Sukses

PT Siloam International Hospitals Tbk, Jaringan Rumah Sakit Swasta Terbesar di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta PT Siloam International Hospitals Tbk merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan kesehatan berjejaring yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Perusahaan ini merupakan bagian dari Lippo Group yang berpusat di Jl Boulevard, Palem Raya Nomor 7, Lippo Karawaci Central.

PT Siloam International Hospitals Tbk sebagai perusahaan penyedia layanan kesehatan, menawarkan pelayanan medis dengan standar internasional. Dengan adanya PT Siloam International Hospitals Tbk, diharapkan masyarakat Indonesia memiliki opsi layanan kesehatan yang semakin beragam dengan kualitas yang memadai.

PT Siloam International Hospitals Tbk menjadi jaringan rumah sakit swasta yang diakui memiliki kualitas pelayanan yang baik. Berikut ulasan Liputan6.com tentang profil PT Siloam International Hospitals Tbk yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

PT Siloam International Hospitals Tbk sebagai Bagian Lippo Group

PT Siloam International Hospitals Tbk yang dikenal juga dengan nama Siloam Hospitals Group atau Siloam merupakan bagian dari Lippo Group. Lippo Group berawal dari perusahaan perbankan bernama Lippo Bank yang kini menjadi Bank CIMB Niaga. Perusahaan ini didirikan oleh seorang bakir bernama Mochtar Riady.

Lippo kemudian mengembangkan usaha dibidang properti, telekomunikasi, dan berbagai jenis usaha lainnya. Pada tahun 2004, Lippo mengumumkan akan  usaha milik Lippo kemudian menggabungkan semua usahanya dalam satu payung Lippo Group yang berpusat di Menara Matahari, Lippo Village,Tangerang, Banten.

Kini Lippo Group terdiri dari 10 bidang usaha, diantaranya real estate, retail, kesehatan, pendidikan, media dan berita, telekomunikasi dan multimedia, teknologi digital, layanan keuangan, serta investasi global.  Salah satu anak perusahaan Lippo Group adalah PT Siloam International Hospitals Tbk yang menjadi perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan.

3 dari 3 halaman

PT Siloam International Hospitals Tbk

PT Siloam International Hospitals Tbk menjadi Jaringan rumah sakit swasta yang terbesar di Indonesia. Perusahaan ini mulai didirikan pada 1996 oleh PT Sentralindo Wiraswasta.

Berdasarkan data dari laman siloamhospitals.com, per 31 Desember 2021 Siloam mengelola dan mengoperasikan 40 rumah sakit terdiri yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 14 rumah sakit berlokasi Kawasan Jabodetabek dan 26 rumah sakit yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara. 

Sebagai fasilitas kesehatan yang beroperasi di Indonesia, 26 Rumah Sakit Siloam sudah melayani pasien BPJS Kesehatan yang merupakan Program Asuransi Nasional. Siloam berencana dalam waktu dekat seluruh rumah sakitnya dapat melayani pasien BPJS. hal ini dilakukan agar semakin banyak orang yang membutuhkan dapat merasakan fasilitas kesehatan berstandar internasional seperti yang Siloam sediakan.

Dalam menjalankan usahanya, selain mendirikan rumah sakitnya sendiri, Siloam juga mengakuisisi beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit Budi Mulya di Surabaya yang kini menjadi Siloam Hospital Surabaya. PT Siloam International Hospitals Tbk mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada September 2013, sebagai PT Siloam International Hospitals Tbk dengan kode SILO. 

Siloam Hospitals memperluas Centers of Excellence dengan mendirikan Parkinson’s & Movement Disorder Center di Rumah Sakit Umum Siloam Kebon Jeruk. Investasi berkelanjutan, dalam teknologi maupun staf medis, mendukung tujuan strategis untuk menawarkan rangkaian komprehensif pelayanan medis spesialis dan umum.

Pelayanan yang disediakan oleh Siloam diantaranya,  prosedur bedah yang kompleks, layanan laboratorium, layanan radiologi dan imaging, layanan diagnostik dan darurat. Pada akhir 2021, Siloam Hospitals memiliki 16 Cath Labs, 16 MRI, 37 CT-Scan, 1 Gamma Knife, 3 Akselerator Linier, dan 1 Cyclotron dalam suatu jaringan yang terintegrasi.

Siloam Hospitals Lippo Karawaci, Rumah Sakit Umum Siloam Kebon Jeruk, dan Rumah Sakit Umum Siloam Bali telah diakreditasi oleh Joint Commission International (JCI). Sementara BIMC Nusa Dua diakreditasi oleh Australian Council on Healthcare Standards (ACHS). PT Siloam International Hospitals Tbk juga akan mensertifikasi lebih banyak rumah sakitnya di masa mendatang.

Pada akhir tahun 2021, Siloam Hospitals memiliki kapasitas 7.628 tempat tidur didukung oleh 3.184 tenaga dokter, 7.660 perawat, teknisi kesehatan, dan staff pendukung bertugas menyediakan perawatan kesehatan berkualitas. Dari keseluruhan dokter yang bekerja untuk Siloam, 2.533 tenaga dokter diantaranya adalah spesialis.

Berdasarkan data di laman siloamhospitals.com, Siloam Hospital yang tersebar di seluruh wilayah indonesia telah merawat hampir 2 juta pasien setiap tahunnya. Siloam menerapkan strategi bisnis yang berdasarkan pada economies of scale atau prinsip skala ekonomis. Dengan menerapkan prinsip ini PT Siloam International Hospitals Tbk dapat memenuhi kebutuhan pelayanan medis berkelas dunia bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia, dengan biaya yang lebih rendah. Dengan demikian, visi perusahaan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan berkualitas internasional di Indonesia yang dilandasi dengan belas kasih ilahi dapat menjadi platform bagi Siloam untuk meresponi transformasi sosial yang dinamis di Indonesia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS