Sukses

24 Wisata Baru di Bali yang Menarik Dikunjungi saat Liburan Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta Bali menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan dari berbagai tempat, lokal maupun mancanegara. Minat para wisatawan ini membuat wisata baru di Bali terus bermunculan. Bali menjadi tempat wisata yang banyak diminati karena budayanya yang terjaga dan kreativitas para pengelola wisata yang terus berinovasi dalam membuat wisata baru di Bali.

Munculnya wisata baru di Bali setiap waktu menjadi alasan para wisatawan untuk terus mengunjungi Pulau Dewata ini lagi dan lagi. Cuacanya yang menyenangkan juga menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga atau teman dekat. 

Mulai dari wisata alam hingga pertunjukan kesenian dan budaya menjadi atraksi unggulan yang ditawarkan wisata baru di Bali yang menarik untuk dikunjungi saat libur akhir tahun. Berikut wisata baru di Bali yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Baru di Bali

1. Love AnchorLove Anchor

merupakan pasar kecil yang berlokasi di Canggu. Pasar ini berisi toko-toko yang menjual kerajinan tangan dan produk fashion yang unik. Saat malam tiba, pasar yang terletak di antara beberapa restoran, café, bar, dan pertokoan ini dihiasi oleh lampu-lampu kecil yang membuat suasana di sekitar pasar hangatPada akhir pekan, pasar ini menjadi tempat bazar yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai tempat. Lapak-lapak kecil pun dibuka menjajakan berbagai barang unik yang menggoda untuk dibawa pulang.

2. Pasar Seni Ubud

Berbentuk seperti labirin yang berisi kios-kios yang menjual berbagai macam barang. Seperti namanya, barang yang dijual di Pasar Seni Ubud kebanyakan adalah barang-barang seni dari pengrajin lokal Bali. pasar yang berlokasi di pusat kota ini menjadi tempat yang tepat untuk mencari oleh-oleh berupa barang yang memiliki ciri khas bali untuk dijadikan kenang-kenangan.

3. Suaka Hutan Monyet Ubud

Tempat wisata baru di Bali selanjutnya adalah Suaka Hutan Monyet Ubud. Hutan suaka ini merupakan habitat asli bagi lebih dari 600 monyet ekor panjang Bali. Wisatawan dapat berjalan ke dalam hutan dan melihat kawanan monyet ekor panjang bergelantungan di pohon. 

Terdapat pula tiga buah bangunan candi yang sudah ada sejak abad ke -14. Candi ini merupakan kuil tua yang masih digunakan sebagai tempat beribadah warga sekitar. Bangunan candi yang tertutup lumut menyajikan suasana magis yang cukup kuat. Untuk dapat berkunjung ke Hutan Suaka Monyet Ubud ini wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar 60.000 rupiah hingga 80.000.

4. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul ini terletak di bagian utara Pulau Dewata atau sekitar dua setengah jam perjalanan dari Denpasar. Air terjun satu ini sering dianggap sebagai air terjun terindah yang ada di Bali. selain menikmati pemandangan air terjun yang menakjubkan wisatawan juga dapat menyegarkan diri dengan mandi di bawah air terjun ini. Wisatawan akan dikenai biaya sebesar 20.000 rupiah 

5. Air Terjun Aling-aling

Masih berlokasi di utara Pulau Dewata terdapat air terjun yang tidak kalah cantiknya, yaitu Air Terjun Aling-aling. Air terjun ini jatuh di atas tebing curam setinggi 34.7472 meter ke kolam di bawahnya. Kolam di bawah Air Terjun Aling-aling cukup dan dikelilingi oleh hutan hijau. Wisatawan perlu berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menit dari area parkir untuk mencapai air terjun ini, selain itu juga akan dikenakan biaya tiket sebesar 10.000 rupiah 

6. Air Terjun Tegenungan

Wisata baru di Bali yang berupa air terjun selanjutnya adalah Air Terjun Tegenungan. Keunikan tempat wisata satu ini adalah lokasinya yang cukup tersembunyi yang mengharuskan wisatawan menuruni kurang lebih 100 anak tangga untuk dapat menikmati keindahannya. Wisatawan juga akan dikenakan biaya masuk sebesar 20.000 rupiah.  

3 dari 5 halaman

Wisata Baru di Bali

7. Air Terjun Desa Musi

Air terjun Desa Musi belum banyak diketahui oleh orang. Air terjun ini unik kerana berada di kawasan tebing batu yang menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Lokasinya yang tersembunyi menambah daya tarik tempat wisata satu ini. Wisatawan tidak dipungut biaya masuk untuk mengunjungi air terjun Desa Musi. Cara terbaik mencapai air terjun ini adalah dengan menanyakan arah kepada penduduk desa setempat jika sudah tiba di Desa Musi. Saat menjelang senja, wisatawan dapat berjalan-jalan di Desa Musi sambil mengamati gaya hidup sehari-hari penduduk desa ini yang sederhana.

8. Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul merupakan tempat ibadah dan pembersihan yang dibangun di sekitar mata air yang dianggap suci oleh umat Hindu. Pura yang sudah berdiri sejak 960 Masehi ini terkenal dengan arsitekturnya yang indah. Selain penduduk yang ingin beribadah, wisatawan juga diperbolehkan untuk mandi di pemandian yang ada di Pura Tirta Empul dan mengikuti mengikuti sejumlah aktivitas ibadah. Untuk dapat masuk ke Pura Tirta Empul wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar 50.000 rupiah.

9. Gua Tersembunyi Pantai Suluban

Pantai Suluban terletak di Bukit Peninsula, pantai ini terkenal sebagai salah satu spot surfing oleh para wisatawan. Namun, di sekitar batuan karang terdapat sebuah gua yang sayang jika dilewatkan. Gua ini terbentuk akibat abrasi air laut terhadap batuan karang di bibir Pantai Suluban. Gua yang terbentuk secara alami ini memiliki struktur yang unik dan menyajikan pemandangan yang menakjubkan. 

10. Goa Gajah

Goa Gajah merupakan situs bersejarah yang menjadi salah satu bukti kentalnya budaya Bali. Situs ini dibangun sejak lebih dari 1.000 tahun yang lalu dan sempat terkubur karena gempa. Goa Gajah ditemukan kembali pada tahun 1920-an. Terdapat  kolam pemandian batu yang dikelilingi oleh patung-patung indah di depan goa. Biaya masuk Goa gajah adalah 25.000 sampai 50.000 rupiah.

11.  Bali Safari and Marine Park

Wisata baru di Bali selanjutnya adalah  Bali Safari and Marine Park. Objek wisata ini memiliki koleksi lebih dari 100 spesies hewan dari berbagai negara seperti Indonesia, India, dan Afrika. Hewan koleksi  Bali Safari and Marine Park juga termasuk spesies hewan yang terancam punah seperti orang utan dan komodo. Atraksi paling menarik adalah wisata jeep safari yang memungkinkan para wisatawan melihat lebih hewan-hewan yang ada di objek wisata ini. Harga tiket masuk Bali Safari and Marine Park berkisar 700.000 rupiah atau tergantung paket tur yang diambil.

12. Kebun Binatang Bali

Kebun Binatang Bali atau Bali Zoo terletak di bagian timur Pulau Dewata, tepatnya di desa Singapadu. Kebun Binatang ini memiliki koleksi lebih dari 70 spesies hewan yang berbeda, termasuk orangutan, singa, harimau, gajah, siamang dan masih banyak lagi. Bali Zoo menawarkan berbagai pengalaman yang memungkinkan para tamu untuk lebih dekat dengan hewan, termasuk Sarapan Bersama Orangutan, Elephant Mud Fun, Elephant Expedition, dan Night at the Zoo. Harga tiket masuk Bali Zoo adalah 250.000 rupiah hingga 355.000 rupiah.

4 dari 5 halaman

Wisata Baru di Bali

13. Bali Treetop Adventure Park

Tempat wisata baru di Bali yang selanjutnya adalah Bali Treetop Adventure Park. Taman ini terdiri dari serangkaian sirkuit berbeda yang dipasang di seluruh puncak pohon. Sirkuit terdiri dari jalan tali, ayunan, jaring, garis zip, lompat Tarzan, dan banyak lagi. Bali Treetop Adventure Park sangat cocok untuk keluarga, kelompok, pasangan, dan hampir semua jenis wisatawan. Tempat ini dirancang untuk dapat diakses oleh orang-orang dari segala usia, kemampuan, dan pengalaman. Harga tiket Bali Treetop Adventure Park adalah 218.000 rupiah hingga 341.000 rupiah.

14. Lembah Sidemen

Tempat wisata baru di Bali yang berikut nya adalah Lembah Sidemen. Sidemen merupakan desa dengan panorama indah di bagian timur Pulau Bali. Wisata ini menyediakan wisata pedesaan yang damai lengkap dengan sawah giok, hiking, air terjun, dan banyak lagi. Lembah ini memiliki nuansa desa yang masih asri dan terpencil, wisatawan dapat menikmati aktivitas seperti jalan-jalan yang damai dan bersepeda melalui jalanan desa yang sepi.

15. Pantai Lovina

Pantai Lovina adalah area resor terbesar di sepanjang pantai utara Bali. Resort ini terdiri dari beberapa desa kecil yang masing-masing memiliki pantai dengan pemandangan yang indah. Sebagian besar wisatawan mengunjungi Pantai Lovina untuk mendapatkan kesempatan melihat lumba-lumba anggun yang hidup di lepas pantai. Kegiatan umum lainnya termasuk berenang, scuba diving, snorkeling, dan mengunjungi spa. 

16. Pasih UwugNusa Penida memiliki satu objek wisata unik yang mendapat julukan broken sea. Tempat wisata yang dikenal juga dengan nama Pasih Uwug terbentuk dari fenomena alam. Di tempat ini ada sebuah gua yang salah satu sisinya hancur dan membentuk gerbang menuju laut lepas. Lubang yang terbentuk di antara batuan karang menyajikan pemandangan yang spektakuler.  

17. Nusa Dua

Nusa dua merupakan wisata baru di Bali yang terletak di selatan pulau. Resort pantai kelas atas ini memiliki villa eksklusif, spa kelas atas, pantai pribadi, pusat perbelanjaan, dan bahkan lapangan golf. Daya tarik utama di Nusa Dua adalah pantainya yang berpasir putih dan airnya yang berwarna biru kehijauan. Di pantai ini para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan pantai, termasuk berenang, berjemur, snorkeling, dan olahraga air.

18. Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang merupakan pantai yang berlokasi di Desa Pecatu dekat dengan Uluwatu. Pantai ini relatif kecil, namun memiliki pemandangan yang menawan karena terletak di teluk setengah lingkaran dan dibatasi oleh air biru di satu sisi dan tebing hijau tua yang ditutupi vegetasi di sisi lainnya. Aktivitas populer di Pantai Padang Padang adalah pesta pantai mingguan, yang berlangsung setiap Sabtu malam mulai pukul 9 malam di Restoran Padang Padang. 

5 dari 5 halaman

Wisata Baru di Bali

19. Puri Saren Agung Ubud

Puri Saren Agung atau yang lebih dikenal sebagai Puri Ubud terletak tepat di seberang Pasar Seni Ubud. Bangunan yang didirikan 1800 hingga 1823 ini, dulunya merupakan tempat tinggal  bagi keluarga kerajaan. Kini Puri Saren Agung menjadi salah satu landmark Bali yang dapat dikunjungi wisatawan .  

20. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa menyajikan pantai berpasir putih yang dikelilingi oleh tebing tinggi dan mengarah ke air biru jernih. Jalan menuju pantai melewati enam patung yang ditempatkan di dalam lengkungan yang telah diukir di tebing. Setiap patung mewakili karakter dari epos Hindu Mahabharata. Airnya yang tenang menjadikannya tempat yang bagus untuk berenang atau menyewa kano dan karena tebing di sekitarnya, Pantai Pandawa juga menjadi tempat populer untuk paralayang. Harga tiket masuk Pantai Pandawa adalah 15.000 rupiah. 

21. Waterbom Bali

Terletak di Kuta, Waterbom Bali sering dianggap sebagai taman air terbaik di seluruh Asia. Wisata baru di Bali satu ini menawarkan berbagai wahana dan seluncuran. Waterbom Bali

dibangun di sekitar taman tropis yang indah. Harga tiket masuk wisata ini sekitar 300.000 rupiah atau tergantung paket wisata yang dipilih.

22. Taman Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau Taman GWK adalah tempat budaya, kedamaian, alam, dan spiritualitas menyatu bersama. Wisatawan dapat menikmati sejumlah atraksi buatan di dalam taman salah satunya adalah patung besar Garuda Wisnu. Patung itu berdiri sebagai simbol kepercayaan agama pulau itu. Ini adalah salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi di Bali. Harga tiket masuk Taman GWK adalah 95.000 rupiah. 

23. Pantai Double Six

Berlokasi di Seminyak, Pantai Double Six menawarkan pemandangan pantai dengan air biru dan pasir keemasannya. Wisatawan dapat bersantai di bawah sinar matahari di siang hari saat matahari sedang tinggi dan panas. Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk terlibat dalam berselancar. Jika Anda merasa lapar saat berada di sini, maka ada banyak restoran yang terletak di seberang pantai dan menjadikannya tempat yang sangat ramai untuk dikunjungi.

24. Gunung Batur

Tempat wisata baru di Bali yang terakhir adalah Gunung Batur. Aktivitas paling populer di Gunung Batur adalah melakukan pendakian ke puncak tepat waktu untuk menyaksikan matahari terbit. Wisatawan dapat melihat langit berubah menjadi jingga dan perlahan menerangi lingkungan yang sangat indah. Ini dapat menjadi pilihan wisata yang menarik di akhir tahun. Perjalanan mendaki gunung tidak terlalu sulit, tetapi memakan waktu kira-kira dua jam untuk mencapai puncaknya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS