Sukses

12 Wisata Kalimantan Timur yang Terkenal Indah, dari Pegunungan hingga Pantai

Tempat wisata Kalimantan Timur ada beragam, mulai dari pantai, pegunungan, hingga pulau.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Kalimantan Timur wajib untuk anda kunjungi. Kalimantan Timur terkenal sebagai kota yang memiliki destinasi yang indah. Keindahan alamnya masih alami dan bahkan ada yang belum terjamah oleh manusia.

Tempat wisata Kalimantan Timur ada beragam, mulai dari pantai, pegunungan, hingga pulau semuanya memiliki daya tarik tersendiri. Tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke Kaltim, baik wisatawann lokal dan mancanegara.

Tempat wisata Kalimantan Timur sangat cocok dikunjungi kala sedang liburan. Tak perlu jauh-jauh harus ke luar negeri, cukup dengan mengeksplore wisata Kalimantan Timur, kamu akan dibuat takjub dan kagum dengan pesonanya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Kalimantan Timur yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Kalimantan Timur yang Terkenal Indah

1. Danau Kakaban

Danau Kakaban adalah salah satu tempat wisata Kalimantan Timur yang wajib dikunjungi. Temnpat wisata Kalimantan Timur ini terkenal memiliki berbagai jenis ubur-ubur langka. Ada beberapa jenis ubur-ubur langka yang hidup di Danau Kakaban ini yang sama sekali tidak mengeluarkan sengat, dan juga berbagai jenis ikan-ikan kecil yang dapat kamu jumpai.

Jika kamu ingin mencoba diving di tengah laut lepas, perairan Pulau Kakaban pun tidak kalah menarik untuk diselami. Terdapat banyak sekali jenis ikan langka seperti barakuda, hiu white tip, black tip, hingga hammer shark yang akan menemani kamu menyelam.

2. Kepulauan Derawan

Tempat wisata Kalimantan Timur selanjutnya adalah Kepulauan Derawan. Pulau satu ini telah kerkenal hingga ke mancanegara. Tak heran banyak turis luar negeri berkunjung ke Kepulauan Derawan.

Pulau Derawan terkenal dengan terumbu karang yang indah, jumlah ikan-ikan karang yang tak terhitung, padang lamun yang subur, serta hutan mangrove yang masih terjaga. Bagi para pecitna dunia bawah laut, Pulau Derawan bagaikan surga.

Dengan berbagai jenis karang dan jenis ikan, bahkan merupakan salah satu spot pari manta yang jumlahnya sedikit di dunia, Pulau Derawan wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Kamu tidak hanya akan terkagum-kagum dengan berbagai keindahan di Pulau Derawan, namun juga tidak ingin meninggalkannya.

3. Gua Haji Mangku

Tempat wisata Kalimantan Timur yang berikutnya adalah Gua Haji Mangku. Salah satu tempat wisata Kalimantan Timur ini begitu eksotis karena airnya yang jernih kebiru-biruan. Selain itu, akses Gua Haji Mangku juga sangat mudah. Dari pintu masuk ke lokasi gua, kamu hanya perlu berjalan selama 10 menit saja. Lokasi tepatnya ada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Kalimantan Timur yang Terkenal Indah

4. Pulau Maratua

Tempat wisata Kalimantan Timur yang selanjutnya adalah Pulau Maratua. Keindahan alam Maratua yang terletak di perbatasan perairan Indonesian dan Malaysia ini bahkan disebut-sebut sebagai surga bawah laut untuk para penyelam.

Terumbu karang yang indah, ikan-ikan langka yang cantik dan berbagai biota laut lainnya merupakan keindahan utama yang akan kamu dapatkan dari salah satu wisata Kalimantan Timur ini. Bahkan menjelang senja tiba, ikan-ikan laut seperti lion fish, pari putih, hingga penyu akan menampakkan dirinya di bawah dermaga. 

5. Telaga Biru Tulung Ni’ Lenggo

Tulung Ni’ Lenggo menjadi salah satu tempat wisata Kalimantan Timur yang pas untuk merefleksikan diri sekaligus menikmati nuansa perkampungan yang asri dan alam yang menenangkan.

Airnya yang jernih dan pemandangan alam yang indah menjadikan spot ini sebagai tempat favorit untuk menenangkan diri. Pepohonan yang rindang juga menambah keasrian tempat wisata yang terbilang baru ini. Lokasinya berada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

6. Danau Labuan Cermin

Tempat wisata Kalimantan Timur selanjutnya adalah Danau Labuan Cermin. Danau Labuan Cermin ini terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini sendiri diberi nama Labuan Cermin karena memiliki air yang begitu jernih. Saking jernihnya, air danau tersebut terlihat seperti cermin, karena bayangan objek di atas danau bisa terlihat jelas dari permukaan air danau.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Kalimantan Timur yang Terkenal Indah

7. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah adalah salah satu tempat wisata Kalimantan Timur yang wajib dikunjungi. Pulau ini merupakan salah satu tempat wisata di Samarinda yang menawarkan panorama alam bawah laut. Airnya yang jernih, ombaknya yang tenang, serta pasir putihnya yang lembut membuat pulau ini kerap kali dijadikan arena untuk snorkeling.

Pulau ini terletak di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur. Untuk menuju ke sana, kamu membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar tiga jam dengan kendaraan. Di pulau ini kamu bisa melakukan beberapa kegiatan laut pada umumnya seperti melihat terumbu karang, menemukan biota laut yang beragam, dan bintang laut yang menggemaskan.

8. Pulau Sangalaki

Tempat wisata Kalimantan Timur berikutnya yaitu Pulau Sangalaki. Keindahan pantainya sudah tak terbantahkan lagi. Pasir yang putih, pemandangan pohon kelapa yang menenangkan dan ombak yang bergerak perlahan.

Belum lagi pemandangan bawah air bakal membuat kamu terus berdecak kagum karena keindahannya. Di Pulau Sangalaki ini, kamu bisa belajar tentang penyu. Kamu bisa melihat langsung bagaimana perkembangbiakkan penyu, dan bahkan bisa ikut melepas langsung anak-anak penyu ke laut lepas.

Bagi penggemar diving, kamu bisa melakukan penyelaman di sejumlah titik yang pemandangannya begitu menakjubkan, seperti spot seperti Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta  Avenue, Ridge, Light house, The Rockies, Channel Entrance, Coral Gardens, Town dan Sandy Ridge sudah sangat mendunia.

9. Taman Batu Bukit Sembinai

Tempat wisata Kalimantan Timur selanjutnya adalah Taman Batu Bukit Sembinai yang berlokasi di Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Jalur untuk menuju spot wisata ini bisa dikatakan cukup menantang.

Selain jalan yang berkelok-kelok, juga ada tanjakan dan turunan yang harus dilalui. Namun sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan perbukitan yang luar biasa keren. Bahkan, kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset dari puncak bebatuan yang indah ini. 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Kalimantan Timur yang Terkenal Indah

10. Wisata Alam Batu Dinding

Tempat wisata Kalimantan Timur yang lainnya adalah Batu Dinding di Kutai Kartanegara. Untuk sampai ke lokasi, perjalanan yang kamu lalui sedikit menguras tenaga. Menyusuri jalan setapak, kamu bisa merasakan kesejukan ditambah keindahan pemandangan dari perkebunan jeruk sunkist, buah naga dan pohon karet.

Sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhi perbukitan yang megah, membentang cukup luas, yang terlihat seperti dinding. Tempatnya yang eksotik dan keren, ditambah lanskap pemandangan serta panorama alam yang indah di sekelilingnya, membuat kamu betah saat berkunjung ke tempat wisata Kalimantan Timur ini.

11. Taman Nasional Kutai

Tempat wisata Kalimantan Timur lainnya adalah Taman Nasional Kutai. Taman Nasional Kutai sangat pas buat kamu yang ingin mengenal alam dan satwa Kalimantan TImur. Tempatnya berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan Bontang. Luasnya mencapai 198 ribu hektare.

Beberapa eksositem yang bisa kamu lihat antara lain hutan dipterocarpaceae campuran, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, vegetasi hutan kerangas, dan sebagainya. Lokasi wisata Kalimantan Timur ini berada di Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur.

12. Bukit Bangkirai

Tempat wisata Kalimantan Timur yang lainnya adalah Bukit Bangkirai. Di sini terdapat jembatan gantung pertama Indonesia yang berada di kawasan Semboja, Kutai Kertanegara. Luasnya mencapai 1.500 hektare, berada di hutan hujan tropis yang cukup jarang ditemui. Uniknya, kamu akan melihat banyak pohon setinggi 40 hingga 50 meter dengan diameter 2,3 meter. Lokasi tempat wisata Kalimantan Timur ini berada di Karya Merdeka, Semboja, Kutai Kartanegara Regency.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.