Sukses

Profil Bumi Resources, Perusahaan Pertambangan Terbesar di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Bumi Resources adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan sejak tahun 1998. PT Bumi Resources Tbk. menjalankan usahanya di bidang pertambangan yang pada mulanya menjajaki dunia pertambangan, yakni mengelola minyak, gas alam, dan pertambangan.

Dalam proses perjalannya, Bumi Resources yang bergerak di bidang pertambangan dengan perlahan dan konsisten melakukan akuisisi dan terus konsisten meningkatkan kepemilikan saham. Ini yang menjadikan persero Bumi Resources menjadi salah satu perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia.

Mayoritas saham Bumi Resources dipegang oleh Bakrie Group. Kini, Bumi Resources memfokuskan kegiatan usaha pada sektor energi dan pertambangan. Misi Bumi Resources adalah menjaga kesinambungan usaha dan daya saing perseroan dalam menghadapi persaingan terbuka.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih medalam tentang profil Bumi Resources, sejarah berdiri, dan daftar anak perusahaan Bumi Resources, Selasa (6/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bumi Resources adalah Perusahaan Pertambangan Terbesar di Indonesia

Bumi Resources adalah perusahaan di bidang pertambangan. Bumi Resources dikenal pula dengan sebutan PT Bumi Resources Tbk. Bumi Resources adalah salah satu perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia.

Melansir dari situs website resminya Bumi Resources, persero Bumi Resources sudah berdiri sejak tahun 1973 yang awalnya bergerak di bidang industri perhotelan dan pariwisata dengan nama PT Bumi Modern.

Ini bertahan sampai tahun 1998 yang kemudian beralih ke bidang minyak, gas alam, dan pertambangan. Seiring berjalannya waktu, memasuki tahun 2000-an, Bumi Resources terus mengakuisisi perusahaan pertambangan hingga meningkatkan kepemilikan saham.

Sejarah mencatat Bumi Resources demikian yang membuatnya kini berperan sebagai induk sejumlah anak perusahaan. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Bumi Resources menjadi produsen batu bara terbesar di Indonesia dan mayoritas sahamnya dimiliki oleh Bakrie Group.

Bakrie Group menjadi mayoritas pemegang saham Bumi Resources yang awal mulanya menandatangani kesepakatan bersama pada 1997 dengan mengakuisisi 25 persen saham seharga 27.8 miliar.

Apa visi dan misi persero Bumi Resources? Visi Bumi Resources melansir dari situs website resminya, menjadi perusahaan operator bertaraf internasional dalam sektor energi dan pertambangan.

Sementara itu, misi Bumi Resources adalah mampu menjaga kesinambungan usaha dan daya saing perseroan dalam menghadapi persaingan terbuka di masa mendatang dengan tujuan sebagai berikut:

1. Misi Bumi Resources adalah meningkatkan hasil investasi dan nilai yang optimal bagi para pemegang saham.

2. Misi Bumi Resources adalah memperbaiki kesejahteraan para karyawan.

3. Misi Bumi Resources adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah operasi pertambangan.

4. Misi Bumi Resources adalah menjaga kelestarian lingkungan pada seluruh wilayah operasi pertambangan.

3 dari 3 halaman

Daftar Anak Perusahaan Bumi Resources

Ini daftar anak perusahaan Bumi Resources yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. PT Kaltim Prima Coal (KPC)

PT Kaltim Prima Coal (KPC) adalah anak perusahaan Bumi Resources yang mengoperasikan sekitar 90.000 hektar konsesi tambang batu bara di Kalimantan Timur.

2. PT Arutmin Indonesia

PT Arutmin Indonesia adalah anak perusahaan Bumi Resources yang mengoperasikan sekitar 70.000 hektar konsesi tambang batu bara di Kalimantan Selatan.

3. PT Fajar Bumi Sakti

PT Fajar Bumi Sakti adalah anak perusahaan Bumi Resources yang mengelola area konsesi seluas 8.250,5 hektar di Kalimantan Timur.

4. PT Pendopo Energi Batubara

PT Pendopo Energi Batubara adalah anak perusahaan Bumi Resources yang memiliki area konsesi seluas 17.840 hektar di Sumatera Selatan.

5. PT Bumi Resources Minerals Tbk

PT Bumi Resources Minerals Tbk adalah anak perusahaan Bumi Resources yang mengoperasikan aset pertambangan lainnya (non-batu bara).

6. Kalimantan Coal Limited.

7. Bumi Investment Pte. Ltd.

8. Herald Resources Pty. Ltd.

9. Bumi Capital Pte. Ltd.

10. Indocoal Resources (Cayman) Ltd.

11. PT Kaltim Prima Cbm .

12. PT Pendopo Energi Nusantara.

13. PT Bumi Resources Investment.

14. PT MBH Minera Resources.

15. PT Bumi Resources Minerals.

16. Calipso Investment Pte. Ltd.

17. Forerunner International Pte. Ltd.

18. Enercorp Ltd.

19. Knightley Business Resources Pte. Ltd.

20. Sangatta Holdings Limited.

21. Bumi Holdings Sas.

22. PT Manaor Sihotang

23. PT Mitra Bisnis Harvest.

24. PT Sitrade Coal.

25. PT Seamgas Indonesia.

26. PT Cipta Prima Sejati.

27. PT Arutmin CBM.

28. PT Indocoal Kalsel Resources.

29. Enercoal Resources Pte. Ltd.

30. Zurich Assets International, Ltd.

31. PT Lumbung Capital.

32. PT IndoCoal Kaltim Resources.

33. PT Buana minera Harvest.

34. Bumi Netherlands B.V.

35. PT MBH mining Resource.

36. PT Arutmin Indonesia.

37. IndoCoal KPC Resources (Cayman) Limited.

38. PT Alphard Resources.

39. Bumi Mauritania Sa.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS