Sukses

Misterius, Ini Penampakan Lubang Raksasa Terdalam di Kaki Gunung Galunggung

Terungkap adanya sebuah lubang misterius yang berada di sekitar Gunung Galunggung, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Tuhan menciptakan alam ini dengan sangat luar biasa. Berbagai pemandangan alam yang memesona selalu berhasil membuat takjub siapapun yang memandangnya. Selain itu, alam juga menyimpan berbagai misteri yang belum bisa dipecahkan oleh manusia.

Hal itu tentu saja mengundang penasaran di benak banyak orang dan kerap menjadi topik menarik untuk dibicarakan. Seperti halnya dengan lubang raksasa terdalam yang diunggah dalam akun TikTom @rendichu03 belum lama ini.

Pada video yang berdurasi 20 detik itu tampak adanya sebuah lubang misterius yang berada di sekitar Gunung Galunggung yang masuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Lubang yang terletak di bawah gunung yang masih aktif tersebut dianggap misterius karena merupakan yang terdalam yang pernah diketahui di daerah sekitar situ.

Lubang itu tampak dikelilingi banyak tumbuhan yang lebat di sekitarnya. Berikut cerita selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari TikTok @rendichu03, Selasa (13/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lubang Raksasa Itu Tampak Begitu Dalam dan Gelap

Uniknya lubang tersebut sepertinya merupakan buatan manusia karena di sekelilingnya diberi tembok setinggi satu meteran. Di atas lubang itu diberi pengaman berupa jaring besi dan pipa. Terlihat saat kamera diarahkan melihat ke dalam, lubang tersebut memang sangat dalam.

Sisi-sisi lubang itu tampak rapi karena dibeton. Meski demikian, dengan mata kosong tak bisa melihat sampai ke dasar lubang. Sepanjang mata melihat ke bawah, hanya kegelapan dan kesunyian yang ada.

Keadaan di dalam lubang misterius yang dalam dan gelap itu benar-benar bikin merinding. Awalnya banyak yang penasaran dengan fungsi lubang yang dalam dan misterius di tengah hutan kaki Gunung Galunggung tersebut. Namun ada seorang netizen yang bersedia memberikan penjelasan tentang lubang besar dan dalam tersebut kepada yang merasa penasaran.

Ternyata, lubang raksasa yang dalam dan gelap itu adalah saluran lahar kawah Gunung Galunggung. Jadi saat lahar meluap langsung mengalir ke saluran lubang tersebut.

3 dari 3 halaman

Dibangun Usai Letusan Gunung Galunggung

Menurut informasi lainnya, lubang itu dibangun setelah terjadi bencana letusan Gunung Galunggung pada 5 Mei 1982. Letusan ini disertai suara dentuman, pijaran api, dan kilatan halilintar. Begitu dahsyatnya letusan Gunung Galunggung kala itu hingga berlangsung selama 9 bulan, dan baru berakhir pada 8 Januari 1983. Postingan tersebut pun banjir komentar warganet.

"Kata bapa aku yg lahir disana dan tinggal di tasikmalaya itu buat pembuangan lahar kalau sewaktu waktu gunung galunggung meletus lg," tulis akun TikTok @afifa

"itu menuju ke air 7 warna , air 7 warna di galunggung itu sakti , ada penunggu nya itu yang pake jubah putih kakek kakek," tulis akun TikTok fellyciasinaga985

"seperti nya itu lubang lorong waktu yang pernah dipakai oleh Raden kian Santang saat dibawa oleh paman cacing dari masa lalu menuju masa depan," tulis akun TikTok @Bidayahwannihayah

"Ngeri emang gua pernah liat langsung kesitu," tulis akun TikTok @Vargoat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.