Sukses

13 Wisata Kintamani yang Sajikan Pemandangan Indah, Mulai Danau hingga Sunrise Spot

Liputan6.com, Jakarta Kintamani adalah sebuah kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Kintamani juga merupakan kawasan wisata yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Tempat wisata Kintamani juga nggak kalah menarik, bahkan jika dibandingkan tempat-tempat lain di Bali.

Sebagian orang Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan Kintamani, paling tidak pernah mendengar nama Kintamani dari salah satu tembang dari Shaggydog. Kintamani mungkin lebih dikenal dengan ras anjing kintamani, yang sudah diakui oleh dunia internasional.

Lebih dari itu, kawasan wisata Kintamani juga tidak kalah menarik. Berada di dataran tinggi, kawasan wisata Kintamani pastinya akan menghadirkan suasana sejuk yang menyegarkan. Tidak hanya itu, kawasan wisata Kintamani juga memiliki banyak spot di mana kita bisa menikmati indahnya matahari terbit.

Tidak hanya itu, bagi penggemar petualangan, kawasan wisata Kintamani juga memiliki tempat wisata pendakian. yang jelas tempat wisata Kintamani sangat bervariatif, sehingga ada banyak pilihan menarik di sini. Berikut adalah sejumlah rekomendasi tempat wisata Kintamani yang cocok untuk sebagai tujuan liburan bersama teman atau keluarga, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sunber, Jumat (28/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Desa Penelokan Kintamani

Rekomendasi tempat wisata Kintamani yang pertama adalah Desa Penelokan. Desa wisata ini berada di jalan raya jurusan Bangli-Singaraja, sangat strategis. Di sini wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur dari ketinggian 1500 mdpl. Selain itu, dari desa ini, pengunjung juga bisa menyaksikan pemandangan Danau Batur yang terlihat seperti bulan sabit.

Desa Penelokan merupakan desa yang dikenal dengan kesuburan tanahnya. Hal itu tidak lepas dari aktivitas Gunung Batur yang masih aktif. Jika datang ke sini lebih baik siapkan baju yang tebal, karena akan terasa dingin luar biasa. Apalagi bagi wisatawan yang datang dari perkotaan.

2. Gunung Batur

Gunung Batur merupakan salah satu gunung yang masih aktif di Pulau Bali. Ini juga menjadi salah satu tempat wisata Kintamani yang wajib dikunjungi, terutama bagi kamu yang memiliki kegemaran mendaki gunung. Bahkan jika kamu masih pemula, tidak masalah untuk mencoba gunung yang satu ini, karena akan ada pemandu yang siap melayani. Tidak hanya pendakian saja, kamu juga bisa melakukan sesi foto prewedding di sekitar gunung ini.

3. Danau Batur

Danau Batur merupakan salah satu danau terbesar yang ada di Pulau Bali. Keindahannya tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan warna airnya bisa berubah-ubah. Terkadang kekuningan dan terkadang berwarna kehijauan. Danau ini juga menjadi dermaga menuju Desa Trunyan.

3 dari 6 halaman

4. Pemandian Air Panas Toya Bungkah Kintamani

Salah satu tujuan liburan adalah untuk bisa bersantai dan melepas penat. Salah satu cara bersantai yang sangat menyenangkan adalah dengan berendam air panas. Jika Anda ingin merelaksasikan otot-otot yang tegang dengan berendam air panas tidak jauh dari Danau batur terdapat tempat pemandian air panas, yang tak lain adalah Pemandian Air Panas Toya Bungkah.

Tempat ini konon bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Membantu menyegarkan tubuh dan juga bisa meremajakan kulit. Air panas danau ini berasal dari Gunung Batur, yang suhu airnya mencapai 50°C. Ada empat jenis kolam pemandian air panas yang tersedia. Kolam pemandian air panas khusus anak, kolam pemandian untuk natural therapy, kolam floating sunburn Batur, dan kolam renang biasa.

5. Desa Trunyan

Desa Trunyan terletak di sebelah Timur Danau Batur. Desa Trunyan merupakan tempat wisata Kintamani yang sangat unik, sebab daya tarik yang dimilikinya adalah pemakaman. Bedanya, jenazah yang ada di tempat pemakamanan di Desa Trunyan tidak dikremasi atau dikubur, melainkan hanya diletakkan begitu saja. Setiap jenazah hanya dibaringkan di bawah pohon Taru Menyan, tepat di atas tanah yang ditutupi ancak saji dari daun dan bambu.

Yang menakjubkan, meskipun hanya dibaringkan tetapi mayat-mayat ini tidak menimbulkan bau busuk. Di desa inilah wisatawan bisa belajar tentang tradisi dan adat yang masih kental. Dan hal ini tidak akan didapatkan jika berwisata di pesisir pantai.

4 dari 6 halaman

6. Puncak Indrakila Trunyan

6. Puncak Indrakila Trunyan

Puncak Indrakila juga disebut sebagai Puncak Bukit Trunyan dan memiliki dua jalur pendakian. Jalur pendakian yang populer adalah jalur yang dimulai dari Desa Trunyan. Jadi jika kamu baru saja mengunjungi Desa Trunyan, kamu bisa langsung mendaki Puncak Indrakila Trunyan.

Bukit setinggi 1800 mdpl ini memiliki pemandangan apik akan membuat pendakianmu tidak akan sia-sia. Kamu bisa leluasa melihat pemandangan Gunung Agung, Gunung Batur dan Gunung Abang yang memikat. Tidak hanya melakukan pendakian, kamu juga bisa sekalian camping di puncaknya.

7. Pura Ulun Danau Batur

Pura di tepi Danau Batur ini merupakan pura yang sangat dihormati. Di sana ada 9 pura dengan 285 kuil dan pavilion yang sengaja dipersembahkan untuk para dewa dan dewi. Pura Ulun Danu Batur adalah salah satu pura terpenting di Pulau Bali. Pura ini seringkali digunakan untuk melaksanakan upacara adat atau persembahyangan umat Hindu di Pulau Bali. Menurut catatan sejarah, pura ini pernah hancur karena letusan Gunung Batur dan kemudian kembali dibangun pada tahun 1926.

5 dari 6 halaman

8. Gunung Abang

Jika belum puas melakukan pendakian di Puncak Indrakila Trunyan, masih ada Gunung Abang yang bisa ditaklukkan. Gunung Abang memiliki ketinggian 2151 mdpl, yang menawarkan tantangan pendakian yang cukup menarik wisatawan. Di tempat wisata Kintamani ini juga bisa digunakan untuk menikmati sunrise seperti di Pantai Sanur. Suasana menikmati sunrise di Gunung Abang ini tentu saja akan terasa lebih sejuk karena berada di ketinggian. Selain itu juga membuat wisatawan bisa menikmati Danau Batur dengan cara berbeda.

9. Museum Geopark Batur Kintamani

Kawasan gunung dan danau Batur memang telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu global geopark. Artinya, kawasan wisata kintamani tersebut memiliki kekayaan di bidang arkeologi, geologi hingga budaya. Kamu bisa menikmati semua detailnya yang terpampang di dalam museum ini.

Museum Geopark Batur Kintamani terdiri atas ruang keanekaragaman hayati, ruang keanekaragaman budaya, dan auditorium. Ruang auditorium menyediakan sejumlah film edukasi tentang gunung api. Serunya lagi, juga ada pos pengamatan yang dapat dikunjungi untuk mengamati aktivitas vulkanik Gunung Batur.

6 dari 6 halaman

10. Sukawana Sunrise Spot

Dari namanya saja, sudah jelas apa yang ditawarkan tempat wisata Kintamani ini. Sukawana Sunrise Spot jelas akan memberikan pengalaman menarik dalam menikmati pemandangan matahari terbit. Selain itu, pemandangan di sekelilingnya juga sama indahnya. Menariknya lagi, tempatnya pun sudah tertata rapi dan dilengkapi anjungan sehingga memudahkan untuk menemukan spot yang keren.

Takut tidak bisa bangun pagi dan ketinggalan sunrise? Sewa saja akomodasi untuk camping atau glamping yang ada di sekitarnya. Jika sudah puas mengabadikan diri, kamu dapat turun untuk sarapan ke Sukawana Sunrise Cafe.  

11. Hutan Pinus Glagah Linggah Lestari

Salah satu tempat wisata Kintamani yang menarik lainnya adalah Hutan Pinus Glagah Linggah Lestari. Tempat wisata ini masih memiliki udara sejuk dan segar. Lokasinya mudah ditemukan karena dekat dengan rumah penduduk. Sembari berjalan kaki, kamu dapat menikmati nuansa pedesaan yang menenteramkan di sini. Kamu juga bisa menikmati suara serangga dan kicauan burung yang sulit kamu temukan di perkotaan.

12. Pinggan Sunrise Spot

Desa Pinggan dijuluki sebagai desa di atas awan karena lokasinya yang berada di dataran tinggi dan ketika kabut turun, maka kamu akan benar-benar merasa seperti terbang di atas gumpalan awan. Cukup siapkan baju hangat yang keren dan kamu akan siap menjelajah setiap sudutnya yang sangat instagrammable.

Tempat wisata Kintamani yang digemari banyak pelancong adalah Pinggan Sunrise Spot di mana kamu dapat melihat semburat sinar matahari pagi yang luar biasa sebelum muncul sempurna menyinari desa di bawahnya. Sebaiknya kamu sudah siap di sunrise spot sekitar pukul 05.30 WITA agar tidak ketinggalan momen singkat yang berharga itu.

13. Air Terjun Langgahan

Air Terjun Langgahan atau disebut juga Air Terjun Pelisan merupakan salah satu tempat wisata Kintamani yang sangat menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini mempunyai aliran air berkelok-kelok yang cantik saat dilihat dari atas. Di hari-hari biasa, debit airnya tidak terlalu deras sehingga kamu bisa berendam sambil duduk di atas bebatuannya. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS