Sukses

Para Ahli Ungkap Genre Musik Ini Bikin Anak Doyan Makan Sayur, Patut Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian besar orang tua, mengatur pola makan sehat anak kerap jadi tantangan tersendiri. Pasalnya, menu sayur kerap jadi makanan yang dibenci banyak anak-anak. tak heran, berbagai cara dilakukan orang tua agar sang buah hati berkenan makan sayur. 

Mulai dari membujuknya dengan hal yang disukai, memberikan imbalan, atau bahkan menakut-nakuti anak kerap dilakoni. Namun belakangan ini para ilmuwan berhasil membuktikan sebuah teori dan trik agar anak-anak doyan makan sayur. Saat jam makan tiba, mereka akan disuguhi musik untuk merangsang anak-anak jadi suka makan sayur

Sebuah penelitian yang melibatkan Profesor Spence, seorang ahli dalam mencocokkan makanan dan musik, telah memberi label teknik 'bumbu sonik'. Terdengar asing memang, namun ada beberapa jenis lagu dengan genre menarik yang menjadikan penelitian ini berhasil membuahkan teori. 

Melansir dari Metro UK (10/11/2022), para ahli menemukan bahwa orang-orang mengalami makanan sekitar lima persen lebih manis saat mendengarkan soundtrack dengan rasa manis. Begitu pula sebaliknya jika dibandingkan dengan soundtrack dengan rasa manis yang rendah.

2 dari 3 halaman

Genre Musik Klasik Bikin Sayur Terasa Manis

Para peneliti meminta 106 anak untuk menilai makanan yang berbeda sambil mendengarkan berbagai jenis musik. Para sukarelawan memakan menu sayuran seperti wortel, mentimun, serta dua jenis biskuit sementara soundtrack yang diambil dari database penelitian yang sebelumnya dinilai 'manisnya' diputar untuk mereka.

Kendati demikian beberapa judul musik ini tak banyak orang yang tahu. Musik seperti Satie's Trois Gymnopédies No.2 Lent et triste, Camille Saint Saens-Carnival of the animals berjudul Aquarium, dan track ketujuh dari band musik klasik Mike Oldfield's Bells.

"Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa memasang sensorik ekstrinsik, yaitu musik, dapat membantu mengurangi asupan gula dengan meningkatkan penerimaan produk dengan kandungan gula yang lebih rendah," tulis tim peneliti dalam makalah penelitian mereka yang diterbitkan dalam jurnal Food Quality and Preference.

3 dari 3 halaman

Solusi Anak Doyan Makan Sayur

Anak-anak memang tempatnya suka dengan rasa manis. Meskipun bermain musik tidak sama dengan 'menambahkan gula ke makanan, genre musik lawas yang dipilih tersebut jadi strategi khusus agar membuat persepsi sayuran jadi terasa manis saat dikonsumsi. 

 

Penelitian sebelumnya cenderung fokus pada makanan 'sangat enak' seperti es krim, cokelat, serta anggur dan bir. Pihak tim percaya penelitian mereka jadi eksperimen pertama kalinya pendekatan bumbu sonik diterapkan untuk membuat anak-anak suka memakan sayuran.

Jadi, jika anak-anak Anda tidak tertarik dengan brokoli, kembang kol, atau kubis, putar musik Oldfield's Bells saat makan malam dan lihat apakah itu membantu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.