh

Cara mengusir lalat selanjutnya, bisa dengan irisan lemon dan cengkeh. Irisan lemon akan dipadukan dengan cengkeh, sehingga memunculkan bau yang tidak disukai oleh lalat. Untuk cara pengaplikasiannya bisa Anda letakkan cengkih kering, di atas irisan jeruk lemon pada kerumunan lalat. Metode ini akan membuat lalat akan segera pergi dari rumah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.