Sukses

16 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel Secara Alami

Kumpulan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel.

Liputan6.com, Jakarta - Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel bisa dilakukan secara alami dan mengandalkan ahli kecantikan profesional. Penanganan flek hitam akibat hiperpigmentasi kulit yang ringan cocok dengan perawatan secara alami. Akan tetapi, ini tidak berlaku untuk kondisi hiperpigmentasi parah.

Melansir dari Health Line dan Medical News Today, pada Selasa (25/10/2022) ada enam belas cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Mulai dari menghilangkan flek hitam dengan cuka sari apel, lidah buaya, bawang merah, teh hijau, tomat, hingga susu.

Pada kondisi hiperpigmentasi parah, cara menghilangkan flek hitam dengan bantuan ahli sangat diperlukan. Seperti melakukan perawatan dengan retinoid, chemical peels, terapi laser, dan mikrodermabrasi. Lalu, bisa pula menggunakan produk kecantikan dengan kandungan hydroquinone atau asam kojic.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam enam belas cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami, Selasa (25/10/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel Secara Alami

Ini cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami direkomendasikan Health Line:

1. Cuka Sari Apel

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan cuka sari apel. Mengapa ini bisa diandalkan? Cuka sari apel mengandung asam asetat, yang menurut penelitian dapat mengatasi masalah pigmentasi kulit.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami:

- Campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan yang sama dalam wadah.

- Oleskan ke tambalan gelap Anda dan biarkan selama dua hingga tiga menit.

- Bilas menggunakan air hangat.

- Ulangi dua kali sehari Anda mencapai hasil yang Anda inginkan.

2. Lidah Buaya

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan lidah buaya. Lidah buaya mengandung aloin, senyawa depigmentasi alami yang telah terbukti mencerahkan kulit. Senyawa ini bekerja secara efektif sebagai pengobatan hiperpigmentasi nontoksik, menurut sebuah studi tahun 2012.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami:

- Oleskan gel lidah buaya murni ke area berpigmen sebelum tidur.

- Bilas menggunakan air hangat keesokan paginya.

- Ulangi setiap hari sampai warna kulit membaik.

3. Bawang Merah

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan bawang merah. Ekstrak bawang merah (Allium cepa) ini bahan dalam beberapa krim pencerah kulit dan bekas luka yang tersedia secara komersial.

Efektivitas cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian. Kulit kering bawang merah dapat secara efektif mencerahkan kulit. Cari krim untuk hiperpigmentasi yang mengandung Allium cepa dan gunakan sesuai petunjuk.

4. Ekstrak Teh Hijau

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan ektrak teh hijau. Penelitian menunjukkan ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi ketika dioleskan ke kulit.

Beberapa situs web menyarankan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami ini. Mengoleskan kantong teh hijau ke bintik-bintik gelap untuk efek mencerahkan, meski sebenarnya belum ada bukti penelitian tentang ini.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami:

- Rendam kantong teh hijau dalam air matang selama tiga sampai lima menit.

- Keluarkan kantong teh dari air dan biarkan dingin.

- Gosokkan kantong teh di atas noda hitam Anda.

- Ulangi dua kali sehari sampai mendapatkan hasil.

5. Air Teh Hitam

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan air teh hitam. Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan pada tahun 2011 menemukan air teh hitam menghilangkan bintik-bintik gelap pada marmut. Air teh hitam dioleskan dua kali sehari, enam hari seminggu selama empat minggu.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami:

- Tambahkan satu sendok makan daun teh hitam segar ke dalam secangkir air suling mendidih.

- Rendam selama dua jam dan saring untuk menghilangkan daunnya.

- Rendam bola kapas dalam air teh dan oleskan ke area hiperpigmentasi, dua kali sehari.

- Ulangi setiap hari selama enam hari seminggu, selama empat minggu.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel Secara Alami Selanjutnya

6. Ekstrak Licorice

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan ekstrak licorie. Ekstrak licorice mengandung bahan aktif yang telah terbukti mampu menyamarkan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh melasma dan paparan sinar matahari.

7. Susu

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan susu. Susu, buttermilk, dan susu asam semuanya telah terbukti secara efektif meringankan perubahan warna kulit. Asam laktat adalah bahan yang bertanggung jawab untuk efek ini.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami:

- Rendam bola kapas dalam susu.

- Gosokkan pada bagian kulit yang gelap dua kali sehari.

- Ulangi setiap hari sampai Anda melihat hasilnya.

8. Pasta Tomat

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan pasta tomat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Journal of Dermatology pada tahun 2011 menemukan pasta tomat yang kaya likopen melindungi kulit dari aspek kerusakan warna kulit jangka pendek dan jangka panjang. Peserta studi mengonsumsi 55 gram pasta tomat dalam minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu.

9. Ekstrak Anggrek

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan ekstrak anggrek. Ekstrak anggrek sama efektifnya dengan obat hiperpigmentasi vitamin C, menurut penelitian.

Menerapkan ekstrak kaya anggrek ke kulit selama delapan minggu meningkatkan ukuran dan tampilan bercak gelap. Cobalah produk yang mengandung ekstrak anggrek, antara lain masker, krim, dan lulur. Gunakan sesuai petunjuk untuk hasil terbaik.

10. Masoor Dal (Kacang Merah)

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan kacang merah. Masker wajah ini terbuat dari lentil merah, cukup populer dijadikan sebagai perawatan kulit hiperpigmentasi. Meskipun belum ada bukti untuk mendukung klaim ini, kacang merah kaya akan antioksidan yang dikenal baik untuk kulit.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami:

- Rendam 50 gram kacang merah semalaman dalam semangkuk air.

- Gunakan blender atau food processor untuk membuat pasta halus.

- Oleskan pasta secara merata ke wajah dan biarkan selama 20 menit.

- Bilas dengan air dingin dan keringkan kulit dengan handuk.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel Secara Alami Lainnya

Apalagi yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam? Ini cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami lain direkomendasikan Medical News Today:

11. Hidrokuinon

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan hidrokuinon. Hydroquinone adalah bahan populer dalam produk untuk hiperpigmentasi. Ia bekerja dengan mengurangi produksi melanin.

Meski begitu, beberapa negara ada yang melarang hydroquinone karena masalah keamanan. Misalnya, penelitian dari 2007 menunjukkan hydroquinone dapat menyebabkan kanker pada tikus. Namun, para ilmuwan belum membuktikan bahwa ini juga terjadi pada manusia.

12. Asam Kojic

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan asam kojic. Asam kojic adalah pengobatan populer untuk hiperpigmentasi. Meski sebenarnya tidak seefektif perawatan lainnya.

Satu studi 2013 membandingkan konsentrasi 0.75% asam kojic dengan 4% hidrokuinon untuk mengobati melasma pada 60 orang. Para peneliti menyarankan bahwa hydroquinone bekerja lebih efektif.

Perhatikan penggunaannya. Asam kojic dapat mengiritasi kulit sensitif, jadi mungkin tidak cocok untuk semua orang.

13. Retinoid

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan retinoid. Retinoid adalah turunan vitamin A. Senyawa ini mampu meningkatkan pergantian sel kulit baru, yang dapat memudarkan bintik hitam seiring waktu.

Dokter kecantikan umumnya akan meresepkan retinoid berkekuatan profesional, seperti tretinoin, untuk hiperpigmentasi parah. Produk-produk ini dapat memberikan efek baik dalam kurun waktu 3-6 bulan. Perhatikan, semakin kuat retinoid, semakin besar kemungkinan menyebabkan iritasi.

14. Chemical Peels

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan chemical peels. Perawatan wajah ini berupa asam yang melarutkan lapisan atas sel kulit. Mulai dari asam alfa hidroksi, seperti asam laktat, dan asam beta hidroksi (BHA), seperti asam salisilat.

Selain itu, chemical peels pun dapat bekerja dengan meningkatkan pergantian sel kulit baru. Mereka pun bisa cocok untuk kulit kering atau sensitif. Meski begitu, ini mirip dengan retinoid, asam ini meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

15. Terapi Laser

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan terapi laser. Perawatan kecantikan yang pasti melibatkan dokter kulit, menggunakan seberkas cahaya untuk menargetkan area perubahan warna. Ada risiko perawatan laser akan memperburuk perubahan warna kulit, jadi melakukan uji tempel terlebih dahulu sangat penting.

16. Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami dengan mikrodermabrasi. Perawatan pengelupasan ini menggunakan partikel yang sangat kecil untuk mengangkat sel kulit mati. Tidak ada masa pemulihan, meskipun dapat membuat kulit sementara teriritasi atau bengkak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.