Sukses

31 Contoh Kalimat Definisi, Pahami Ciri-Ciri dan Karakteristiknya

Liputan6.com, Jakarta Kalimat adalah bentuk penjelasan dari sebuah objek, yang selalu bersifat umum dan tidak mengarah pada ciri khusus, sedangkan definisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan bentuk kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, proses, atau aktivitas. Sehingga contoh kalimat definisi adalah rangkaian kata yang bertujuan menjelaskan baik arti maupun makna suatu objek.

Contoh kalimat definisi biasanya memakai kata penghubung bahwa, yakni, adalah, ialah, dan akan mudah Anda temukan dalam karya ilmiah maupun fiksi. Dalam penulisannya, kalimat definisi bisa diawali dengan sebuah sinonim yang selalu diawali kata ialah. Tak hanya itu, setiap makna dan kalimatnya juga tidak akan berubah meskipun susunannya dibolak-balik. 

Contoh kalimat definisi juga memiliki karakteristik, di mana setiap kumpulan kata penting akan menjelaskan tentang arti dan makna terkait objek yang sedang ditulis. Perlu dipahami juga bahwa setiap kalimat definisi, akan selalu diawali kata adalah yang tergolong kata benda, serta kata yaitu yang tergolong kata kerja.

Berikut ini contoh kalimat definisi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Kalimat Definisi

Sebelum mengetahui contoh kalimat definisi, maka Anda harus memahami ciri-ciri dan karakteristik dari kalimat definisi. Berikut ini beberapa ciri-ciri kalimat definisi yang wajib disimak.

- Setiap penggunaan kata, selalu diikuti dengan adalah, ialah, yaitu, yakni dan merupakan.

- Kerap digunakan dalam penulisan karya ilmiah, yang bertujuan untuk memberikan fakta.

- Tak hanya karya ilmiha, kalimat definisi juga dipakai dalam karya fiksi untuk menguatkan cerita.

- Kalimat definisi memuat penjelasan, yang memiliki arti serta makna suatu objek.

- Saat objek berada di awal maupun akhir kalimat, maka makna tidak akan berubah. 

- Selalu diakhiri dengan tanda titik.

- Ciri definisi adalah terdapat definiendum atau unsur kata serta istilah yang didefinisikan.

- Selalu menguraikan pengertian dari unsur kata, frasa, ataupun kalimat.

- Kalimat definisi akan selalu diawali kata ada-lah ataupun kata benda, kata yaitu- dengan kata kerja.

 

3 dari 6 halaman

Karakteristik Kalimat Definisi

Setelah mengetahui ciri-ciri dari contoh kalimat definisi, maka Anda juga perlu memahami karakteristik penggunaan kalimat sebagai berikut: 

- Karakteristik kalimat definisi adalah kumpulan kata penting, yang dapat menjelaskan tentang arti dan makna terkait objek yang sedang ditulis. Jika kalimat itu tidak berisi tentang makna objek, maka tidak tergolong kalimat definisi. 

- Adapun penjelasan yang terkandung dalam kalimat, akan berfokus pada sifat umum dan tidak mengarah pada ciri-ciri khusus dari objek terkait. 

- Karakteristik selanjutnya, untuk penggunaan kalimat definisi kerap ditemukan pada laporan ilmiah, skripsi, tesis, bahkan makalah.

- Jenis kalimat definisi juga berguna dalam menjelaskan maksud dan arti dari objek yang terdapat di dalam laporan tersebut, sehingga pembaca mudah memahami maksud dari penulis.

- Kalimat definisi saat dibalik, alias objek berada di akhir kalimat, maka makna dan arti dari kalimat tersebut tidak berubah, namun sebaliknya tetap menjelaskan makna objek dengan baik dan benar. 

 

4 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Definisi

Berikut contoh kalimat definisi:1. Gagasan pokok atau ide pokok adalah gambaran keseluruhan dari suatu paragraf.

2. PBB adalah sebuah organisasi internasional yang mempunyai sifat kerja sama antarnegara di dunia dan berperan dalam membantu, mengolah, dan membulatkan semua kepentingan internasional.

3. Obesitas merupakan kelebihan massa tubuh yang dihitung menurut berat badan dan tinggi badan dalam kurun masa-masa tertentu.

4. Ekologi ialah ilmu alam yang mempelajari mengenai hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

5. Ekosistem ialah suatu sistem timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan supaya tetap bisa hidup.

6. Diabetes adalah penyakit yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengonsumsi gula.

7. Hutan mangrove merupakan ekosistem hutan daerah pantai yang terdiri dari kelompok pepohonan yang bisa hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi seperti pantai.

8. Bunglon adalah hewan yang bisa mengubah warna dirinya saat sedang terancam oleh musuh dan perubahan warna akan mengikuti warna benda-benda yang ada di sekitarnya.

9. Google memiliki produk keluaran yaitu teknologi pencarian, komputasi Web, perangkat lunak, dan periklanan daring.

10. Si Anak Singkong merupakan sebutan dari pengusaha besar Chairul Tanjung.

11. Barack Hussein Obama adalah presiden Amerika Serikat ke-44, ia merupakan orang Afrika Amerika pertama yang menempati jabatan tersebut.

12. King of Pop merupakan julukan yang diberikan kepada penyanyi dan penulis lagu terkenal dari Amerika Serikat yaitu Michael Jackson.

 

5 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Definisi

Berikut contoh kalimat definisi:

1. Anaconda adalah ular terbesar di dunia yang hidup di daerah tropis Amerika Selatan.

2. Berdasarkan luas wilayahnya, Rusia menjadi negara terbesar di dunia dengan luas 17,1 juta km persegi.

3. Zat antibakteri dan antijamur cuka sari apel membantu menjaga bakteri pori-pori kulit, minyak dan debu.

4. Kritik merupakan bentuk kecaman, tanggapan, atau bahkan kupasan yang disertai uraian dan pertimbangan baik maupun buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat dan sebagainya.

5. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri

6. PMI adalah singkatan dari palang merah Indonesia.

7. Universitas Harvard merupakan salah satu universitas terbaik dunia yang terletak di Cambridge, Amerika Serikat.

8. Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis selain deretan pulau yang indah. Indonesia juga memiliki 300 suku, yang setiap sukunya memiliki Bahasa daerah dengan dialek yang semakin memperkaya budaya Indonesia

9. Respect adalah bentuk perilaku yang mempertimbangan secara menyeluruh, pengakuan atas nilai intrinsik setiap manusia.

10. Taksonomi adalah salah satu cabang ilmu Biologi, yang mempelajari tentang pengelompokan atau klasifikasi, sehingga kita bisa mengidentifikasi dan menyebutkan komponen keanekaragaman hayati

 

6 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Definisi

Berikut contoh kalimat definisi:

1. Bunga lili atau yang dikenal dengan nama amarilis atau bakung dikenal sebagai salah satu tumbuhan pengganggu di lahan pertanian.

2. Rumah ialah bangunan yang dijadikan sebagai tempat tinggal dalam jangka waktu tertentu.

3. Daun memiliki klorofil yang bisa menangkap sinar matahari untuk membantu dalam proses fotosintesis.

4. Gempa Bumi merupakan salah satu fenomena alam yang sulit kita prediksi, biasanya hanya ditandai dengan adanya guncangan hebat di daratan dan biasanya bersumber dari bawah laut.

5. Kupu-kupu merupakan hewan cantik yang termasuk ke dalam salah satu jenis serangga dan tergolong dalam ordo Lepidopetra.

6. Sumber daya hutan adalah sumber potensi yang ada di dalam hutan dan dikembangkan oleh manusia, terdiri dari hasil kayu dan lainnya, lalu dijual untuk keberlangsungan hidup pengelolanya.

7. Terumbu karang adalah potensi laut yang menjadi tempat tinggal dan juga tempat berkembang biak ikan, dengan warna-warni dan juga dengan bentuk yang beragam.

8. Kritik adalah bentuk penilaian terhadap suatu karya secara seimbang,baik kelemahan maupun kelebihannya. Biasanya, karya yang dikritik berupa karya seni,sastra, musik, buku, maupun film. 

9. Signifikan adalah sesuatu yang dapat memberikan pengaruh, sehingga masih banyak orang yang menggunakan kata ini untuk berbagai macam konteks dan situasi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS