Sukses

Blog Adalah Semacam Website, Ini Manfaat dan Cara Mudah Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Blog adalah website yang berisi tulisan-tulisan baik itu artikel maupun jurnal harian. Dilansir dari First Site Guide, pada 1994 blog adalah website yang lebih banyak difungsikan sebagai buku harian atau diary online. Dengan blog, pemilik blog bisa membagikan berbagai macam cerita tentang kehidupan sehari-seharinya.

Blog adalah sebutan singkat dari weblog. Blog adalah website yang lebih mengacu pada jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan posting terbaru muncul pertama, di bagian atas. Blog adalah platform di mana seorang penulis atau sekelompok penulis berbagi pandangan mereka tentang subjek individu.

Semula, blog adalah website yang lebih banyak digunakan sebagai diary atau buku harian online. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan blog semakin meluas, bahkan dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

Sebagai salah satu media untuk mengembangkan bisnis, blog adalah suatu media yang bisa digunakan untuk memasang iklan. Di samping itu, blog juga bisa berfungsi untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencarian Google.

Berikut adalah ulasan lengkap mengenai blog, mulai dari awal kemunculannya hingga bagaimana blog sekarang, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (6/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Awal Kemunculan Blog

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, blog adalah media yang muncul pertama kali pada 1996. Adalah Justin Hall, seorang mahasiswa dari Swarthmore College, yang dianggap pembuat blog pertama dengan alamat Links.net. Namun pada saat itu, sebutannya bukan blog, melainkan personal homepage.

Kemudian pada tahun 1997, Jorn Barger, blogger untuk Robot Wisdom, menciptakan istilah "weblog", yang dimaksudkan untuk menggambarkan prosesnya untuk "mencatat web" saat ia menjelajahi internet. Istilah "weblog" disingkat menjadi "blog" pada tahun 1999, oleh programmer Peter Merholz.

Awalnya, blog adalah log web atau jurnal pribadi di mana seseorang dapat berbagi informasi atau pendapat mereka tentang berbagai topik. Informasi tersebut diposting secara kronologis terbalik, sehingga postingan terbaru akan muncul terlebih dahulu.

Saat ini, blog adalah situs web atau halaman web yang diperbarui secara berkala, dan dapat digunakan untuk penggunaan pribadi atau untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Bahkan jika blog pribadi cukup sukses, penulis juga dapat menghasilkan uang melalui sponsor atau iklan.

3 dari 5 halaman

Perbedaan Blog dengan Website

Jika dilihat dari bentuknya, blog adalah hal yang sangat mirip dengan website. Bahkan blog dan website bisa dikatakan serupa. Meski demikian, tetap ada perbedaan tipis antara blog dan website.

Blog adalah bagian dari website. Tidak seperti bagian website lain, blog perlu diperbaharui dengan menambahkan posting baru. Selain itu, blog adalah alat yang memungkinkan Anda untuk terlibat lebih banyak dengan audiens, baik dengan menganalisis berapa banyak pembaca yang membagikan postingan blog Anda di media sosial, atau dengan mengizinkan pembaca mengomentari postingan individual Anda.

Dengan cara ini, blog lebih seperti komunikasi dua arah dengan menggunakan website. Namun, sebuah blog juga dapat menjadi keseluruhan situs web. Blog adalah sesuatu yang juga bisa dikatakan sebagai website jika blog tersebut hanya untuk penggunaan pribadi, misalnya, blog pribadi yang berisi tentang kisah-kisah perjalanan seseorang ke berbagai tempat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Blog

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki blog dan aktif memperbaharuinya. Salah satu manfaat blog adalah dapat meningkatkan pengunjung website bisnis. Blog juga dapat membantu reputasi dalam industri yang akan membuat bisnis terus tumbuh.

1. Tingkatkan Peringkat Website di Mesin Pencari

Seperti telah dibahas sebelumnya, blog adalah yang awalnya untuk membagikan kisah-kisah pribadi atau opini. Namun seiring berjalannya waktu, blog kini memiliki banyak manfaat, terutama dalam meningkatkan peringkat website di mesin pencari seperti Google.

Untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari, biasanya sebuah website akan memiliki blog yang diisi dengan artikel yang ditulis berdasarkan kaidah SEO.

2. Personal Branding

Personal branding adalah tentang bagaimana Anda dikenal sebagai apa. Apakah seorang pelancong yang memiliki pengetahuan luas mengenai tempat wisata menarik, apakah Anda ingin dikenal sebagai orang yang ahli di bidang IT, atau apapun itu. Anda bisa membangun personal branding dengan membagikan segala hal yang Anda ketahui melalui blog.

Sebagai contoh seperti yang dilansir dari blog.hubspot.com, pada tahun 2006, Matt Kepnes yang berasal dari Boston berhenti dari pekerjaannya dan mulai berkeliling dunia. Dia mendokumentasikan perjalanannya di blognya yang sekarang terkenal, NomadicMatt.com.

Dengan ketekunannya dalam yang selalu mendokumentasikan perjalanannya di seluruh dunia, kini Matt dikenal sebagai ahli dalam hal perjalanan dan wisata.

3. Menghasilkan Uang

Blog adalah media yang dapat menghasilkan uang bagi pemiliknya. Uang ini dihasilkan dari pemasangan iklan atau sponsor. Matt Kepnes masih menjadi contoh nyata tentang bagaimana blog dapat membantunya menghasilkan uang.

Dengan ketekunananya membagikan dokumentasi perjalanannya ditambah dengan strategi SEO, Matt dapat menarik 1,5 juta pengunjung per bulan dan menghasilkan $750.000 setahun.

4. Menarik Pembeli

Blog adalah media yang dapat menghasilkan uang. Selain iklan tentu saja, Anda dapat menjual produk. Biasanya, untuk dapat menerik pembeli, blog biasanya dilengkapi dengan tulisan yang menceritakan manfaat dari produk yang dijual. Untuk meningkatkan kesuksesan konversi pengunjung blog menjadi pembeli, biasanya tulisan tersebut ditulis dengan menggunakan teknik copywriting.

5. Meningkatkan Engagement

Blog adalah bagian dari website yang berisi tulisan-tulisan mengenai suatu topik. Tidak hanya itu, berbeda dengan bagian website lain, blog biasanya dilengkapi dengan kolom komentar yang memungkinkan pengunjung untuk memberikan komentar terkait suatu tulisan yang diposting. Dengan banyaknya interaksi dengan pengunjung web, tentunya akan meningkatkan engagement, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Blog

Cara membuat blog bisa dibilang relatif sederhana dan gratis. Bahkan bisa dibilang semudah membuat akun media sosial. Blogger dan WordPress adalah nama yang cukup populer yang dapat Anda gunakan untuk membuat blog pertama Anda. Keduanya memiliki tampilan yang sederhana dengan sistem navigasi yang akan memudahkan untuk melakukan berbagai macam pengaturan, mulai dari pengaturan layout dan tampilan.

Cara Membuat Blog dengan Blogger

Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna. Blogger dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut memiliki subdomain "blogspot.com". Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat blog dengan menggunakan Blogger:

1. Masuk ke Blogger dengan mengunjungi situs Blogger.com, kemudian lakukan pendaftaran.

2. Di sebelah kiri, klik Panah bawah Panah bawah.

3. Klik Blog baru.

4. Masukkan nama untuk blog Anda.

5. Klik Berikutnya.

6. Pilih alamat blog atau URL.

7. Klik Simpan.

Catatan: Pastikan Anda mematuhi Kebijakan Konten Blogger dan Persyaratan Layanan.

Mengelola Blog Anda

Anda dapat mengatur siapa yang dapat mengedit dan membaca blog Anda. Pelajari cara mengontrol akses ke blog Anda. Anda dapat juga memilih bagaimana Anda ingin blog Anda terlihat.

Cara Membuat Blog dengan WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan pangkalan data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka. Untuk membuat blog dengan WordPress, Anda cukup mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

1. Kunjungi WordPress.com dan klik Mulai untuk membuat akun baru Anda dalam tiga langkah cepat.

2. Pilih nama untuk blog Anda

3. Buat Postingan

4. Dari dasbor Anda, klik Postingan dan klik Tambahkan Posting Baru untuk mulai menyusun pengantar pertama Anda ke dunia.

5. Buat Menu Navigasi. Menu navigasi adalah daftar tautan yang Anda lihat di bagian atas situs web yang dapat digunakan pembaca untuk menemukan jalan di sekitar situs Anda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS