Sukses

Boikot adalah Bentuk Protes Terhadap Suatu Tindakan, Kenali Jenis-jenisnya

Boikot adalah istilah yang merujuk pada sikap sekelompok orang yang melakukan penolakan untuk bekerja sama.

Liputan6.com, Jakarta Boikot adalah istilah yang mungkin cukup sering kamu temui dalam berita di TV atau artikel online ataupun koran. Boikot biasanya berkaitan dengan sikap yang ditunjukkan seseorang dalam sejumlah peristiwa yang dinilai mengandung putusan dan tindakan yang tidak adil atau tidak benar.

Boikot adalah istilah yang merujuk pada sikap sekelompok orang yang melakukan penolakan untuk bekerja sama. Boikot biasanya dilakukan oleh sekelompok orang dalam rangka memprotes suatu hal yang tidak seharusnya begitu atau semestinya harus berubah.

Boikot adalah bentuk protes terhadap tindakan suatu kelompok, perusahaan, ataupun organisasi tertentu. Tindakan boikot bisanya dilakukan secara terorganisir dan melibatkan massa. Tindakan boikot ini biasanya hanya dilakukan dengan pencegahan, penolakan, atau penutupan terhadap suatu bisnis, kebijakan, atau isu tertentu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/11/2022) tentang boikot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Boikot adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), boikot adalah tolak kerja sama. Boikot adalah istilah yang memiliki beberapa kata turunan yang perlu kamu pahami, seperti memboikot, pemboikot, hingga pemboikotan. Memboikot artinya adalah bersekongkol menolak untuk bekerja sama (berurusan dagang, berbicara, ikut serta, dan sebagainya). Pemboikot artinya orang (pihak) yang memboikot, dan pemboikotan artinya proses, cara, perbuatan memboikot.

Boikot adalah istilah yang merujuk pada bentuk protes sekelompok orang terhadap sebuah isu, kebijakan, aturan, atau situasi tertentu dengan mencegah untuk tidak menggunakannya, berurusan, ataupun menolak semua kebijakannya. Jadi, boikot adalah bentuk penolakan terhadap sesuatu hal yang dinilai tidak sesuai, tidak adil, ataupun bermasalah.

Boikot dapat juga dimaknai sebagai bersepakat atau bersekongkol untuk menolak kerja sama. Penolakan kerja sama ini dapat terjadi dalam berbagai bidang mulai dari perdagangan, bisnis, aktivitas, partisipasi pihak tertentu, dan lain sebagainya.

Contoh penerapan arti boikot misalnya melakukan boikot terhadap produk A. Dalam hal ini, boikot adalah tindakan untuk mencegah agar tidak menggunakan, membeli, atau menjual produk A. Inilah yang disebut dengan boikot yang dapat dilakukan oleh sekelompok orang, sekelompok organisasi, ataupun lembaga tertentu. boikot dapat juga diartikan sebagai bentuk protes dan penolakan terhadap suatu kejadian tertentu.

3 dari 4 halaman

Sejarah Boikot

Boikot adalah istilah yang tentunya tidak muncul begitu saja tanpa cerita. Munculnya istilah boikot memiliki sejarah tersendiri. Penggunaan istilah boikot bermula dari seorang tokoh bernama Charles Cunningham Boycott. Melansir britannica.com, awalnya tindakan boikot adalah bentuk protes para petani yang kala itu mendapatkan harga sewa yang tak sebanding dengan permintaan mereka. Pasalnya para petani ingin harga sewa diturunkan sebesar 25% namun hanya dikurangi 10% oleh pihak pengelola tanah pertanian di County Mayo yang managernya adalah Charles Cunningham Boycott. Penurunan harga sewa ini dilakukan lantaran kala itu para petani mengalami gagal panen.

Namun para petani yang tidak mau membayar justru diusir hingga membuat Charles mendapatkan berbagai penolakan dari penduduk di wilayah sekitar. Selanjutnya memunculkan aksi protes yakni seperti mogok kerja.

Kemudian, pada tahun 1950 hingga 1960-an istilah boikot juga populer digunakan di Amerika. Di mana istilah tersebut dipakai dalam gerakan untuk memperjuangkan hak-hak sipil Amerika. Istilah ini juga dipakai dalam berbagai bidang tidak hanya sektor bisnis saja melainkan juga bentuk protes terhadap suatu aturan ataupun kebijakan suatu negara dengan negara lainnya.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Boikot

Boikot adalah bentuk protes terhadap sesuatu atau penolakan untuk bekerja sama dengan sesuatu tersebut. Tujuan boikot adalah untuk memaksa agar suatu kebijakan atau aturan tertentu bisa diubah. Istilah boikot ini memiliki beberapa persamaan kata atau sinonim yang perlu kamu kenali. Melansir KapanLagi, sinonim boikot adalah sebagai berikut: menolak atau penolakan; mencegah; memblokir; memotong; menutup; mengecualikan; penjahat; tidak setuju.

Umumnya tindakan boikot berkaitan dengan berbagai bentuk perdagangan. Namun tidak hanya itu, ada beberapa jenis tindakan boikot yang bisa terjadi dalam berbagai bidang. Berikut jenis-jenis tindakan boikot yang perlu kamu pahami:

Boikot Konsumen

Boikot konsumen artinya tindakan boikot untuk mengimbau agar masyarakat umum tidak membeli atau menggunakan produk dari perusahaan tertentu. Sejumlah sumber menyebutkan kalau jenis boikot ini bisanya dilakukan oleh sekelompok aktivis sosial akibat dampak dari suatu kejadian, kebijakan, atau peristiwa tertentu yang dinilai tidak adil, tidak benar, ataupun bermasalah. Sehingga menimbulkan bentuk protes agar mencegah pembelian produk tertentu.

Boikot Business to Business

Boikot business to business adalah tindakan memboikot suatu bisnis tertentu dengan mengunggulkan bisnis lainnya. Dengan kata lain arti boikot ini adalah melindungi satu bisnis terhadap lainnya. Misalnya saja karena terjadi perang dagang antara negara A dan B, maka sekelompok orang dari negara A memboikot produk dagang dari negara B. Selain itu memberi hadiah bagi seseorang yang akan membeli produk dari negara A itu sendiri.

Boikot Employee Walkout

Boikot employee walkout merupakan tindakan boikot yang dilakukan sekelompok karyawan atau buruh sebagai dampak aksi protes terhadap perusahaannya karena suatu kebijakan atau aturan yang diterbitkan dinilai tidak adil dan tidak sesuai. Misalnya saja boikot dengan cara mogok kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.