Sukses

Cara Menggunakan WhatsApp Business, Ketahui Kelebihan dan Manfaat untuk Usaha

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang di seluruh belahan dunia sekarang telah bergantung pada penggunaan aplikasi perpesanan untuk berkomunikasi. Bahkan, saat ini aplikasi perpesanan tidak hanya digunakan untuk komunikasi saja, melainkan juga untuk jual beli.

Peluang ini tampaknya telah dimanfaatkan salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia, WhatsApp untuk mengeluarkan varian WhatsApp Business. WhatsApp Business merupakan layanan WhatsApp yang dikhususkan untuk bisnis berskala menengah hingga besar. Layanan ini memiliki sejumlah fitur yang dapat membantu pelaku bisnis, mulai dari pemesanan, pembelian, hingga aktivitas lainnya.

Berbeda dengan aplikasi WhatsApp biasa, WhatsApp Business memiliki sejumlah fitur tambahan yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur pesan otomatis. Misalnya ketika menerima pesan, maka secara otomatis akan akan memberikan balasan berupa chat seperti pesan selamat datang, Frequently asked questions (FAQ), atau informasi lainnya.

Satu fitur ini saja tentu sangat memudahkan bagi pelaku usaha yang biasa menerima pesan dalam jumlah ratusan atau ribuan per harinya. Selain itu, masih ada sejumlah fitur yang sangat berguna bagi para pelaku usaha.

Cara menggunakan WhatsApp Business bisa dibilang relatif mudah. Namun sebelum membahas cara menggunakan WhatsApp Business, berikut adalah sejumlah kelebihannya dibandingkan WhatsApp biasa, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kelebihan WhatsApp Business

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, WhatsApp Business memiliki sejumlah fitur tambahan yang berbeda dari WhatsApp biasa. Sehingga WhatsApp Business memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan WhatsApp biasa. Adapun kelebihan WhatsApp Business adalah sebagai berikut:

a. Profil

Profil akun WhatsApp Business dapat memuat informasi yang lebih lengkap daripada WhatsApp biasa. Di bagian profil, Anda bisa menambahkan informasi yang lebih lengkap mengenai bisnis Anda, mulai dari nama, deskripsi, kategori usaha, alamat, jam kerja, hingga email atau tautan singkat.

b. Sistem Keamanan

Selain profil akun yang dapat memuat informasi yang lebih lengkap, sistem keamanan WhatsApp Business juga lebih ketat. Sistem keamanan WhatsApp Business menggunakan sistem verifikasi yang meminta pengguna untuk memasukkan Nomor PIN sebanyak 6 digit untuk bisa log in.

WhatsApp Business juga menggunakan sistem verifikasi dua langkah, di mana Anda memiliki opsi untuk memasukkan alamat email. Informasi tersebut akan memungkinkan WhatsApp untuk mengirimi Anda email berisi tautan untuk menyetel ulang ketika Anda lupa PIN dan juga untuk membantu menjaga keamanan akun Anda.

c. Nomor Telepon

Jika menggunakan WhatsApp biasa, pengguna hanya dapat menggunakan dan menampilkan satu nomor saja, yakni nomor ponsel. Namun dengan menggunakan WhatsApp Business, Anda dapat menggunakan nomor ponsel sekaligus menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor.

d. Katalog Produk

WhatsApp Business juga memiliki fitur katalog. Dengan fitur ini, pengguna memungkinkan untuk memajang dan memberikan informasi mengenai produk yang akan ditawarkan. Katalog tersebut akan ditampilkan pada profil bisnis. Fitur ini jelas akan lebih memudahkan pembeli untuk memilih produk yang akan dibeli.

e. Fitur Pesan Pembuka (Greeting Message)

Fitur Greeting Message, memungkinkan Anda menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis. Fitur ini juga memudahkan Anda untuk mempromosikan produk baru kepada seluruh pelanggan.

f. Fitur Pesan Tidak di Tempat (Away Message)

Fitur Away Message berfungsi untuk memberikan pesan balasan secara otomatis, sehingga meski sibuk, Anda tetap bisa menjawab pesan dari pelanggan.

g. Fitur Balas Cepat (Quick Replies)

Fitur Quick Replies berfungsi untuk membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama. Anda cukup membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan pelanggan tentang bisnis Anda. Saat ada pesan masuk, Anda cukup mengetik simbol garis miring (/) dan akan muncul quick replies yang sudah Anda buat, sehingga dapat menghemat waktu.

h. Analisis Data Statistik & Interaksi Pelanggan

Fitur Statistik aplikasi WhatsApp Business membantu Anda memahami interaksi dan pengalaman pelanggan. Fitur ini menampilkan berapa banyak pesan yang dikirimkan, tersampaikan, dibaca, dan diterima.

i. Fitur Labels

Fitur Labels berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengelompokan berbagai kategori pelanggan, mulai dari pelanggan baru, pesanan baru menunggu pembayaran, telah membayar atau pesanan selesai.

j. Dapat Dihubungkan dengan Facebook dan Instagram

Akun WhatsApp Business dapat ditautkan dengan halaman Facebook atau Profil Instagram guna menyediakan cara lain pelanggan untuk berkomunikasi. Dengan fitur ini pula, Anda juga dapat mengelola ketiga akun tersebut dengan lebih mudah dan praktis.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menggunakan WhatsApp Business untuk Pelaku Usaha

WhatsApp Business memang dibuat untuk memudahkan para pelaku usaha untuk memudahkan dalam menjalankan usahanya secara online. Oleh karena itu, penggunaan WhatsApp Business diharapkan dapat membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan usahanya baik dari segi pelayanan maupun angka penjualan. Adapun manfaat WhatsApp Business bagi pelaku usaha antara lain adalah sebagai berikut:

a. Efisiensi Business

WhatsApp Business memiliki sejumlah fitur yang tidak ada dalam WhatsApp Biasa. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, Anda bisa melayani pelanggan dengan lebih mudah dan efisien. Apalagi dengan fitur labels, Anda tidak perlu repot mengingat atau membuat catatan, pelanggan mana saja yang sudah melakukan pembayaran atau belum, sehingga proses transaksi bisa berjalan dengan lebih lancar.

b. Komunikasi yang Lebih Mudah

Sejumlah fitur pesan otomatis tentu akan memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Anda masih bisa memberikan tanggapan terhadap pesan dari pelanggan dengan cepat meski sedang sibuk. Dengan begitu akan meningkatkan kualitas dari sisi pelayanan.

c. Informasi Lebih Jelas dan Lengkap

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, WhatsApp Business memiliki kelebihan dari sisi profil akun. Di profil akun WhatsApp Business Anda dapat memuat sejumlah informasi detail mengenai usaha Anda, meliputi identitas bisnis seperti menambahkan nomor kontak, URL situs web, lokasi toko, detail promosi, dan informasi lain. Dengan informasi yang lebih lengkap, tentu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Cara menggunakan WhatsApp Business pun bisa dibilang mudah. caranya hampir sama dengan menggunakan WhatsApp biasa, bedanya ada sejumlah informasi tambahan yang perlu dimasukkan dalam proses pendaftaran. Berikut adalah cara menggunakan WhatsApp Business:

1. Unduh dan luncurkan aplikasi WhatsApp Business: Aplikasi WhatsApp Business gratis untuk diunduh di Google Play Store dan Apple App Store. Ketuk ikon WhatsApp Business di layar beranda Anda.

2. Tinjau Persyaratan Layanan: Baca Persyaratan Layanan WhatsApp Business, lalu ketuk Setuju dan Lanjutkan untuk menerima persyaratan.

3. Daftar: Pilih negara Anda dari daftar drop-down untuk menambahkan kode negara Anda, lalu masukkan nomor telepon Anda dalam format nomor telepon internasional. Ketuk Selesai atau Berikutnya, lalu ketuk Oke untuk menerima kode registrasi 6 digit Anda melalui SMS atau panggilan telepon. Untuk menyelesaikan pendaftaran, masukkan kode 6 digit Anda. Pelajari cara mendaftarkan nomor telepon Anda di artikel ini.

4. Izinkan akses ke kontak dan foto: Kontak dapat ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business dari phonebook Anda. Anda juga dapat mengizinkan akses ke foto, video, dan file ponsel Anda.

5. Buat akun: Isi nama bisnis Anda, pilih kategori bisnis, dan pilih gambar profil.

6. Buat profil bisnis Anda: Ketuk JELAJAHI > Profil bisnis. Di sini, Anda dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat bisnis, deskripsi, jam buka, dan lainnya.

7. Sekarang, Anda sudah dapat menggunakan WhatsApp Business untuk meningkatkan pelayanan Anda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS